Kenang 40 Hari Wafatnya Ani Yudhoyono, Politisi ini membuat Tulisan Terharu

Meski Ibu sudah tidak ada, bagi saya ibu selalu tetap ada. Baik secara wujud tidak tampak, tapi dalam hati Ibu selalu ada.
0

Tanggal 6 Juli lalu merupakan hari kelahiran Kristiani Herrawati atau akrab disapa Ani Yudhoyono (Almh). Istri dari mantan presiden ke 6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono itu kini telah berpulang kerahamatullah untuk selamanya.

Seluruh rakyat Indonesia berduka atas kepergian Ibu Ani Yudhoyono. Media sosial langsung dipenuhi dengan berbagai macam doa sebagai rasa bela sungkawa atas kepergian sang mantan ibu negara sambil mengenang kiprahnya selama ini sebagai istri, Ibu Negara dan sebagai keluarga besar Partai Demokrat.

Ya, di tanggal 1 Juni lalu, beliau menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Universitas Nasional Singapura. Kini, 40 hari sudah ibu negara itu pergi meninggalkan kita semua, hanya kenangan yang bersisa bagi masyarakat. Dengan begitu, jika beliau masih hidup usia nya sudah memasuki 67 tahun.

Saya masih ingat betul disaat beliau berkunjung ke Aceh bersama sang suami SBY dan para kader Demokrat dalam agenda safari politik ke beberapa daerah di jelang pemilu serentak 2019 lalu. Di Aceh merupakan daerah terakhir sebelum beliau dilarikan ke Rumah Sakit hingga menghembuskan nafas terakhir selama kurang lebih 4 bulan dirawat karena kanker.

Tiba-tiba saja, di tengah safari politik tersebut, kondisi kesehatan beliau mendadak menurun. Hampir tiap harinya, Ani menemani sang suami untuk berkunjung ke daerah-daerah. Tujuannnya hanya satu, yaitu ingin dekat dengan masyarakat. Beliau begitu ramah, tak sungkan untuk menyapa lebih dulu, bersalaman, hingga makan bersama masyarakat sekitar yang dikunjungi.

Sosok bu Ani begitu sulit untuk dilupakan. Tentu tak cukup satu atau dua halaman untuk menceritakan peranan Ani Yudhoyono bagi partai Demokrat. Dari partai ini berdiri, beliau sudah ambil peran untuk membesarkan nama partai berlambang mercy itu, hingga kini.

Bahkan Ibu Ani Yudhoyono juga menggalang istri-istri kabinet dengan membentuk Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), hal ini untuk berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakan secara bersama. Dari hal diatas kita bisa melihat bahwa sebagai istri, Ibu Ani Yudhoyono mendapatkan tempat yang istimewa bagi SBY baik sebagai istri dan mantan ibu negara

Meskipun terbaring di Rumah Sakit paska mendampingi suami dan Demokrat untuk bersafari politik, beliau tetap peduli dan sering menanyakan keadaan partai hingga akhir hayatnya. Tak Cuma itu, perpolitikan tanah air jelang pemilu maupun setelah pemilu pun terus dipantau oleh beliau.

Selamat ulang tahun Bu Ani..

Meski Ibu sudah tidak ada, bagi saya ibu selalu tetap ada. Baik secara wujud tidak tampak, tapi dalam hati Ibu selalu ada.

Ismail Purbawanto

Simpatisan Demokrat Aceh

kinanti Prita @prita_kinanti
Flashback ini bikin kita tersenyum betapa berharganya ibu ani selama hidup politiktoday.com/kenang-40-hariā€¦
Login and hide ads.