0
Robi Yusuf @RobiYusuf14
Sidang sengketa pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi begitu membosankan untuk diikuti. Apalagi pada agenda membaca keputusan yang berlangsung Kamis (27/6/2019) siang tersebut, hingga sore belum juga kepada poin agenda. pic.twitter.com/AJgEPgfuqL
Expand pic
Robi Yusuf @RobiYusuf14
yaitu membacakan hasil keputusan terhadap permohonan kubu Prabowo-Sandiaga Uno terkait dugaan kecurangan pemilu 2019 lalu.
Robi Yusuf @RobiYusuf14
Banyaknya hasil rembukan para hakim atas pihak permohon dan termohon yang dikemas dalam sebuah bundle berkas tebal yang dibacakan hakim konstitusi kepada para pihak dan rakyat Indonesia yang menyaksikan persidangan.
Robi Yusuf @RobiYusuf14
Sejak dimulainya sidang dari awal (14 Juni) lalu, kini masuk ke tahap akhir pembacaan hasil keputusan atas sengketa pemilu yang didaftarkan pihak Prabowo Cs. Para hakim yang terdiri dari Sembilan orang tersebut berjibaku siang dan malam.
Robi Yusuf @RobiYusuf14
bahkan sampai pagi menjalankan proses persidangan tampa lelah. Ditambah, tebalnya hasil rembukan dari analisa para hakim yang tertuang dalam beberapa bundle, salah satunya bab tentang pertimbangan Mahkamah.
Robi Yusuf @RobiYusuf14
Tak ayal, tiap-tiap hakim mendapat bagian untuk membacakan hasil keputusan para hakim kepada pihak pemohon dan terlapor yang terkait dalam sengketa pemilu tersebut.
Robi Yusuf @RobiYusuf14
Kini yang timbul dalam pemikiran saya yaitu, nasib rakyat yang begitu sabar terhadap hasil akhir dari sengketa pemilu ini. Tentu, rakyat akan selalu mengingat sejarah atas demokrasi pemilu 2019 sebagai pembelajaran akan konstitusi yang berlaku di tanah air.
Robi Yusuf @RobiYusuf14
Dan, Apakah masyarakat seperti saya akan terus menganggap Komisi Pemilihan Umum itu selalu curang untuk tahun pemilu berikutnya? Yang pastinya, kita harus menghargai apa pun hasil dari keputusan MK terhadap sengketa pemilu kali ini dengan bijak.
Robi Yusuf @RobiYusuf14
Sidang yang memakan waktu berhari-hari itu tidak lah mudah dilaksanakan apabila tidak dilakukan oleh para ahli yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang digeluti. Begitu pula dengan lembaga penyelenggara pemilu.
Robi Yusuf @RobiYusuf14
Sehingga, para pihak yang merasa dirugikan dalam hal ini kubu Prabowo-Sandiaga untuk legowo menerima hasil keputusan dua lembaga perintah Undang-Undang Dasar 1945 tersebut. pic.twitter.com/h9FPsb1uBG
Expand pic
Robi Yusuf @RobiYusuf14
Salah satu bentuk nyata yaitu tidak memanas-manaskan para relawan dan pendukung untuk tidak anarkis jika dinyatakan kalah. Begitu pun sebaliknya. Jikapun dinyatakan menang,
Robi Yusuf @RobiYusuf14
untuk tidak melakukan perbuatan diskriminasi terhadap golongan atau kelompok tertentu saat memimpin Negara dan bangsa ini.
Robi Yusuf @RobiYusuf14
Pada hakikatnya, Indonesia merupakan bangsa yang besar dan begitu menghargai semua agama,suku dan ras yang tersebar dalam satu kesatuan. Bukan hanya milik satu golongan saja.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.