Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Disebut Disebabkan Karena Memakan Daging Babi yang Kurang Matang: Debat Netizen Soal Penampakan Jantung yang Dipenuhi Kista (Cysticercosis) dari Stadium Larvanya Cacing Pita Babi

Bahaya memakan daging yang kurang matang
1
Gia Pratama @GiaPratamaMD

Ini Jantung yang dipenuhi Kista (Cysticercosis) dari stadium larvanya cacing pita Babi. Penyakit ini disebabkan oleh memakan daging babi yg kurang matang. Gejala yg kadang muncul adalah irama jantung yg tidak beraturan. Kadang tdk bergejala sm sekali smp kondisinya memberat. pic.twitter.com/lXQkUHP7e9

01/07/2019 16:15:14 WIB
Expand pic
Expand pic
Annisa ayu wardhani @ayuforevs

@GiaPratamaMD KERJAANNYA INI NIH SI TAENIA SOLIUM! Dasar golongan cestoda emg ngeselin semua sihhh wakakakak. pic.twitter.com/zsy5rauy47

02/07/2019 01:50:11 WIB
Expand pic
Au @aufiqih

@GiaPratamaMD @dayoldchic Menurut CDC orang bisa tertular kista Taenia solium karena tidak sengaja termakan telur cacing tersebut. Apabila yang dimakan adalah sistiserkus yg ada pada daging, maka larva cacing berkembang jadi cacing dewasa di tubuh manusia (Taeniasis). CMIIW pic.twitter.com/oY9PBJctlu

01/07/2019 17:05:12 WIB
Expand pic
Haji Junedi, S.H, M.Mk @WibisonoanDikit

@GiaPratamaMD Ini kan bicara taenia solium, bagaimana dengan taenia saginata dok? Tolong dijelaskan supaya oknum orang2 muslim gak ngata2in org non-muslim yg makan babi dgn dalih daging babi pasti bawa penyakit, diazab Allah, dsb dsb.

01/07/2019 16:30:39 WIB
Pengejar mimpi @Manisenonna

@WibisonoanDikit @GiaPratamaMD Taenia saginata cacing pita pada sapi, jangan makan daging yang setengah masak atau belum matang.

01/07/2019 16:43:40 WIB
Haji Junedi, S.H, M.Mk @WibisonoanDikit

@Manisenonna @GiaPratamaMD Tp orang2 bule seneng makan steak sapi yg rare atau medium rare dan jarang kena penyakit spt yg disebabkan kalo makan daging babi stengah mateng, kira2 kenapa ya?

01/07/2019 16:58:24 WIB
Pengejar mimpi @Manisenonna

@WibisonoanDikit @GiaPratamaMD Iya faktor dari peternakanya mas, jadi kalau si sapinya di ternak nya dikandang gitu dia lebih terjamin makananya kan. Kalau misalnya dia digembalain gitu di padang rumput nah padang rumput itu bisa ada cacing gelembung/telur embrio heksan bakal si T. saginata.

01/07/2019 19:30:04 WIB
. @nobinovita

@WibisonoanDikit @Manisenonna @GiaPratamaMD Bantu jawab yah, sepengetahuan saya di cacing pita babi atau Taenia solium lebih berbahaya karna punya kait atau hook sehingga lebih menempel pada inangnya. Jadi Taenia solium lebih parasit (susah mati) daripada cacing pita sapi atau Taenia saginata

01/07/2019 17:40:07 WIB
FM Djohar @Fadhlimaulana8

@GiaPratamaMD Pada daging sapi jg ada Taenia saginata. Tapi dari morfologinya lebih bahaya Tania solium pada babi, karena punya Rostelum-semacam pengait/penjepit terdapat disekitar badan-leher ccg tersebut. Larva infeksinya sistiserkus, terdapat pada daging babi/sapi. IMHO

01/07/2019 23:37:22 WIB
Ella Najib @ellazakiya

@WibisonoanDikit @Manisenonna @GiaPratamaMD Penyakit seperti itu biasanya muncul setelah bertahun2 konsumsi, dan seperti pernyataan di atas stadium awal gejalanya tdk tampak

01/07/2019 18:55:25 WIB
D H I M @jalanmenanjak

@ellazakiya @WibisonoanDikit @Manisenonna @GiaPratamaMD ngeri juga ya kalo ngiranya aman aman aja dimakan ngga ada gejala apa apa, beberapa tahun kemudian banyak cacing ditubuh kita

01/07/2019 19:23:12 WIB
Pengejar mimpi @Manisenonna

@vxcease @ellazakiya @WibisonoanDikit @GiaPratamaMD Ini daur hidupnya ya, semoga bermanfaat untuk mba/mas nya. Jadi penting banget tuh buat masak daging sampe mateng, jangan sering2 makan sate atau steak saranku mending makan rendang aja πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ pic.twitter.com/bv7f2Hkfzr

01/07/2019 19:33:21 WIB
Expand pic
Andalas @Palugada1924

@GiaPratamaMD @Zie_nesta Babi haram karena Allah SWT melarang memakannya dalam al-Qur'an. Belum ada penelitian yg objektif seberapa tinggi prosentase kandungan parasit antara sapi dgn babi jika mereka makan dan hidup normal di alam tanpa intervensi manusia. Ada yg mau meneliti?

