1
rizal do @afrkml
KISAH PILU SANG PEROKOK PASIF BERTEMU SEL MUTAN PENYEBAB KEMATIANNYA - LUNG CANCER --- A THREAD kalian pasti akan kaget kalau faktanya perokok pasif itu lebih berisiko tinggi terkena kanker paru-paru daripada perokok aktif. kok bisa? seberapa bahaya sih? terus solusinya gimana? pic.twitter.com/w5seaHDBkL
Expand pic
rizal do @afrkml
Bahaya asap rokok sejak dulu merupakan pengetahuan umum yg sdh pasti diketahui oleh banyak orang. Bahayanya jelas, dampaknya pun jelas. Salah satunya adalah kanker paru-paru. Sebuah penyakit penyebab kematian kedua terbesar di Amerika pada tahun 2018! bagaimana di Indonesia?
rizal do @afrkml
lebih mengerikan... mari kita coba bermain data disini. epidemiologi kanker paru seakan menunjukkan eksistensi monster pembunuh kejam, yang terus memimpin hingga saat ini. Pada tahun 2018 saja, kanker paru-paru dinobatkan menjadi kanker pembunuh nomor satu di Indonesia
rizal do @afrkml
Menurut data Departemen Kesehatan Indonesia, data yang diambil dari Globogan memaparkan, setidaknya ada 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian di tahun 2018 yang disebabkan oleh kanker paru-paru hampir 10 juta mamen!
rizal do @afrkml
Data Riskesdas menunjukkan peningkatan prevalensi kanker paru dari 1,4 per 1000 penduduk pada tahun 2013, menjadi 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018 fakta ini menunjukkan bahwa, kasus kematian dengan kanker paru tidaklah menurun namun justru semakin meningkat!
rizal do @afrkml
beberapa penelitian berusaha menjawab masalah ini dan ditemukan fakta bahwa penyebab utama dari meningkatnya kejadian kanker paru adalah.... Tembakau! yes, tembakau mirisnya, kematian yang disebabkan tembakau adalah jenis kematian yang sebetulnya bisa loh dicegah. setuju gak?
rizal do @afrkml
Menariknya lagi, dampak dari penggunaan tembakau, justru semakin tinggi dirasakan oleh mereka yang merupakan perokok pasif! hmm, kita yang nggak ngerokok kita juga yang justru berisiko tinggi. kok bisa yah?
rizal do @afrkml
data yg diambil dari Riskesdas dn Global Adult Tobacco Survey pada tahun 2011 menyatakan bahwa, filter yg ada di dlm ujung rokok mmg mampu menyaring hgg 25% saja zat aktif. jadi perokok aktif akan menjejalkan sebanyak 25% racun saja ke dalam paru2nya. lalu 75% sisanya kemana?
rizal do @afrkml
yep! benar sekali 75% sisanya terbuang bebas sebagai asap sisa ke udara. yang ironisnya, dihirup oleh perokok pasif selamat! kalian 3x berisiko untuk mati dibanding mereka yang aktif merokok ehe menyedihkan
rizal do @afrkml
75% bukan angka yang sedikit loh ya. itu merupakan angka yang besar dan bayangin aja sebejibun racun-racun yang mematikan, dimasukin secara paksa ke dalam paru2 kita salah satu zat yang ada di dalam rokok adalah Tar. dan inilah salah satu wujud Tar pic.twitter.com/DoA3MyK0kx
Expand pic
Expand pic
Expand pic
rizal do @afrkml
bisa kalian bayangkan zat2 semacam itu harus masuk dan mengendap ke paru-paru? ehe padahal tar hanyalah 1 diantara 300 senyawa yang tercampur di dalam kepulan2 asap rokok ini bukan mendramatisir tapi beginilah faktanya :)
rizal do @afrkml
gak heran mengapa perokok pasif jauh lebih berisiko terkena kanker paru dibandingkan dengan perokok aktif dengan catatan, belum tentu perokok aktif aman dari kanker paru loh ya. kalian lebih rentan terkena kanker trakea, kanker mulut, COPD, stroke, serangan jantung, impotensi
rizal do @afrkml
gmn asap rokok bisa menyebabkan kanker paru? Penemuan yg dilakukan United Kingdom, menyajikan fakta, bahwa senyawa Benzo(a)pyrene yg terdapat pd asap rokok menyebabkan kerusakan spesifik pada DNA yang secara normal bertugas melindungi sel normal dari terbentuknya keganasan sel
rizal do @afrkml
Tdk hny itu saja. Penelitian yg sama jg menemukan, kandungan Kromiun pd asap rokok yg juga dapat memutus rantai kromosom pada DNA seperti sebuah kapak yang memutus rantai besi.
rizal do @afrkml
Efeknya sangat serius sehingga kejadian keganasan yang diakibatkan oleh asap rokok seringkali dilaporkan dan cenderung meningkat setiap periode
rizal do @afrkml
lalu, bagaimana cara kita untuk mengatasinya?
rizal do @afrkml
Beberapa kasus dari kanker paru-paru sulit dideteksi pada stase-stase awal. Mayoritas tanda dan gejala akan dirasakan ketika sel-sel tumor mulai memasuki aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Peristiwa ini dikenal sebagai Metastasis
rizal do @afrkml
Metastasis merupakan tanda bahwa penderita sudah memasuki fase kanker. Sehingga sebagian besar penderita cenderung terlambat untuk ditangani. Oleh karena itu, perlu untuk menyadari risiko-risiko pajanan agar langkah-langkah preventif bisa segera dilaksanakan
rizal do @afrkml
Segera konsultasikan ke dokter apabila mulai muncul nafas pendek, batuk yang tidak kunjung hilang, keluarnya darah pada dahak, nyeri dada, darah yang keluar bersama batuk, kehilangan berat badan tiba-tiba yang tidak mampu dijelaskan, suara serak dan munculnya nyeri kepala pic.twitter.com/KaReLuBS8v
Expand pic
rizal do @afrkml
Jangan tunda apabila menyadari bahwa lingkungan tempat kita beraktivitas, cenderung penuh dengan asap rokok. Segera jadwalkan untuk periksa dan lakukan pengobatan segara sekian dan salam sehat! :D

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.