1
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Kumpulan thread super keren tentang kiat bisnis, financial freedom dan personal development ada pada tab LIKES akun ini. Silakan cek.

strategimanajemen.net/about-me
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Kotak tips di sebuah kafe. Pegawainya kurang cerdik. Harusnya ada staf yg sengaja naruh uang lima ribuan di dalamnya. Nanti pasti akan ada yg nyumbang 5 ribuan juga. Trik itu disebut social proof. Orang akan sumbang lbh banyak jika yg lain jg nyumbang banyak. pic.twitter.com/eV6H4vUi4Z
Expand pic
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Trik social proof jg layak diterapkan di kotak amal mesjid. Pakai kotak kaca agar terlihat. Lalu taruh bbtapa uang 10 ribuan sbg pancingan awal. Dijamin sumbangan akan nail bbrapa kali lipat. Eksperimen semacam itu sdh sering dilakukan di luar negeri, dan berhasil.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Demikian jg sumbangan RT. Taruh yg nyumbang banyak di daftar paling atas. Nanti yg lain akan cenderung menirunya. Social proof adalah sikap latah. Manusia itu amat mudah perilaku orang lain. Perilaku itu mudah menular.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Contoh social proof itu banyak. Misal warung makan yg rame biasanya akan makin bnyk pengunjungnya. Keramaian mengundang keramaian. Produk2 yg diberi label best seller jg terbukti akan makin laris. Film2 yg pamer jmlah penontonnya yg banyak akan makin laris ditonton.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Setiap kasus produk yg heboh atau happening jg adalah cerminan social proof. Batu akik mania, bitcoin mania, bunga gelombang cinta mania.....semua ini contoh social proof. Social proof = kita semua suka latah dan mudah meniru perilaku orang kebanyakan.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Social proof ini bisa digunakan untk hal negatif atau positive. Contoh negatif : ada orang buang sampah sembarangan. Yg lain akan niru dan lama2 makin banyak. Ada orang yg langgar rambu. Yg lain ikut2an. Lama2 makin banyak yg langgar rambu. Itu semua contoh social proof.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Contoh positif : sejumlah orang nyumbang dlm jumlah banyak.....yg lain akan ikut2an nyumbang gede juga. Jumlah perokok turun di amerika krn makin banyk yg stop. Yg smoker lama2 makin banyak yg ikut stop juga. Sejumlah orang rajin gowes. Lama2 yg ikut gaya hidup ini mkn bnyk.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Para pegiat kampanye2 sosial yg positif harus cerdik gunakan trik social proof ini demi suksesnya perubahan perilaku yg diinginkan. Contoh simpel ya spt kotak amal tadi. Dipancing dg uang seratus ribu dulu. Contoh lain : tampilkan ribuan orang yg sukses berhenti merokok.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Tapi hati2. Social proof bisa jd bumerang. Pernah ada kasus lembaga anti narkoba di amrik bikin poster spt ini : jauhi narkoba. Sudah banyak yg jadi korban. Orang malah anggap ternyata banyak yg pakai narkoba tho. Poster itu akhirnya malah makin tingkatkan kasus narkoba.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Knp social proof atau sikap latah thd perilaku orang kebanyakan itu terjadi? Krn adanya conformity to social norm. Kita manusia itu lbh nyaman sama dg norma sosial yg ada. Menjadi mainstream itu adalah hal yg lbh kita sukai drpd menjadi deviant.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Nggak percaya? Coba aja kamu datang ke sebuah acara. Dari seluruh peserta segedung hanya kamu yg salah dress code. Insting kita sbg manusia itu memang lbn nyaman kalau conform dg norma sosial atau kompatibel dg perilaku kebanyakan orang.
musyawarah mufakat @Rohmadmad
@Strategi_Bisnis Wahahah saya sudah melakukan itu. Prinsip "uang mencari teman" saya terapkan. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Jeng Rini Garis Lucu @Widyarenee
@Strategi_Bisnis Dulu punya bos bule diajari juga tips berjualan. Tawari customer beli 1 atau 2. Cust biasanya akan memilih 1 saja. Cara ini lbh efektif dibandingkan bertanya ke cust, jadi beli atau ngga. Akhirnya biasanya zonk, cust ga beli sama sekali.
Ardy wira pratama @Hara_HurU
@Strategi_Bisnis Kalo naro uang 100 rb an didompet bisa jadi dia manggilin temennya ya,, πŸ˜‚πŸ˜‚
kepala_dusun @anaknya_
@Hara_HurU @Strategi_Bisnis Dipanggilin temenya malah..diajak keluar dr dompet...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
musyawarah mufakat @Rohmadmad
@erwinsaputro31 @Strategi_Bisnis Menurut saya. Kasi (pancingan) 2rb di tips dan 10rb itu bakal ngasi pandangan berbeda kepada kita(toko/penjual). Kalo 10rb. Konsumen akan berfikir "wah ada log orang yg ngasi duit tips segitu, kemungkinan besar barang atau pelayanannya oke" Dan alhamdulillah manjur. Heheh
Ardy wira pratama @Hara_HurU
@anaknya_ @Strategi_Bisnis Akhir bulan om, sodara nya mau jenguk juga.. 😁😁
Kobesa @kobessaaa
@Strategi_Bisnis buat mancing paus emang perlu umpan lebih dari skedar teri.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.