0
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Di amerika, hampir semua mahasiswa bayar kuliah dg hutang krn mahal. Total hutang seluruh mahasiswa amerika saat ini Rp 24 ribu triliun. Epik. Ini salah satu problem akut anak muda amriki. Saat sdh kerja sebagian gaji habis buat bayar utang.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Nah benie sanders, salah satu kandidat presiden dari partai demokrat, usulkan agar total hutang mahasiswa ribuan triliun itu dihapus. Dari mana dana talangannya? Sanders usul agar trader dan fund managers wall street dipajaki lbh tinggi, buat bayar hutang. Top.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Btw nasib mahasiswa amerika itu memang cukup sulit gara2 terjerat hutang biaya kuliah (student debt). Tapi itulah risikonya. Kalau gak ngutang maka nggak akan sanggup bayar kuliah. Konsep hutang mahasiswa ini kayaknya pernah mau diterapkan di tanah air.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Tapi bbrpa bank lokal bilang, hutang buat biaya kuliah risikonya tinggi. Banyak yg macet. Lbh tinggi risikonya drpda kasi pinjaman buat dana bisnis UKM.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Jeratan hutang mahasiswa amerika ini berikan dampak negatif turunnya minat sarjana amerika untk jadi entrepreneur setelah lulus kuliah. Knpa? Boro2 rintis usaha. Utang saya masih banyak woi. Mrka lbh milih jd karyawan dg gaji pasti buat bayar hutang.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Krn utangnya banyak, para sarjana fresh amerika ini jadi makin takut ambil risiko buat bikin bisnis sendiri. Sikap yg wajar. Akhirnya angka entrepreneur muda baru di amerika anjlok. Jebakan hutang bikin orang takut ambil risiko baru.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Btw, kasihan juga para fresh grads amerika ini. Saat wisuda mrka bingung dua hal : kapan saya bisa segera dapat pekerjaan? Dan kapan utang biaya kuliah saya bisa lunas? Saat wisuda, mrka justru makin galau menatap masa depan. Senyum wisudanya terasa pahit.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Beruntunglah kalian yg saat kuliah, orangtua mu sanggup bayarin. Nggak harus utang sana sini. Merupakan sebuah privilege besar jika kamu bisa kuliah. Artinya ortu anda mampu. Jangan sia2kan kesempatan itu. Jangan malah nambah angka penganguran sarjana.
KangMas Sani @sanikomputer_id
@Strategi_Bisnis di amerika lulusannya bisa diterima diperusahan formal min hingga Gajinya bisa dipantau nah kalau dimari lulusannya itu gak jelas kerjaannya Min bisa2 cuma kerja jadi ojol apa bisa Negara memantau pendapatannya.! :)
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Isu hutang mahasiswa amerika yg total Rp 24 ribu triliun ini merupakan hot topic di sana. Krisis yg amat berbahaya bagi masa depan para sarjanan baru di sana.
cretta c.a @crettaca
@Strategi_Bisnis Alhamdulillah saya lulus kuliah bisa dari kerja keras dan bea siswa. Cuman di support orang tua sampai semester 4. Habis lulus dpt kerja biaya adikku sekolah SMA sampe Lulus kuliah. Dinikmati saja dinamika kehidupan ini.. dan tetep semangat berkarya!
Arief Munandar @AriefMumu
@Strategi_Bisnis Kalau pemuda amerika ngutang buat bayar kuliah, nah kita pemuda Indonesia waktu kuliah ngutang nya di warung πŸ˜‚πŸ˜ƒ
hasbi hasbi @hasbyjoker
@AriefMumu @Strategi_Bisnis Hutang ini bisa lebih dari 24triliun kalau di kalkulasikan mahasiswa Indonesia dari sabang sampe merauke yang ngutang di warung buat beli rokok. Kalau dihapuskan dana apbd satu provinsi bisa hilang
Kristal Es @crystal_taem
@Strategi_Bisnis Di jepang juga sistemnya kayak gitu. Tp mereka gak nyebut sebagai utang, tp beasiswa. Kasian liat temen2 saya disana, pas lulus bukannya mikirin cita2 apa gmn, mereka malah ngebahas utang kapan lunas, gimana bayar utang. Belom lagi biaya hidup disana tinggi.
zin🌻 @zindyre
Siapa yang dulu napsu bgt mau kuliah disini? AqqqπŸ™ˆ pic.twitter.com/ANZuKFRgtO
 Expand pic
Login and hide ads.