3
#99 @PartaiSocmed
KARTEL SAGA. ANTARA JUSUF KALLA, RUSDI KIRANA DAN BUDI KARYA *Sebuah utas* pic.twitter.com/w2ZNZbpoBI
 Expand pic
#99 @PartaiSocmed
Banyak pihak yg sekarang mencoba mengalihkan permasalahan dengan menyalahkan Garuda sebagai penyebab praktek kartel di maskapai penerbangan kita untuk tujuan menyembunyikan biang kerok sesungguhnya.
#99 @PartaiSocmed
Memang benar Garuda tak terlepas menjadi bagian dari Kartel ini. Bahkan terlibat aktif. Garuda saat ini sedang berupaya menambal kerugian akibat dosa korupsi dan inefisiensi yg dilakukannya dengan uang rakyat. Hal ini tak perlu dipungkiri!
#99 @PartaiSocmed
Garuda juga sudah dikenai vonis oleh Pengadilan Australia akibat praktek kartel. Jadi BUMN ini sudah terbiasa melakukan praktek yg sangat diharamkan di negara2 biangnya kapitalisme sekalipun. pic.twitter.com/tXx80h1OXn
 Expand pic
#99 @PartaiSocmed
Tapi tak banyak yg tahu bahwa penyebab utama terjadinya kartel maskapai penerbangan Indonesia saat ini bukan Garuda tetapi Lion Air!
#99 @PartaiSocmed
"My airlines is the worst in the world, but you have no choice". Pernyataan Rusdi Kirana diatas mencerminkan karakter bisnis yg anti kompetisi. Semua berpikir itu pernyataan bercanda, tapi ternyata dia serius dengan apa yg disampaikannya. pic.twitter.com/6OOlHQirMh
 Expand pic
#99 @PartaiSocmed
Semua berawal dari masalah keuangan serius yg dialami oleh maskapai Lion Air akibat pembelian pesawat gila²-an yg dilakukannya serta mahalnya 'ongkos politik' yg dikeluarkan oleh si owner Rusdi Kirana.
#99 @PartaiSocmed
Pembelian pesawat dengan jumlah sebanyak itu menimbulkan biaya yg sangat besar. Mulai dari biaya cicilan sampai maintenance. Selain sebagai pengusaha Rusdi Kirana juga dikenal sebagai politikus sinterklas. Paham kan maksudnya? Semua itu membutuhkan biaya yg tidak sedikit.
#99 @PartaiSocmed
Awalnya tidak ada yg menyadari Lion sedang dalam masalah keuangan yg serius sampai tiba2 ada kebijakan kenaikan harga tiket dan penghapusan bagasi gratis.
#99 @PartaiSocmed
Semakin aneh ketika publik protes keras atas kebijakan tersebut Menhub Budi Karya justru meresponnya dengan kebijakan yg diskriminatif dan memihak Lion. pic.twitter.com/D5hB3Glqod
 Expand pic
#99 @PartaiSocmed
Saat itu pada tanggal 13 Februari 2019 sebenarnya kami sudah menyimpulkan Lion sedang mengalami masalah keuangan yg serius. Dan praktek kartel yg terjadi pada bisnis penerbangan kita saat ini adalah semata2 OPERASI PENYELAMATAN LION AIR! pic.twitter.com/G45n043eMZ
 Expand pic
#99 @PartaiSocmed
Dan kesimpulan kami pada bulan Februari 2019 itu terkonfirmasi pada bulan Juni 2019. Lion gagal bayar jasa bandara ke Angkasa Pura I! pic.twitter.com/bCCppbZYk5
 Expand pic
#99 @PartaiSocmed
Bagaimana Lion Air bisa sampai mengalami kesulitan keuangan dan cara maskapai ini mengatasinya? Ini adalah kisah tentang tersanderanya bangsa dan rakyat Indonesia oleh ambisi seorang pengusaha yg anti kompetisi tapi pandai menjual merah putih.
