0
Kharishar "Kuka" Kahfi @kkahfi106
In other news... Our dearest disaster agency spokesman Pak @Sutopo_PN has met one of his biggest idols, @raisa6690, through FaceTime after a press briefing in Jakarta today. Pak Topo langsung sumringah, cenghar lamun ceuk orang Sunda mah. Finally, #RaisaMeetSutopo pic.twitter.com/qEb6WhVTsL
Radio Elshinta @RadioElshinta
Innalillahi wa inna ilaihi rojiun Telah meninggal dunia Kapusdatin dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Kabar meninggalnya Sutopo itu disampaikan lewat akun twitter @PRB_BNPB. Semoga amal ibadah Almarhum diterima di sisi-Nya. #SelamatJalanPakSutopo pic.twitter.com/ZlTei3MbOl
Expand pic
Radio Elshinta @RadioElshinta
@PRB_BNPB Keluarga besar Radio Elshinta turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Sutopo Purwo Nugroho (Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Semoga amal ibadah Almarhum diterima di sisi-Nya. #ripsutopo pic.twitter.com/N0VK4rKYt1
Expand pic
Radio Elshinta @RadioElshinta
@PRB_BNPB Sutopo Purwo Nugroho sempat mengunggah video di akun IG-nya saat berada di T3 Bandara Soetta, Sabtu (15/6), "Hari ini saya ke Guangzho untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lain. Kondisinya sangat menyakitkan sekali." #ripsutopo pic.twitter.com/16YcMShVBw
Expand pic
Radio Elshinta @RadioElshinta
@PRB_BNPB Sutopo Purwo Nugroho sosok yang dekat dengan media, sangat membantu dalam memberikan informasi di setiap peristiwa bencana. Terima kasih dan selamat jalan, Pak Topo! #ripsutopo pic.twitter.com/TIAGZeOcXj
Expand pic
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Pagi ini saya rasa saya dan teman-teman wartawan tidak cuma kehilangan seorang humas BNPB tapi juga kehilangan kawan baik yang selalu bisa diandalkan. Saya mau cerita sedikit tentang Pak Topo @Sutopo_PN Panjang sih tapi sebenarnya.
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Pertama kali ketemu Pak Topo itu waktu aada berita longsor di Ponorogo. April 2017, Bapaknya masih segar bugar. Saya masih cub reporter waktu itu, datang ke BNPB agak bingung.
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Gedungnya ternyata tinggi soalnya. Anak kampung cem sy kalo ke gedung tinggi suka berasa intimidated sayatu. Naik lift aja masih suka mabok sayani.
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Terus waktu awal presentasi (dan ternyata ini selalu dilalukannya disetiap press conference), di ppt halaman pertama dia langsung nunjukin nama lengkapnya, jabatannya sama nomer hapenya sekalian.
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Dan ternyata dia serius. Lewat ponselnya Pak Topo sering sekali melayani pertanyaan wartawan via telpon atau WA text. Bahkan wartawan yang nomernya belum dia simpan.
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Trus biasanya sebelum mulai perscon dia bikin disclaimer dulu: "Tolong ya, saya ini kepala pusat data informasi dan humas BNPB, bukan kepala BNPB, tolong kalo nulis berita yang bener yaa.. Terus nomer HP sudah saya cantumkan, silahkan hubungi saya kalau ada yang kurang jelas."
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Biasanya terus lanjut bilang: "Kalau mau dimasukkan ke grup WA bencana juga silahkan minta ke saya, nanti saya masukkan. Nanti kalau ada rilis-rilis seperti prescon hari ini akan saya kirim. Kalau mau, kasih emailmu juga nanti saya kirim ke email."
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Wartawan-wartawan sayang banget sama Pak @Sutopo_PN, karena beliau tidak cuma memaparkan apa yang disiapkan staffnya (pejabat yang kek gini banyak, biasanya nanti bingung sendiri pas presentasi, trus ujung-ujungnya ntar si wartawan disuruh nanya lagi ke bawahannya)
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Tapi dengan pak @Sutopo_PN sebagian besar proses prescon itu dia yang menyiapkan, dia yang menulis rilisnya, dia mengerti kondisi dan yang terjadi di lapangan, dia sangat paham tentang lingkungan, mitigasi dan kebencanaan.
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Beliau juga bakal kirim rilis dulu yg di blast di semua akun sosial medianya dan grup2 WA beliau itu. Pokoknya kalau terjadi bencana&ada tulisan "Sutopo is typing…" di grup bencana, wartawan pasti sudah agak tenang karena artinya Pak @Sutopo_PN lagi bersiap mengabarkan sesuatu.
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Kepada saya dia pernah bilang: "Jangan kira saya ni dapat rilis plek-plek seperti ini dr lapangan. Saya ini ya mesti kayak kamu, nelpon orang lapangan, ngumpulin data dulu, tanya info kesana kesini dulu, baru nulis beritanya."
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
"Itu saya yang bikin sendiri. Makanya biarkan saya nulis dulu. Kadang-kadang kalian ini ditengah saya nulis rilis di hape eh ditelpon. Kan ngganggu itu. Nanti kalau direject kamu marah, lha piye," lanjutnya. Yha.. Maaf pak @Sutopo_PN, namanya juga wartawan pak :")
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Tanggal 12 Februari tahun lalu Pak Topo sharing ke grup-grup beliau bahwa dokter bilang dia kena kanker paru stadium 4. Dia minta doa. Saya ingat beberapa minggu kemudian ada konpers di BNPB, saya datang, beliau sudah lebih pucat dan kurusan.
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Waktu ngobrol habis preskon beliau bilang "Saya juga bingung wong saya ini tidak pernah merokok. Tapi ya namanya juga perjuangan hidup, harus dinikmati dan dijalani." Cerita beliau sih meski tidak merokok temen-temennya sering merokok disekitarnya. "Mungkin itu," kata beliau.
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Semenjak itu beliau beberapa kali sharing di grup tentang sakitnya, minta doa. Kami bisa melihat betapa beliau semakin kurus hari demi hari, seragam coklat BNPBnya semakin hari semakin longgar. Tapi selain raganya yang semakin lemah, tidak ada yang berubah dalam pelayanannya.
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Pak Topo itu kalau pas preskon sama wartawan suaranya selalu lantang dan jelas. Dan bagi saya, tidak ada yang berubah dari semangat menjelaskannya itu setelah ataupun sebelum kanker. Suaranya tetap lantang dan jelas. Tidak ada yang berubah.
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
stadium 4 juga masih rajin konpers kalau ada bencana. Waktu gempa&tsunami di Sulawesi hampir tiap hari ada konpers. Itu dia hampir tiap hari dtg utk update gempa ke wartawan. Selesai konpers jg masih harus melayani doorstop dan masih harus on-cam diwawancarai lagi sama anak TV.
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Waktu wawancara buat artikel, Pak @Sutopo_PN "Buat berdiri itu sakit sekali mbak rasanya kalau preskon." "Kenapa tidak duduk saja pak?" tanya saya. "Saya kok selalu merasa kalau orang presentasi berdiri itu penjelasannya lebih mudah ditangkep ketimbang kalau duduk." :"
Gemma Holliani Cahya @hollycahya
Ditengah-tengah dunia perpolitikan dan pejabat-pejabat yang maunya "pokoknya saya dulu, pokoknya saya mesti yang pertama", Sutopo ini sebuah pengingat akan jiwa baik yang negeri ini rindukan. Dedikasinya dan kesetiannya pada pelayanannya itu menyentuh siapa saja yang ditemuinya.
Load Remaining (16)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.