5
Mande Austriono @mondododo
Hal yang menyenangkan dari berprofesi sebagai arsitek adalah mempunyai kesempatan bertemu dengan orang2 yang menyenangkan juga. Salah satunya yaitu pasangan yang bernama Andri & Tari. Ini adalah cerita gw merancang 'Casa Avana', BnB mini yang terletak di Ubud, Bali. — A thread; pic.twitter.com/yQS4ZdyHNm
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Sebagai praktisi yoga, Tari dengan suaminya mempunyai cita-cita mempunyai tempat berlibur yang menyatu dengan alam dan memiliki pemandangan indah. Sebuah tempat yang ‘secluded’ tapi juga harus memiliki kenyamanan layaknya rumah tinggal mereka di ibukota. pic.twitter.com/U6EDB7i94a
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Hal yang bersifat mutlak dilakukan ketika memulai merancang sebuah bangunan adalah mencari tau batasan apa aja yang boleh dilakukan dan yang ga boleh dilakukan. Dalam hal ini adalah segala bentuk perijinan yang berlaku dalam suatu daerah. pic.twitter.com/9oYiNwKBDs
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Dan di kawasan Ubud ini peraturan daerahnya lumayan ketat. Itulah kenapa di bangunan Casa Avana - sekalipun mencoba untuk bergaya modern - tetep menempatkan ‘gapura’ sebagai pintu masuknya. pic.twitter.com/acDzQbOJz4
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Ko bisa sih bangunan ini berdiri di antara persawahan? Pasti ga pake ijin ya? Haha. Jelas pake ijin dong. Terlepas dari kondisi sekarang yang masih sawah, area Casa Avana ini sebenernya udah masuk ke zona perumahan. Cuma sekarang belum pada ngebangun rumah aja kanan-kirinya. :D
Mande Austriono @mondododo
Sewaktu pertama kali gw dibrief untuk merancang bnb di tengah hamparan sawah, hal yang gw pikirin adalah gimana caranya tampak bangunan ini bisa terlihat modern tapi juga ga berusaha mengalahkan keindahan alam dan lebih bersinergi dengan sekitarnya. pic.twitter.com/YgkBXSGP5v
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Bentuk monolitik beratap segitiga akhirnya gw putuskan dengan pertimbangan bahwa bentuk ini sesuai dengan konteks negara tropis yang membutuhkan air hujan mengalir cepat. Tone warna juga gw coba minimalisir dengan memberikan hanya putih, abu, dan coklat kayu sebagai warna primer. pic.twitter.com/Yr4k7KqQlg
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Ada beberapa trik simpel yang gw pake untuk membangun pengalaman ruang yang menarik di Casa Avana, salah satunya adalah menciptakan vista di ruang antara gerbang masuk dengan area kolam renang. pic.twitter.com/JcdFOnsXYd
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Dengan menggunakan koridor yang cenderung sempit tapi ber-ceiling tinggi, gw mencoba untuk menciptakan sebuah bingkai/frame berlatar belakang pepohonan yang berguna untuk memantik rasa penasaran dari pengunjung yang dateng dari arah depan.
Mande Austriono @mondododo
Harapannya pengunjung bisa mendapatkan rasa yang berbeda pada setiap langkahnya. Dari rasa cape berjalan di pematang sawah sepanjang +/- 300m dari jalan raya, pas sampe ke depan rumah..
Mande Austriono @mondododo
..pengunjung akan menjumpai lorong kecil yang ketika masuk, keluarnya akan menjumpai kolam renang dengan latar belakang hamparan sawah tanpa akhir. Agak susah sih jelasinnya kalau belum datang langsung ke sana. Tapi kira-kira begitu lah ya.. Haha.. XD pic.twitter.com/jm4El0PYgH
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Btw, apa sih yang seru dari tinggal dalam bangunan di tengah sawah? Salah satunya yaitu bisa berenang santai di kolam bersih yang posisinya beneran di antara padi-padi yang bertebaran. Ga pengen berenang? Bisa juga berjemur setitik di beanbag yang udah ditaro di sampingnya. pic.twitter.com/tgGqh1eTPx
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Tentang lansekap, ada hal lain lagi yang gw bayangin ketika ngedesain Casa Avana, yaitu gimana caranya pengunjung rumah ini bisa mudah ‘menyatu dengan alam sekitar’ tapi masih ngerasa ‘bersih’ ga kena lumpur atau tanah dari sawah di sekitarnya.
