0

Olah raga muaythai banyak memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental tubuh kita. Sebagai salah satu jenis olahraga bela diri, muaythai kini menjadi populer dan digandrungi generasi muda kekinian di Indonesia.

Di tanjung Enim kabupaten muara Enim Sumatera Selatan, klub olah raga muaythai juga eksis melakukan kegiatan pelatihan dan persiapan bibit atlet untuk berkiprah dalam ruang lingkup regional, nasional hingga nantinya diharapkan dapat pula mengukir prestasi pada ajang internasional.

Dikutip dari berbagai sumber, olahraga muaythai memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh secara fisik dan mental. Berikut beberapa manfaat tersebut, diantaranya adalah:

  1. Melancarkan peredaran darah

Dengan latihan terarah, terukur, teratur dan dipandu oleh pelatih yang handal, peserta klub muaythai Tanjung Enim secara langsung mendapatkan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Sistem peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Dengan lancarnya sirkulasi darah kita maka berbagai penyakit tidak akan mudah menyerang dan sistem kekebalan alami tubuh akan semakin kuat. Simak beberapa cuplikan pelatihan muaythai di tanjung Enim pada link berikut https://www.instagram.com/muaythaiid/

  1. Memperkuat sistem pernapasan dan meningkatkan kesehatan jantung

Olah raga muaythai secara teratur, tentu saja akan membuat sistem pernapasan kita menjadi berfungsi dengan baik. Selain itu, lancarnya peredaran darah yang dijelaskan di poin pertama, akan membuat kesehatan jantung kita akan menjadi terjaga. Secara umum, dengan manfaat yang dijelaskan pada poin ini, olahraga muaythai tentunya sangat cocok untuk diikuti oleh lintas generasi.

  1. Memperkuat otot

Otot tangan, kaki dan tubuh lainnya akan semakin kuat. Ketahanan fisik akan terjaga secara menyeluruh. Walaupun pada umumnya olahraga muaythai mengandalkan kekuatan tendangan dan pukulan atau tinju ( kick boxing ), namun kekuatan tinju dan tendangan ini, mesti ditopang oleh kekuatan otot otot kita, atau kekuatan fisik secara menyeluruh.

  1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Selain gerakan tinju dan tendangan yang memberikan manfaat menguatkan fisik, pelatihan muaythai secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas jaringan tubuh kita. Pukulan dan tendangan yang bagus, melalui pelatihan secara bertahap akan membuat otot lengan, panggul, paha, betis, perut dll, akan semakin elastis. Tubuh yang elastis akan membuat jaringan tulang kita akan terhindar dari pengapuran tulang.

  1. Melatih mentalitas

Dengan latihan yang teratur, maka kita akan memiliki kemampuan beladiri yang mumpuni. Mental kita untuk siap menghadapi berbagai gangguan keamanan secara otomatis akan meningkat. Pelatihan juga memberikan manfaat untuk menjadi sarana menyalurkan hasrat dan emosi kita untuk dikeluarkan. Gerakan pukulan dan tendangan dengan tenaga fisik yang dikeluarkan, secara tidak langsung, turut pula memberikan penyaluran energi kita, guna meningkatkan kestabilan emosi.

Jadi, bagi kita yang cenderung sulit untuk mengontrol emosi ( emosional ), olah raga muaythai, bisa menjadi sarana pelatihan untuk kita agar dapat mengendalikan emosi kita sebaik mungkin. Selain emosi yang terkendali, mental yang siap akan berhadapan dengan berbagai situasi dan keadaan, juga perlahan akan kita miliki, dengan mengikuti pelatihan maupun berlatih secara mandiri.

Selain kelima manfaat itu, masih banyak lagi manfaat olahraga beladiri muaythai yang tersimpan. Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental, olahraga beladiri jenis ini, sudah menjadi ajang komersial dan dikompetisikan pada berbagai perhelatan. Dari perhelatan tingkat daerah, nasional hingga ke mancanegara.

Oleh karena itu, jenis olahraga muaythai ( kick boxing ) ini, dari waktu ke waktu, semakin banyak bertumbuhan peminatnya. Dari yang muda hingga dewasa dari berbagai kalangan lapisan masyarakat juga mulai tertarik untuk menggeluti dunia olahraga muaythai ini.

Untuk informasi lebih jelas dan ikut dalam kelompok pelatihan muaythai Tanjung Enim, kabupaten muara Enim, provinsi sumatera selatan kita bisa kontak WhatsApp ke 085310399506
Atau klik link:
https://wa.me/6285310399506
Terima kasih
https://kask.us/itSI7

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.