0

Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab menetap di Arab Saudi sejak April 2017. Keberangkatannya ke Saudi diawali dengan umrah bersama keluarganya hingga kini tinggal di rumah sewa.

Rizieq tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit untuk bertahan hidup di Saudi bersama keluarganya. Ia harus membayar sewa rumah, makanan, pakaian hingga kebutuhan hidup lainnya.

Biaya yang dibutuhkan untuk hidup di Saudi tentunya berbeda dengan Tanah Air. Secara umum, biaya hidup di Saudi lebih mahal.

Mengutip Expatistan, Rabu (107/2019), sekali makan di Mekah membutuhkan dana sekitar 26 riyal atau sekitar Rp 97.000. Dengan uang tersebut bisa mendapatkan makan siang dan minum di kawasan bisnis. Tentu saja harganya bisa lebih di wilayah lain.

Expatistan menyediakan data biaya hidup di berbagai negara di dunia. Data ini bisa menjadi acuan meski akurasinya bisa berbeda.

Sedangkan harga makanan cepat saji (fast food) dijual 19 riyal atau Rp 69.000. Untuk makanan lainnya, seperti daging ayam dan telur masing-masing dijual Rp 45.000 dan Rp 35.000. Kemudian untuk roti dijual sekitar Rp 5.000.

Selain pangan, biaya yang harus dikeluarkan Rizieq adalah sewa rumah. Besaran harga sewa rumah berbeda-beda tergantung luasnya. Harga sewanya mulai dari Rp 4 juta untuk ukuran studio hingga Rp 10 juta untuk luas 85 meter persegi per bulannya. Belum lagi jika ditambah peralatan elektronik seperti televisi hingga microwave.

Kebutuhan dasar untuk hidup selain itu juga ada pakaian. Harga pakaian di Saudi tak berbeda jauh dengan di Indonesia.

Sehari-hari, Rizieq bepergian menggunakan mobil. Semua kebutuhan Rizieq juga disebut sudah dipenuhi.

Jika bepergian menggunakan mobil, maka membutuhkan bahan bakar minyak (BBM). Di negeri kaya minyak ini, BBM dijual Rp 3.600 per liter. Sedangkan jika bepergian menggunakan transportasi umum, maka harus merogoh Rp 1,4 juta per bulan untuk tiket berlangganan dan jika menggunakan taksi membutuhkan Rp 306.000 dalam rata-rata perjalanan sekali.

Jika dihitung, biaya hidup di Saudi lebih mahal dibandingkan di Jakarta. Harga makanan cenderung lebih mahal begitu juga dengan sewa rumahnya.

URL detikfinance 7517 Habib Rizieq Tinggal di Saudi sejak 2017, Berapa Biaya Hidupnya? Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab menetap di Arab Saudi sejak April 2017. Berapa biaya hidupnya di sana?
makLambeTurah#Tolak RKUHP @makLambeTurah
Sewa rumah min 6jt x 27 bln = 162 jt makan min (80rb x 5 org ) x 2kali sehari = 800rb/hari x 22 hari ( senen-kemis puasa☺️) =17,6 juta x 27 bln = 475,2 jt. 475,2 jt + 162 jt = 637,2 Jt😩 finance.detik.com/berita-ekonomi…
QWERTYUIOP @azril_me
@makLambeTurah lebih lah. prediksi gw total dia disanguin di arab sampe dg skrg udh lbh dr 2 miliar. tp sejak kalah pilpres, semua lsg stop. lha wong buat apa lg, udh gk berguna dia. pasti yg kmrn mbayarin udh males ngelanjutin karena udh gk ada manfaatnya.
BANG JARWO @BANGJAR14680450
@makLambeTurah Ko mahal amat Mak sewa rumah di Arab 6 juta/bulan,ada betapa kamar itu?
makLambeTurah#Tolak RKUHP @makLambeTurah
@BANGJAR14680450 min 4 juta sampe 10 jt, itu mak ambil yg 6 juta tp kan blm tambah biaya lain2 misalnya pergi2 dan plesir, bukannya 3 bln skali dia mesti kluar arab juga😄
Zhyr0 Alza @ZhyroSuwij
@makLambeTurah Kl mkn disana nasi briyan ..kan 1 porsi 80rb an bs di mkn 2 org..krn buayaaak buanget 🤣🤣🤣
makLambeTurah#Tolak RKUHP @makLambeTurah
@ZhyroSuwij kan mak ngitungnya 2x 😄 kl mak sarapan 1x jam 10 ngemilan maksi 1x sore ngemilan magrib makan jadi 3x makan sama 2x ngemilan
makLambeTurah#Tolak RKUHP @makLambeTurah
@itsmeangling itu kan perkiraan ada tulisan min.. di artikel dari 4 juta sampe 10 juta.
Prabu Angling @itsmeangling
@makLambeTurah Iya min,soalnya tinggaln di middle east harga segitu termasuk yg paling murah..😅😅
makLambeTurah#Tolak RKUHP @makLambeTurah
@itsmeangling gitu yaaa...wah itu brarti hitungan minimal dong, kl maksimal gmn🤑🤑
Prabu Angling @itsmeangling
@makLambeTurah Wah mak,kalo maksimal tergantung kelaasss...hahaha Di middle east bulanan dan gak ada tahunan...
De Grasso @grasso_de
@itsmeangling @makLambeTurah Coba liat lagi video2 nya min, itu tmp tinggalnya bagus banget kaya apartemen kelas atas. Ga mgk 10 juta per bulan lah....
Kricom.id @kricomid
Mungkinkah biaya hidup yang mahal akan membuat Rizieq kembali pulang? bit.ly/2s8tHGa pic.twitter.com/qO7vEdJDH0
Expand pic