Mande Austriono @mondododo
Jurusnya sesimpel ngasih rumput jepang di sekeliling rumah selevel dengan sawah di pinggirnya. Harapannya biar seakan-akan ga ada batasan gitu antara halaman rumah dengan sawah. pic.twitter.com/EQVtK8TeQR
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Apa sih material tangga yang dari segi pembuatan dan maintenance-nya cukup mudah di lokasi yang curah hujannya tinggi? Solusi yang coba gw ajuin di proyek ini adalah sesimpel menggunakan beton poles. Selain tidak membutuhkan perawatan extra, biayanya juga relatif ga begitu mahal. pic.twitter.com/qQp8LlDfEW
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Oke, sekarang tentang koridor nih. Kira-kira apa sih yang kalian pikirin ketika mendapatkan proyek yang lokasinya dikelilingi hamparan sawah? Kalau gw, akan memastikan penghuni yang tinggal di dalamnya bisa menikmati pemandangan sekitarnya dengan leluasa..
Mande Austriono @mondododo
.. Alasan itulah yang ngebuat gw merancang koridor dengan konsep terbuka. Dengan hanya ditutupi kaca di bagian atasnya, koridor di Casa Avana ini diharapkan bisa membuat penghuni bisa langsung merasakan suasana luar bahkan ketika baru aja melangkah keluar dari ruang tidurnya. pic.twitter.com/JZge9nhJIg
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Di Casa Avana ini gw mencoba buat bikin 2 lokasi buat yoga. Satu di taman bawah, satunya lagi di teras lantai 2. Niat aslinya sih terasnya ga pake kanopi gitu. Tapi ternyata Ubud itu panas gaes kalo siang. Haha.. Jadinya ini dipakein kanopi biar panasnya berkurang. 😆 pic.twitter.com/9vUXrMf6W6
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Dengan fungsi sebagai BnB, hal pertama yang gw pikirin ketika merancang Casa Avana ini adalah menentukan dimensi ruang tidur terlebih dahulu. Gimana caranya, dengan besaran kamar yang kecil (dikarenakan budget terbatas), gw bisa mendapatkan sebuah ruangan yang berkesan luas.
Mande Austriono @mondododo
Nah untungnya di proyek ini gw kebantu banget dengan kondisi alam sekitar yang keren. Gw memutuskan melubangi dinding kamar bagian samping dan memberinya jendela jalusi dengan harapan setiap tamu yang menginap di sini bisa 'menyatu' dengan alam di depannya.
Mande Austriono @mondododo
Pada belakang kasur, gw juga merancang jendela tipis berbentuk vertikal dengan harapan ketika bangun di pagi hari, tamu dapat terbangun dengan sendirinya akibat sinar matahari yang masuk secara perlahan. pic.twitter.com/WJ2KKd6OEq
Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Salah satu cara untuk mengefisiensikan ruang yang ga terlalu besar adalah menggunakan pintu geser. Nah begitu juga di proyek Casa Avana. Untuk kamar tidurnya, gw bikin ada 2 pintu geser: satu pintu yang berfungsi juga sebagai jendela, satunya lagi pintu menuju toilet.
Mande Austriono @mondododo
Untuk yang samping jendela, gw menggunakan pintu kaca dengan frame kayu di sekelilingnya. Sedangkan untuk toilet, pintu gesernya gw pake kayu biasa yang dilapisin plywood berbahan dasar jati. Plywood-nya itu kemudian dipotong 1-1 dengan lebar masing-masing bilah 10cm.
Mande Austriono @mondododo
Selain biar membuat kamar jadi ga membosankan, dengan hanya menggunakan plywood ini bisa jauh memotong cost dibandingkan dengan menggunakan kayu jati solid. Menarik bukan? :D pic.twitter.com/BqGjcdwSD9
Expand pic
Expand pic
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.