0

Viral di media sosial Facebook dan grup aplikasi pesan instan WhatsApp soal adanya bunga langka yang sedang mekar puncak Gunung Jayawijaya, Papua.

Noval @Noval_aryadi
Bunga MEGAPUSPA yg sedang mekar dipuncak gunung Jayawijaya, Papua (didunia hanya satu, dipapua) yg mekarnya 33 thn sekali kemarin jam 14:30 wit terjadi pemekaran sempurna #indonesiakuindah pic.twitter.com/h4pUiSlayL
Expand pic
Bagasta @Bagasta8
@katakitatweet Hoax min... berita tahun 2017 😬🙈 Berdasarkan statement Garry Williams selaku kurator di California Academy of Sciences menjelaskan bahwa foto tersebut adalah SEA PENS. Dalam bahasa Indonesia, PENA LAUT... Cc: @TurnBackHoax turnbackhoax.id/2017/08/25/hoa…

Faktanya, Foto tersebut merupakan foto makhluk bernama pena laut

nuggetkentang @ArumChrns
Ini Pena Laut (sea pen) ya gaes, mon maap tapi ini invertebrata laut yg bisa hidup di laut kutub sampe laut tropis juga hidup, bukan bunga megapuspa Cmiiw twitter.com/katakitatweet/…
makLambeTurah#Paling Cakep🥰 @makLambeTurah
Pena laut ini adanya dikedalaman brp ya?? serius nanya.. pic.twitter.com/viQFLv3qyd
Expand pic
makLambeTurah#Paling Cakep🥰 @makLambeTurah
@rockandrolljack kl didekatin beracun gak ya? kan cuman buat bekgron foto doang...
Jaka U. Ajiputra @rockandrolljack
@makLambeTurah Nggak beracun mak. Namun tetep harus kasih jarak, karena mereka sensitif dengan gerakan sekitar, kasihan kalau sampai rusak. Kalau buat background photo sih ok aja kok, yg penting nggak dipegang-pegang.
IG: pinneng @pinneng
@makLambeTurah @riothehippo Dangkal pun ada. Tapi dia bukan tumbuhan yang butuh sinar matahari. Dia binatang.
Bagasta @Bagasta8
@makLambeTurah @majalah_bobo ... sampai dengan kedalaman 2.000 meter... atau lebih (Menurut wikipedia, hasil terjemahan 🤣) translate.googleusercontent.com/translate_c?cl…
IG: pinneng @pinneng
@makLambeTurah Ni pada heboh ngobrolin “tumbuhan langka dari gunung”. Sebetulnya SEA PENS ini termasuk binatang laut yang ada di banyak lokasi di Indonesia. (Tidak langka). Dia hidup di berbagai kedalaman. Sea pens merupakan koloni dari individu2.
Eveline Yolanda @YolandaEveline
@makLambeTurah Yang pasti nggak bs d temuin d laut dekat jakarta .. Polusi .. Ini adanya d laut yg jernih dan masih asri ..
santi @santthan19
@makLambeTurah Nah ada yg bilang namanya megapuspa ternyata namanya sea pens 😊 ktnya ada dipuncak jaya ternyata dilaut...hoax yg tsm pic.twitter.com/483Gf6Ej5w
Expand pic

Sekilas tentang pena laut

Pena laut (sea pen) adalah salah satu spesies dari 300 spesies milik ordo Pennatulacea, hewan laut invertebrata kolonial kelas Anthozoa (filum Cnidaria). Mereka dapat ditemukan baik di perairan dangkal dan dalam dari lautan kutub hingga ke daerah tropis.

Nama pena laut berasal dari kemiripannya dengan pena bulu, meskipun sebenarnya hanya subordo Subselliflorae yang mirip dengan pena bulu, sedangkan subordo yang lebih besar, Sessiliflorae, tidak memiliki struktur seperti bulu.

Sebagai anggota filum Cnidaria, yaitu kelompok hewan air yang memiliki sel penyengat. Salah satu cnidaria adalah karang lunak. Nah, pena laut termasuk jenis karang lunak.

Pena laut hampir selalu diam di tempat. Namun, kalau tidak ada plankton untuk di makan di sekitarnya, ia dapat berpindah tempat.

Pena laut tubuhnya berwarna-warni. Ada yang oranye, kuning, dan putih. Saat terancam atau terganggu, tubuhnya menyala atau bioluminesensi. Tubuhnya langsing dan tingginya bisa sampai 2 meter.

Tubuh pena laut merupakan sebuah koloni polip. Polip itu adalah salah satu bentuk tubuh cnidaria. Awalnya, ada satu polip primer yang berkembang dan memiliki tentakel. Lama kelamaan, tentakelnya hilang. Lalu, bentuknya jadi seperti tangkai. Bagian bawahnya mirip umbi. Fungsinya seperti jangkar kapal, yaitu mencengkeram pasir agar tidak terombang-ambing arus laut. Pada polip primer, tumbuh polip-polip sekunder. Bentuknya seperti ranting berbulu. Ada dua jenis polip sekunder. Autozooid yang bertugas mencari makanan dan bereproduksi. Siphonozooid yang mengatur keluar masuknya air dari koloni.

Pena laut menjadi mangsa favorit bintang laut dan nudibranch atau siput air. Kalau selamat dari pemangsanya dan tidak kekurangan makanan, pena laut mampu hidup hingga 15 tahun.

URL versesofuniverse.blogspot.com Pena Laut Pena laut (sea pen) adalah salah satu spesies dari 300 spesies milik ordo Pennatulacea, hewan laut invertebrata kolonial kelas Anthozoa (fil...

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.