Eks Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyebut ada portal yang menghalangi Habib Rizieq Syihab pulang ke Indonesia. Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menjelaskan apa sebetulnya 'portal' penghalang itu.

"Pertama, karena overstay. Cara penyelesaian ya bayar denda overstay sekitar 15 sampai dengan 30 ribu riyal. Rp 110 juta per orang," kata Maftuh saat dimintai konfirmasi Rabu (10/7/2019).

Matfuh menjawab pertanyaan mengenai pernyataan Dahnil soal adanya portal yang menghalangi Habib Rizieq pulang ke Indonesia.

Maftuh mengatakan persoalan pembayaran denda ini merupakan prosedur yang lumrah bagi seseorang yang overstay. Ada puluhan WNI lainnya yang overstay.

"Puluhan ribu WNA di Saudi yang overstay. Sesuatu yang biasa sebenarnya. Siapa pun harus bayar denda ini. Pernah ada juga akademisi dari sebuah universitas lupa tidak perpanjang visa ya kena denda juga segitu. Aturan baku Saudi," tutur Maftuh.

"Ada skema 'pulang gratis' sebenarnya, yaitu mengikuti program 'Amnesti Massal' Kerajaan Arab Saudi. Tetapi kami belum tahu kapan program amnesti ini akan dibuka oleh KSA," sambungnya.

Namun, di luar persoalan overstay itu, kata Maftuh, ada persoalan lain yang membuat seseorang di Saudi tidak bisa kembali ke negaranya. Hal itu berkaitan dengan persoalan hukum.

"Itu pun dengan catatan tidak ada masalah hukum, baik perdata maupun pidana, di Saudi," tutur Maftuh.

Jadi, sekalipun ada WNI overstay yang sudah membayar denda, dia tidak bisa keluar dari Saudi seandainya memiliki persoalan hukum.

URL detiknews 11815 Jawab Dahnil, Dubes RI Jelaskan Faktor Penghalang Habib Rizieq Pulang Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut ada portal yang menghalangi Habib Rizieq Syihab pulang. Dubes Agus Maftuh menjelaskan apa sebetulnya 'portal' penghalang itu.
REGAZ ⚠ @Regazzyx
@alvano91 Dia over stay .. biaya hidup dan bayar denda makin bengkak .. 🙈🙈🙈🙈🙈
Gok Salam @Abdussa78534939
@detikcom @detikfinance Klao di Arab Saudi biaya hidup Mahal, mending @RizieqShihab_ daftar jadi TKI biar bisa ngongkosi biaya hidupnya sendiri
sarahririn1@gmail.com @sarahririn1
@makLambeTurah @RizmaWidiono Tinggal di arab saudi orang luar harus bayar pajak.. Kalau TKI majikannya yg bayar Kalau free visa pajak bayar sendiri lah.. Kalau sudah tidak mampu bayar pajak izin tinggal sudh habis..entar juga di deportasi di pulangin ke mana ke indonesia lh..
NOYO GENGGONG @SGanjen
@makLambeTurah Duit doi masih banyak.. Laba proyek pilkada dki, 212 + pilpres masih sisa banyak.. Pura2 bokek, biar dramatis, dikasihani, trus diijinkan pulang.. Pokoknya Gosah diurusin !! Biarin saja !!!
Sugiharto.S.Hutahayan @Ken2steve
@detikcom @detikfinance Lah katanya wkt kesana dpt fasilitas dr pemerintah arab bhkn dpt visa unlimited,fasilitas terjamin jd utk apa galau kl mau pulang?
Baggyo28 @Baggyo281
@detikcom @detikfinance Yg jadi pertanyaan itu duit drmn untuk biaya hidup 2 THN? Di Saudi yg biaya hidupnya tinggi.
Load Remaining (4)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.