01/07/2019 17:01:46 WIB
bbbyyy @kilabekk

@Palugada1924 @GiaPratamaMD @Zie_nesta maaf gan, tapi itu keterangnya (kurang Mateng) dan biasanya babi yg di kosnumsi itu babi yang dari peternak bermutu. Agamamu melarang makan babi,tapi ga semua agama melarang makan daging babi. πŸ™πŸ™πŸ™Œ

02/07/2019 00:03:12 WIB
your side. @GalihNadhova

@sangatnikmad @Palugada1924 @GiaPratamaMD @Zie_nesta Nambahin, untuk babi lebih tinggi kemungkinan cacingnya karena suka di kubangan lumpur. Coba cari di gooogle "Taenia incidents pigs, cows, ncbi". Berhubung yg moslem dilarang makan babi, hamdalah. Yg non moslem makan babi? Yaudah. Begitulah kurang lebih

02/07/2019 07:52:43 WIB
πŸ‘‹ @whopppsie

@GalihNadhova @sangatnikmad @Palugada1924 @GiaPratamaMD @Zie_nesta Maaf ada banyak jenis babi, saya kurang setuju kalau bilangnya kubangan lumpur, Babi yang biasanya di makan itu adalah babi yang di ternak,bukan babi hutan. Nenek saya pernah ternak babi, untuk makanannya sudah khusus,kandangnya juga di bersihkan setiap hari. Cmiiw πŸ™πŸ»

02/07/2019 09:33:07 WIB
Hah @xvrao

@GiaPratamaMD Kalo makan daging sapi kurang mateng gapapa kan?

01/07/2019 16:26:12 WIB
Rirrr @farrrkh

@Savira_oktav @GiaPratamaMD bantu jawab ya. di sapi ada juga genus yg sama dari cacing diatas, yaitu Taenia saginata, jadi kalau makan daging sapi yg kurang matang juga bisa terkena.

01/07/2019 16:37:54 WIB
Yohanes Sindu @yohanesindu

@GiaPratamaMD orang bisa kena cysticercosis bukan kalau makan daging yang ga matang, tapi kalau ndak sengaja makan telur taenia solium yang berasal dari feses orang yang terinfeksi pic.twitter.com/IgoG4vbW2n

01/07/2019 16:33:19 WIB
Expand pic
Yohanes Sindu @yohanesindu

@GiaPratamaMD bagi yang bertanya kalau cacing pita di sapi atau taenia saginata tidak bisa sampai terjadi cysticercosis, tapi masih bisa terjadi taeniasis di usus

01/07/2019 17:32:50 WIB
ν•˜ ( βœ§β‰– ΝœΚ–β‰–) @hepimihepiyu

@yohanesindu @GiaPratamaMD telurnya jg nemplok di makanan. sama2 dari makanan itu, bedanya kl sistiserkosis ga mesti dari makan babi

01/07/2019 18:11:43 WIB
Yohanes Sindu @yohanesindu

@akunbuatcerita @GiaPratamaMD iya, sebenarnya di gambar sebelah kanan juga ada kok, cysterkosis memang jalur penularannya fecal oral

01/07/2019 18:22:47 WIB
ikkakumon @Ik1kka

@GiaPratamaMD Bisa ya dari pencernaan sampai ke jantung 😡

01/07/2019 16:44:49 WIB
setiaji aris @arizt_pedhezt

@nur_ikka @GiaPratamaMD Daur hidup telur dan larva Taenia solium (dan juga Taenia saginata-cacing pita sapi) memang lewat jantung manusia kalau sempat masuk.. Untung saya dulu tidak bolos pas pelajaran biologi kelas 2 SMP.. 😁

01/07/2019 16:54:29 WIB
Au @aufiqih

@GiaPratamaMD Berdasarkan gambar di atas, menurut saya itu merupakan jantung orang yang tidak sengaja termakan telur cacing T. solium dan sistiserkus berkembang serta bermigrasi di dalam tubuh inang. Untuk mencegahnya, sanitasi dan higiene personal sangat penting untuk diperhatikan. CMIIW

01/07/2019 17:10:10 WIB
Load Remaining (7)

Comment

No comments yet. Write yours!