#99 @PartaiSocmed
Berawal dari ambisi seorang Rusdi Kirana untuk menguasai bisnis penerbangan di Indonesia secara cepat. Logikanya, jika Lion Air bisa tampil sebagai penguasa rute2 penerbangan di Indonesia maka dia akan menjadi "pressure power" di dunia penerbangan maupun politik Indonesia.
#99 @PartaiSocmed
Maka langkah pertama yg dilakukannya adalah melakukan tindakan 'heroik' dengan pembelian pesawat besar²an, yg sampai memecahkan rekor penjualan Boeing sepanjang masa. Semua memuji karena menganggap Rusdi Kirana telah mengharumkan nama Indonesia.
#99 @PartaiSocmed
Maka dengan jumlah armadanya Lion Air pun menjelma menjadi penguasa penerbangan domestik. Orang2 pun semakin kagum dan bangga. pic.twitter.com/TJO8o0J4KK
 Expand pic
#99 @PartaiSocmed
Tapi mereka tidak sadar bahwa dengan menguasai penerbangan di Indonesia maka Lion Air secara tidak langsung telah menyandera bangsa Indonesia. Dan lebih parahnya semua pembelian pesawat tersebut adalah hasil utang!
#99 @PartaiSocmed
Jadi yg dilakukan Rusdi Kirana adlh membeli pesawat sebanyak²nya dgn utang untuk menguasai penerbangan Indonesia. Maka jika terjadi apa² pada Lion Air yang akan menanggung akibatnya Lion Air sendiri atau seluruh bangsa Indonesia? Disitulah letak 'kecerdasan bisnis' Rusdi Kirana
#99 @PartaiSocmed
Membeli dlm partai besar dan menjadi debitur besar juga berarti mendapat banyak keuntungan, baik dlm segi harga, bunga maupun syarat dan ketentuan lainnya. Ini menjadi keunggulan kompetitif Lion dibanding maskapai Indonesia lainnya. Sampai disini yg dilakukan Lion sah dan halal
#99 @PartaiSocmed
Namun karakter bisnis Rusdi Kirana adalah anti kompetisi. Keunggulan kompetitif tersebut digunakan oleh Lion untuk mematikan kompetitor, terutama yg kecil² lewat harga tiket super murah. Moto Lion "We make people fly" memang membuat semua orang sanggup terbang dgn biaya murah.
#99 @PartaiSocmed
Namun kelak setelah kompetitor 'musnah' dan Lion menjadi pemain utama penerbangan LCC dengan duopoli bersama Garuda, maka mereka menggunakan posisinya untuk melobi pemerintah agar diberi proteksi. Bangsa Indonesia sudah tersandera oleh Lion.
#99 @PartaiSocmed
Berbeda dengan LCC lain di dunia yg tidak semata2 menjual harga murah tapi juga kwalitas, Lion secara vulgar hanya jual harga murah. Hal ini sesuai dgn pernyataan Rusdi Kirana sendiri tentang Lion: "Maskapai Saya Paling Buruk di Dunia, tapi Anda Tak Punya Pilihan"
#99 @PartaiSocmed
Jadi strategi bisnis Lion adalah sbb: 1. Beli pesawat sebanyak² agar jadi kekuatan utama. 2. Matikan kompetitor kecil lewat semua keunggulan kompetitifnya. 3. Setelah kompetitor tewas minta proteksi dgn alasan predatory pricing membunuh maskapai, padahal merekalah pelakunya.
#99 @PartaiSocmed
Akibatnya kondisinya seperti yg kita alami saat ini. Pemerintah bukan mengatur maskapai tetapi korporasi maskapailah yg mengatur pemerintah. Silakan di cek sendiri saja, sudah berapa kali himbauan hingga perintah dikeluarkan Kemenhub tapi tak di gubris oleh maskapai.
#99 @PartaiSocmed
Tak cukup dengan persaingan di pasar bebas yg sah² saja, Rusdi Kirana perlu memperkuat posisinya dengan menempatkan orang² yg 'berguna' di perusahaannya. Salah satunya adalah menempatkan Halim Kalla adik Jusuf Kalla sebagai Komisaris Lion Group.
Load Remaining (27)
Login and hide ads.