1
Nobiiiiiii @Chynnob_
TRINITAS Isis, Osiris dan Horus -----A THREAD----- pic.twitter.com/yHwdbUKdWg
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Nobiiiiiii @Chynnob_
Bbaaaaaa......😆 Gua yang dr kemarin ud bilang kalo tertarik banget sama Dewa Osiris akhirnya setelah ngubek2 google gua memutuskan unt buat threadny skrg hahaha tapi ini g tetang Osiris aja ini jg tentang Isis istrinya dan Horus anak mereka
Nobiiiiiii @Chynnob_
Trinitas Isis, Osiris dan Horus adalah legenda yang paling terkenal di Mesir. Ketiganya adalah para dewa yang konon membuat bangsa Mesir jadi maju dengan berbagai teknologi berkat ajaran ajarannya.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Osiris adalah dewa alam akhirat bersama Anubis, Isis adalah dewi sihir, pengobatan, keibuan dan pertanian. Sedangkan Horus adalah dewa bagi orang-orang buta (ada kisah lagi kenapa dia bisa disebut seperti ini)
Nobiiiiiii @Chynnob_
Ada spekulasi bahwa Isis dan Osiris sebenernya hanya manusia biasa yang mengungsi dari dunia hilang Atlantis. Hal ini dikarenakan ada kecocokan simbol simbol yang dikenakan Isis dengan simbol Atlantis yang tersebar di Inca dan Karibia.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Atlantis adalah dunia kuno yang luar biasa canggih, mereka telah menemukan pesawat, kapal selam, nuklir sampai pemetaan manusia ke bulan. Isis dan Osiris diceritakan dalam teks-teks Mesir Kuno "turun dari langit”.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Dan yang menarik adalah putra mereka Horus, yang diceritakan “selalu menunggang rajawali raksasa kesayangannya berkeliling Mesir”.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Some wild imagination perhaps, tapi mungkinkah yang disaksikan bangsa Mesir Kuno saat itu sebenarnya pesawat? Dan karena pengetahuan penduduk Mesir Kuno yang masih primitif, jauuuuuh dibandingkan Atlantis, akhirnya mereka menganggap pesawat sebagai burung rajawali raksasa.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Isis, Osiris, dan Horus dikisahkan sering membaur bersama masyarakat, dikenal murah hati mengajari mereka banyak hal seperti cara membangun piramid, pertanian, pengobatan, dan sihir.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Salah satu ajaran Osiris yang diabadikan dalam dinding hieroglif adalah “geometri sakral”, yang ia ajarkan sebagai bentuk konfigurasi dasar alam semesta. Osiris dan Horus pernah menjadi penguasa Mesir.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Ada satu saat di mana Isis dan Osiris berhenti mengajar kepada penduduk Mesir Kuno, dan mengajarkan ilmunya kepada Fir’aun, untuk kemudian Fir’aun menyampaikan amanah ilmu tersebut kepada rakyat.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Ia masih mengajar sampai tiga generasi Fir’aun, kemudian berhenti (udah wafat juga, kali ya). Dan akhirnya dari generasi ke generasi, Isis, Osiris, dan Horus dianggap dewa-dewi. Kisah mereka pun bercampur dengan mitos-mitos.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Bahkan karena menurut legenda Osiris, Isis, dan Horus rajin mengunjungi beberapa Fir’aun pertama…akhirnya Fir’aun selanjutnya berpikir mereka adalah perantara dewa, tangan kanan dewa di bumi.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Sampai dalam Islam pun diceritakan, Fir’aun musuh nabi Musa pun ngaku-ngaku kalo dia dewa yang harus disembah rakyatnya. Sampai-sampai, ia menghukum mati babysitter-nya sendiri karena tidak mau menyembah dia.
Nobiiiiiii @Chynnob_
--Mitos Isis, Osiris, dan Horus--- Nah, kita udah sampai di bagian dongengnya, pemirsa. Duduk yang enak, siapin minum ama cemilan, dan santai, hayuuuuk kita mulai😆
Nobiiiiiii @Chynnob_
Pada suatu masa, terdapat dewa matahari yang bernama Ra dan istrinya Nut (dewi langit). Ternyata, Nut ketahuan selingkuh dengan dewa Geb (dewa bumi).
Nobiiiiiii @Chynnob_
Karena cemburu dan marah, Ra menceraikan Nut dan mengutuknya tidak bisa punya anak dalam waktu 360 hari (jumlah hari dalam 1 tahun saat itu).
Nobiiiiiii @Chynnob_
Nut akhirnya minta tolong ke temannya, Thoth. Kebetulan, Thoth bertunangan dengan dewi bulan Silene. Thoth diberikan 1/7 cahaya bulan oleh Silene. Akhirnya, bulan jadi memiliki fase bulan mati setiap bulannya.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Thoth memakai cahaya ini untuk menambah hari dalam setahun dari 360 hari menjadi 365 hari. Akhirnya, Nut jadi punya waktu 5 hari untuk bisa punya anak dengan Geb. Dia kan dikutuk nggak boleh punya anak dalam 360 hari.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Pada hari kesatu, Nut melahirkan  Osiris; kemudian hari selanjutnya Isis; hari selanjutnya Nephythys; dan hari selanjutnya lagi Seth. (hamil dan melahirkan kilat ceritanya😂)
Nobiiiiiii @Chynnob_
Pada saat Isis masih remaja, ia tidak tahan melihat dewa Ra yang semena-mena. Untuk memberinya pelajaran, Isis mengirimkan ular kobra untuk menggigit dewa Ra. Saat terluka parah oleh racun ular, Isis menawarkan bantuan menyembuhkan Ra.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Dengan syarat, Ra membisikkan nama rahasianya. Nama rahasia ini adalah kunci ilmu sihir Ra. Dewa Ra sembuh dari lukanya, namun Isis akhirnya bisa bebas “membajak” ilmu sihir Ra dengan nama magis rahasia itu. (Dewa kok bisa jadi korban bajakan, yahahaha).
Nobiiiiiii @Chynnob_
Ketika Osiris dewasa, ia menjadi raja dan mengajari rakyat Mesir Kuno banyak peradaban, termasuk cara membangun piramid. Ia menikahi adiknya sendiri, Isis. Pada zaman itu, memang umum pernikahan sedarah di kalangan bangsawan untuk melestarikan “darah murni”.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Walaupun yah, dalam catatan sejarah, belum ada bukti jelas kalo Osiris dan Isis itu bersaudara. Nah, rakyat Mesir sangat mencintai Osiris dan Isis. Hal ini membuat saudara mereka, Seth, iri.Seth ingin menjadi raja dan merebut tahta Osiris.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Seth akhirnya merencanakan niat jahat. Ia mengumpulkan 72 pengikut yang ingin kekuasaan, diam-diam mengukur ukuran tubuh Osiris, dan mengadakan dinner bareng. Di tengah-tengah dinner, Seth berkata dia punya peti hiasan yang indah, dan barangsiapa yang badannya pas sama ukuran--
Load Remaining (26)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.