4
Terry Perdanawati @tey_saja

A Jogjakartan living in Minnesota, @jay_afrisando’s partner in rhyme, ugal-ugalan with @gatrawardaya, #WatikWirobrajan

https://t.co/hl8Cy8S14i
Terry Perdanawati @tey_saja
Kalau kmrn sempat ngebahas apa yg perlu diobrolin sama calon istri/suami sebelum menikah, kayaknya perlu juga ya dibahas apa yg perlu diobrolin sama diri sendiri sblm memutuskan buat menikah? Ini jg berdasarkan pengalaman sendiri dan pengalaman tmn2 yg curhat. A THREAD
Terry Perdanawati @tey_saja
Yg pertama perlu diobrolin ato ditanyakan ke diri sendiri tuh ini: udah siap? Bukan! Bukan cuma ngomongin siap secara materi aja, tapi juga apakah udah siap secara mental? Apakah kita udah cukup dewasa menghadapi hidup dan permasalahan hidup kita sendiri?
Terry Perdanawati @tey_saja
Kalau belum, sebaiknya disiapin dulu aja. Jgn buru-buru memutuskan utk menikah. Klo menghadapi permasalahan diri sendiri kita masih drama, gmn mau menghadapi kehidupan di mana bakal ada persoalan berdua, mertua, tetangga, blm lagi kalau udah pny anak? Msh mau drama jg? 😅
Terry Perdanawati @tey_saja
Kebanyakan dr kita pernah ada dlm masa penuh drama kok, tenang aja. Kamu gak sendiri. Hehehe. 🙊 Cuma, kalau belum lulus dari masa penuh drama, sebaiknya jgn mikir utk berbagi hidup dlm pernikahan dulu. Ntar jadinya berbagi drama. 😌
Terry Perdanawati @tey_saja
Kedua: apa tujuanmu mau nikah? Tujuan ini bisa aja mulai dr tujuan mulia berdasarkan agama, atau tujuan duniawi aja. Bebas kok. Yg penting tujuannya mesti baik. Krn kalau dari awal saja tujuannya udah gak baik, maka dlm perjalanannya jg bakal kurang baik.
Terry Perdanawati @tey_saja
Nah tapi sebaiknya hindari tujuan “mencari kebahagiaan.” Knp? Krn nanti kamu akan menuntut pasangan utk mencarikan kebahagiaan atau malah menyediakan kebahagiaan utk kamu. Lha njuk pasanganmu gmn? Nah terus gmn dunk baiknya?
Terry Perdanawati @tey_saja
Baiknya, tujuannya adalah “berbagi kebahagiaan.” Jd kalian berdua akan sama-sama membahagiakan. Tapi berarti kamu sendiri hrs udah bahagia terhadap hidupmu sendiri. Minimal nih ya, jgn jadikan pernikahan sbg pelarian dari ketidakbahagianmu. Begitu.
Terry Perdanawati @tey_saja
Sbaiknya jg hindari menikah dgn tujuan memperbaiki hubungan. Contohnya nih pacarmu selingkuh, terus kalian berantem. Kemudian biar kalian gak terus-terusan berantem, dia berusaha membuatmu senang dgn ngajakin nikah.
Terry Perdanawati @tey_saja
Ada kenalanku yg begini. Akhirnya batal nikah jg, soalnya selingkuh lagi dia sebelum jadi nikah. 😅 Jd sebaiknya jgn percaya kalau diajakin nikah cuma krn pacarmu hbs melakukan kesalahan terus biar kamu gak marah. Ini jdnya tujuan nikahnya gak bnr2 buat berbagi kebahagiaan. 💁
Terry Perdanawati @tey_saja
Ketiga: udah yakin? “Udah yakin” ini ada dua ya. Udah yakin sama diri sendiri dan yakin sama calon pasangan. Setelah menikah, apa-apa jd urusan berdua. Bkn urusan sendiri lagi. Udah yakin siap utk berbagi urusanmu dgn dia dan kebagian ikut ngurusi urusannya dia?
Terry Perdanawati @tey_saja
Yakin dia orgnya? Hindari menikah dgn alasan, “aku gak bisa hidup tanpa dia.” Krn itu ngapusi!! 🤣 Sblm ketemu sama dia, kamu jg hidup kan? Jd kamu bisa kok hidup tanpa dia. Tp sebaiknya, menikah krn, “aku bisa hidup dengan dia.” Lho knp?
