Megawati Dorong Perbaikan Menyeluruh Sistem Deteksi dan Tanggap Bencana

Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri meminta agar sistem penanganan bencana di Indonesia diperbaiki secara holistik. Tujuannya agar bencana sudah bisa dihadapi sejak dini, dengan demikian korban manusia juga bisa diminimalkan seminimal mungkin.
LEADER JokowiMaruf2019 china TsinghuaUniversity singapore presidenjkw Jokowi2Periode WorldPeaceForum 01IndonesiaMaju PDI Perjuangan
0
Tia Shakila @shaktia704
Megawati Dorong Perbaikan Menyeluruh Sistem Deteksi dan Tanggap Bencana bit.ly/2NKAfpq pic.twitter.com/eAyF2mFNsD
 Expand pic

Koran Sulindo – Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri meminta agar sistem penanganan bencana di Indonesia diperbaiki secara holistik. Tujuannya agar bencana sudah bisa dihadapi sejak dini, dengan demikian korban manusia juga bisa diminimalkan seminimal mungkin.

Hal itu diungkap oleh Megawati usai berkunjung ke Pusat Jaringan Gempa Bumi Tiongkok (China Network Earthquake Center/CNEC) di Beijing, Selasa (9/7/2019).

Pusat tersebut semacam Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Indonesia. Dalam kunjungannya itu, Megawati diajak untuk melihat sejumlah fasilitas penanganan dini bencana. Termasuk kisah mengenai salah satu gempa di Provinsi Sichuan, dimana masyarakat sudah mendapat pemberitahuan akan gempa pada 35 detik sebelum kejadian. Pemberitahuan lewat televisi maupun pesan singkat di smartphone.

Megawati mengakui Tiongkok masih lebih baik dari Indonesia dalam memperkuat kemampuan deteksi dini hingga penyebaran informasi soal gempa. Salah satu contoh lainnya, Tiongkok telah membangun 1000 lebih titik pengukuran seismik di seluruh wilayahnya. Alat-alat itu menjadi semacam detektor terjadinya gempa. Semakin banyak alat yang dipasang, semakin akurat dan cepat informasi soal gempa diperoleh.

Baca Selengkapnya : https://bit.ly/2NKAfpq

Login and hide ads.