3
Terry Perdanawati @tey_saja
Mau berbagi pengalaman aja dr pengalaman diri sendiri sama pengalaman tmn2 yg pada curhat. Buat kamu, kamu, kamu, yg merencanakan utk menikah nih! Ada satu hal penting bgt tp sering terlewat dibicarakan oleh org yg mau menikah: masalah keuangan. [Sebuah utas alias thread]
Terry Perdanawati @tey_saja
โ€œTapi kan mslh keuangan tabu dibicarakan?โ€ โ€œBelum apa2 udah ngomongin uang. Kelihatan matre gitu gak sih?โ€ Mnrtku, mslh keuangan memang jgn diumbar ke org bnyk, tp ke calon suami/istri hrs diomongin. Justru krn baru mau menikah, kudu diomongin. Sblm terlambat dan menyesal.
Terry Perdanawati @tey_saja
Ngomongin mslh keuangan di dpn sblm menikah tuh bagus buat melihat sbnrnya ekspektasi calon pasangan gmn, rencana ke dpn gmn, terus kira-kira bakal ada hambatan apa. Kan gak mau ya, tiba2 udah nikah baru tau klo pasangan kita punya utang sampai dikejar debt collector, misalnya.
Terry Perdanawati @tey_saja
Yg pertama perlu diomongin: pendapatan. Ini buat bayangan dlm rmh tangga bakal kayak apa. Kira-kira cukup gak buat kebutuhan. Kalau gak cukup, rencana ke dpn apa? Siap gak menghadapi? Soalnya ya, ini semacam racun pembunuh pernikahan secara diam2 klo gak ditangani dgn benar.
Terry Perdanawati @tey_saja
Ada tmn yg curhat kalau setelah menikah, berantem terus sama pasangannya. Bukan krn ada yg selingkuh, tapi krn duitnya gak cukup buat membiayai kehidupan mrk. Dr mslh duit, merembet ke mslh-mslh lainnya. Pdhl pas pacaran kayaknya baik-baik aja. ๐Ÿ˜”
Terry Perdanawati @tey_saja
Standar kebutuhan hidup dan gaya hidup masing2 org beda-beda. Nah ini disesuaikan aja sih sama pasangannya. Cth ya wkt itu rame2 krn ada mbak2 yg pingin punya suami yg gajinya 30jt. Ya gpp. Yg gajinya gak segitu, bisa cari yg lain, yg sesuai dgn keadaan gitu.
Terry Perdanawati @tey_saja
Gak usah jaim atau gmn ya. Jujur aja ksh tahu pendapatan masing2. Klo cukup & kedua belah pihak puas ya alhamdulillah. Klo blm cukup, dibicarain gmn solusinya. Mau gak berjuang bersama dgn keadaan yg ada? Sanggup gak? Kalau iya, lanjut. Klo gak ya gmn lagi, jgn dipaksain.
Terry Perdanawati @tey_saja
Yg kedua: ekspektasi dan rencana ke depan. Misalnya, tinggalnya mau di mana? Ngontrak? Nyicil beli rmh? Atau gmn? Duitnya udah ada? Mau beli motor? Mobil? Kapan? Cukup gak duitnya? Ini diobrolin ya. Biar rencana keuangan ke dpnnya lebih enak di jalani.
Terry Perdanawati @tey_saja
Ketiga: gaya hidup dan hobi. Ini gak muluk-muluk mesti kayak gaya hidup artis apa gmn ya. Cuma kan ya perlu tahu misalnya calon pasangan pinginnya gmn, hobinya apa, dan kira-kira butuh dana seberapa. Biar gak kaget aja gitu dan jd mslh di pernikahan
Terry Perdanawati @tey_saja
Keempat: tanggungan. Keadaannya beragam ya tiap org. Ada yg hrs bantu ortu atau adiknya krn keadaan. Ada yg bebas gak punya tanggungan. Ini penting bgt dibicarakan. Krn agak-agak sensitif dan bahaya banget kalau baru tahu pas udah nikah.