Terry Perdanawati @tey_saja
Gini deh, kalian pacaran paling lama brp tahun sih? Taruh lah paling lama 10 thn ya? (Ini pacaran apa nyicil KPR?) Nah tapi menikah itu kalau seumur hidup bakal jd 20,30,40, atau bahkan 50 thn. Tergantung nasib aja dikasih sama Gusti Allah umur kalian brp.
Terry Perdanawati @tey_saja
Jadi, jangan lihat ke belakang mentang-mentang udah pacaran 10 thn terus sayang kalau gak dilanjutin. Sebaiknya jgn gitu! Tapi pikirin deh, siap gak hidup sama dia 20,30,40 atau bahkan 50 thn ke dpn? Tiap hari sama dia? Kalau kamu siap dan yakin, lanjut gaes! 😉
Terry Perdanawati @tey_saja
Yakin gak kamu siap menerima kekurangan dia dan menoleransi kesalahannya? Ini kekurangan dan kesalahan yg macem gini ya: naruh sepatu sembarangan, janjian telat, kalau dititipin beli gorengan sering lupa, kalau udah main game online suka lupa waktu, dan yg setara.
Terry Perdanawati @tey_saja
Tapi klo kekurangannya adlh dia abusif, baik kata-kata atau fisik, mending jgn. Serius. Ini susah diubah. “Tapi klo lg baik, baik kok.” Iya lah. Org yg suka naruh sepatu sembarangan jg klo baik ya baik. Tapi ngeberesin sepatu lebih gampang drpd beresin luka ditempeleng kan?
Terry Perdanawati @tey_saja
Memaafkan org yg telat janjian gak ada apa-apanya dgn risiko mental jadi gak sehat krn punya pasangan yang suka ngata-ngatain kamu dan bikin kamu merasa gak berguna kan? Pesanku sih itu ya, kalau udah lihat tanda-tanda abusif, mending jangan.
Terry Perdanawati @tey_saja
Tp apa dia gak dikasih kesempatan buat berubah? Seperti yg udah bnyk org bilang, org yg abusif gak akan berubah cuma krn menikah. Mrk berubah kalau diri mereka sendiri mau berubah. Jd biar deh dia berubah dulu (bukan pura2 berubah) sblm kamu memutuskan utk bersama dia.
Terry Perdanawati @tey_saja
Keempat: kamu udah cari pandangan objektif ttg dia? Biasanya sih klo udah cinta apapun kelihatan baik. Ini bisa membutakan. Coba deh cari tahu pandangan org lain: temanmu yg tahu ttg dia, temannya dia, keluarganya, tmn kerjanya, dll. Coba tanyain & coba amati interaksi mrk.
Terry Perdanawati @tey_saja
Kamu butuh pandangan objektif ini krn pandanganmu pasti udah bias, ketutupan cinta. 🤣 Gak hrs kok percaya semua omongan org, tp setidaknya kamu jd punya sudut pandang yg lain ttg dia. Klo emang semua udah oke, semoga lancar deh sampai pernikahan & bahagia selamanya! 😉
Terry Perdanawati @tey_saja
Ini bkn cuma berlaku buat yg pacaran sblm menikah ya. Yg memutuskan utk menikah tanpa pacaran jg sama. Tanyain ke diri sendiri empat pertanyaan di atas. Jgn lupa “selidiki” calonnya. Beneran gak dia seperti yg ada di CV. Tanyain org yg kenal dia, cek medsos dia juga boleh. 😁
Terry Perdanawati @tey_saja
Buat kamu yg udah ketemu jodoh dan siap ke pernikahan, semoga lancar ya. Semoga ini adlh jalan yg terbaik dan kalian bahagia selamanya. Amin. 🙏 Buat yg blm ketemu jodoh, santai aja gpp. Gak ada namanya deadline kpn kudu nikah kok. Nikmati aja dulu masa pencarian ini. #halah 😁
korpus kalosum @irwnysf
@tey_saja karena waktu yang sulit dicari adalah bukan waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang tercinta tetapi waktu untuk bisa berdialog dengan diri sendiri
nia siagian @nia_wonnieELF
@tey_saja Jujur Materi itu penting buat saya.. Bukanya matre atau apa. Untuk saat ini hanya saya yg bekerja, kalau menikah dan pasangan belum bekerja yang ada nanti beban di wanita semua.. walaupun dikatakan "Rezeki akan datang sewaktu menikah". tapi Menikah bukan cuma cari rezeki.!!
Load Remaining (6)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.