0
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
Kemaren saya janji bikin thread mengapa santri selama masa pendidikan dilarang membawa hape. Saya tahu betul sebab saya selama ini bergelut langsung dengan dunia pesantren dan menangani langsung. Sebab hape di tangan santri yg dalam usia remaja itu lebih banyak madhorotnya...
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
..dari pada manfaatnya. Menjadikan santri banyak membuang waktu dgn hapenya daripada beraktifitas lain yg lebih bermanfaat, itu jelas. Dan juga menimbulkan hal² lain yg menjurus keharaman secara syariat. Seringkali hape yg tersita oleh pengurus isinya video² dan gambar² vulgar..
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
...grup² WA yg berkonten pornografi, history browsing situs² porno, bahkan pernah ada jejak digital berlangganan VCS. Belum lagi kalo dipake untuk ngegrab ke luar kota ketika hari bebas, yg jadi sulit diawasi oleh pengurus. Buat pacaran, ngedate dll itu semua bisa dilakukan...
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
...via hape. Pernah ada santri, malam² diantar diantar Satpol PP ke pondok karena berduaan ma wanita di Manahan. Paginya santri itu langsung dikembalikan ke orang tuanya. Intinya, hape itu saat masa pendidikan di pesantren lebih banyak madhorotnya dari pada manfaatnya. Fix.
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
Kenapa hape yg disita dihancurkan? Karena itu dipandang sebagai solusi agar perbuatan tersebut tidak diulang dan juga tidak menimbulkan fitnah. Di pondok kami, ketika pendaftaran santri baru disosialisakan kepada santri dan wali santri apa saja peraturan pondok dan apa hukumnya.
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
Termasuk larangan membawa hape dengan dengan disita tidak dikembalikan, wali santri juga menandatangani perjanjian tersebut disurat bermaterai 6000. Sampek segitunya? Iya agar nanti gak berpolemik. Pertama dulu, hape disita dikembalikan ketika santri boyong, tapi hal itu tidak..
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
...efektif, santri tetap tidak takut bawa hape. Toh nanti dikembalikan. Eh, santri bawa hape itu kucing-kucingan lho ma pengurus, pintar menyembunyikan bahkan ada juga yg dititipkan ke tetangga pondok. Jadi untung²ngan, kalo lagi apes ya kesita ...tapi toh gak ilang nanti bisa..
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
...diambil lagi, bahkan ada ketika boyong dia ngambil 4 hape karena berkali² hapenya kesita. Lama² wegah juga, tidak bikin jera, pengurus jadi bertanggungjawab merawat hape bahkan bertahun². Kenapa tidak dijual saja hape sitaan tersebut dan uangnya untuk kemanfaatan pondok...
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
...atau disumbangin anak yatim gitu? Pernah juga diperlakukan seperti itu, tapi juga gak efektif, malah ketika apes hapenya kesita santri berkilah ”toh jadi pahala, gak rugi” malah jadi modus cari pahala. Itu sih gak seberapa yg nyebelin kalo berhadapan ma wali santri...
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
...yg ngomong, ”Daripada dijual ke orang lain, mana hape anak saya, saya tebus dua kali lipat dari harga jual". Nah lho.... Itu diantara nyinyiran, belum lagi kecuriga-curigaan yg lain, yg uangnya masuk kantonglah, hape dibeli pengurus sendirilah dll...
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
...dibuat setransparan mungkin juga masih dicurigai. Terutama yg sulit itu dari pihak wali santri, yg berusaha kembali meminta hape anaknya dengan berbagai alasan. Pengurus kadang ciut nyalinya juga, lama² jengah juga berdebat dengan wali santri yg memasrahkan anaknya ke pondok..
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
...tapi tidak mau ikut mendidik anaknya. Tidak itu saja banyak sekali waki santri anaknya kalo dipondokin otomatis jadi baik, kalo anaknya tetap nakal pengurus yg disalahin. ”Pengurus ngapain aja kok anak saya sampek bisa keluar dan ditangkap satpol PP”
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
...Hajigur, aku sering kasihan ma pengurus, mereka juga anak² remaja yg juga masih menempuh pendidikan selepas SMA. Dikirain pengurus itu CCTV ta? Yg 24 jam nonstop mengawasi. Percayalah, santri itu anak yg kreatif lebih pintar cari jalan ke luar pondok meskipun pondok kami...
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
...dipasangin banyak CCTV. Pernah, dengan make sarung yg dijemur di lantai 4, mereka sambung² dibuat untuk turun dari lantai 4, cara yg klasik tapi berhasil. Terinspirasi dari Rapunzel kali. Itu masih biasa, ada yg luar biasa lagi keluar dari pondok lewat cerobong sampah...
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
...padahal cerobong sampah itu diameternya gak sampek semeter. Dan tingginya 20 meteran. Kemudian hape yg disita didiamin aja, cuman disimpan. Eh, hapenya ada yg hilang, entah siapa yg ngambil. Jadi timbul su'udhon dsb. Akhirnya hape yg disita dihancurin.
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
Ya di hadapan santri abis nariyahan atas burdahan gitu. Itu bagianku haha... Pengurus ya gak berani lah, wegah ngadepin santri yg revenge ataupun wali santri yg komplain. Hapenya yg kesita gak main² lho, hape baru dan update semua... Iphone 7, S5 gitu. Ancur semua... Eman yak?
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
...tapi mo gimana lagi. Kudu semuanya tanpa pilih kasih. Efektif? Iya. Yang terakhir kalo ada hape yg kesita, yg punya dipanggil suruh ngancurin sendiri, pengurus nyediain palunya plus dicukur gundul. Terulang sampek tiga kali, dikembalikan ke ortunya. Ada yg ditanyakan?
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
Dengan hape dihancurin sendiri gitu, gakda lagi yg komplain, gak da lagi wali santri yg membujuk rayu dengan berbagai modus minta hape anaknya, gak da su'udhon dan saling curiga. Mubadzirkan barang? Iya, tapi.. دَرْءُ الْمَفَاسِدِ مُقَدَّمٌ عَلَىٰ جَلْبِ الْمَصَالِحِ
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
@MMubaaroq Semua proses itu tentu melalui persidangan dulu. Kalo saya tulis proses persidangannya juga, habis waktu tidur saya.
Jomblotemporer @MMubaaroq
@irfan_nuruddin Kadang yg mmbkin sntri mmbwa hp krna pengurus ny pd mmbw hp. Jd cmbru sosial
irfan nuruddin™ @irfan_nuruddin
@MMubaaroq Setiap orang ada kedudukannya dan setiap kedudukan ada perlakuannya. Kalo cemburu silahkan jd pengurus: yg bangun lebih awal buat ngobraki, lebih dulu ke kamar mandi biar gak ganggu antrian, gak tidur buat jaga malam, yg riwa-riwi ngurus keperluan santri dan pondok.
m u f i d @ahmadmufid
@irfan_nuruddin ini Yai, teman saya (yang berpeci) di pondok (Krapyak) bisnis jual-beli hp. Dia kerap mengambil hp dari mbak-mbak pengurus yang baru saja menyita hp dari para santri saat razia. 😂 pic.twitter.com/1hX4DjMAIn
Login and hide ads.