Terry Perdanawati @tey_saja
Ada tmn yg ngeluh kalau suaminya kasih 50% gaji ke keluarganya pdhl uang belanja mepet. Suaminya ngeluh kalau istrinya gak pengertian, keluarganya butuh bantuan. Ini bisa dihindari ngeluh-ngeluh gini kalau dari awal sebelum menikah udah dibicarain dan disepakati solusinya gmn.
Terry Perdanawati @tey_saja
Kelima: hutang dan tabungan. Hutang dan tabungan ini perlu diomongin ya. Biar gak jadi kejutan. Ya kalau kejutannya ternyata pasangannya punya tabungan 1 M. Lha kalau ternyata punya hutang yg gedhe terus baru tahu setelah nikah dan kecewa kan bahaya.
Terry Perdanawati @tey_saja
Jadi mending diomongin di depan aja. Di satu sisi, kalau memang sudah cinta, mau susah senang bisa dijalani bersama. Di sisi lain ya kudu realistis. Terlalu bnyk โ€œkejutanโ€ yg memberatkan salah satu pasangan & baru tahu ketahuan setelah menikah itu bs jd racun dlm rmh tangga.
Terry Perdanawati @tey_saja
Semoga sukses ya buat yg sedang merencanakan membangun rmh tangga. Yg blm ketemu jodoh semoga dipertemukan dgn yg terbaik. Amin. ๐Ÿ™ Pernikahan itu bukan akhir, tapi proses sih. Msh ada bnyk hal yg kudu dihadapi dan dipelajari selama menjalaninya.
Terry Perdanawati @tey_saja
Jika dimulai dgn baik dan dibangun di atas komunikasi yang baik, Insya Allah bisa dijalani dgn baik. Semangat! ๐Ÿ’ช
Terlalu Baik Untuk Kamu @ajengaryanti
@tey_saja Klo sebelumnya baikbaik aja kemudian ngobrolin masalah finansial, dan ternyata finansial pasangan jauh dri ekspektasi atau bahkan punya utang. Langsung memutuskan untuk menyudahi hubungan apa gmn ya?
Terry Perdanawati @tey_saja
@ajengaryanti Diobrolin aja. Apakah bisa dicari solusinya? Misal calon pasangan punya hutang, dibahas aja utangnya brp, klo dicicil per bln brp, akan lunas sampai kpn kira-kira. Dibahas jg apa solusi ke dpnnya? Misal, perlu nambah pendapatan, gmn caranya? Bisakah diusahan bersama?
Terry Perdanawati @tey_saja
@ajengaryanti Kalau saya, lihat usahanya. Misalnya skrg keuangannya msh blm baik, usaha apa yg sudah dilakukan? Usaha apa yg akan dilakukan? Klo ada calon pasangan berusaha, kita kasih dukungan. Klo kita bisa jalani, ya jalani. Tp kalau dianya males dan gak usaha, nah itu yg bahaya.
Ajeng Kareena @ajengkarr
@tey_saja Thread ini oke kali Mbakkk Te ๐Ÿ˜.
Terry Perdanawati @tey_saja
@ajengkarr Terima kasih. Semoga bermanfaat. ๐Ÿ™
As @asburhanudin
@tey_saja Jd misal ga sesuai lebih baik disudahi diawal. Bgtu kan?
Terry Perdanawati @tey_saja
@asburhanudin Kalau masih bisa cari solusi bersama ya diteruskan, kalau tidak ya tidak perlu dipaksakan. Daripada dua-duanya tidak bahagia.
As @asburhanudin
@tey_saja Ok, terimakasih kak atas sudut pandang yg telah diberikan. Krn kami anak2 muda sering menganggap ini belum perlu dibicarakan
Nung๋ˆ™ @nurqodriah
Apakah stage tertinggi dalam hidup adalah menikah?? pic.twitter.com/V9IFvKXqtr
 Expand pic
 Expand pic
Login and hide ads.