Setelah Viral Akhirnya Dicabut, Beredar Surat Edaran Persyaratan Seragam di SDN Karangtengah III, Wonosari, Kab Gunung kidul yang Mewajibkan Siswa kelas 1 "Kenakan Seragam Muslim

Sekolah Dasar Negeri Karangtengah 3, Desa Karangtengah, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, mengeluarkan surat edaran saat penerimaan siswa didik baru tahun 2019/2020 terkait kewajiban mengenakan seragam Muslim untuk para siswa.
viralnow edaran seragan muslim SDN Karangtengah III
1

Foto selembar kertas surat yang dikeluarkan oleh SD Negeri Karangtengah III, Desa Karangtengah, Kecamatan Wonosari mendadak viral di media sosial. Pasalnya dalam surat tersebut berisi tentang adanya aturan para siswa baru untuk mengenakan busana muslim. Tak hanya viral di kalangan masyarakat Gunungkidul saja, surat tersebut bahkan menuai kontroversi secara nasional.

DeR @danrem
Ada yang bisa konfirmasi edaran ini? cc. @Kemdikbud_RI pic.twitter.com/WATShB3EFK
Expand pic
LUSI @LusiHQ
@danrem @Kemdikbud_RI Ini sama saja artinya dengan: 1. Memaksa siswa non mislim utk memakai baju muslim, atau 2. Sekolah ini ingin memberi tanda pada masyarakat bhw sekolah tidak menerima murid non muslim. ini di sekolah negeri dan Kemendikbud RI tidak akan berbuat apa2. twitter.com/danrem/status/…
SPENTA MAINYU @Frans_Priyo
@LusiHQ @danrem @Kemdikbud_RI Kejadian berulang, @Kemdikbud_RI tdk berfungsi sebagai regulator yg semestinya krn tdk bisa membedakan SDN & SDIT satuharapan.com/read-detail/re…
Rama Cintah @Tio7Willy
@Frans_Priyo @LusiHQ @danrem @Kemdikbud_RI Tp yg diwajibkan bgini mending lho, bs jelas protesnya kmana+gmana.. Justru kebanyakan ga pake surat edaran bgini, tp pemaksaan scra tidak lgsung dgn nyinyir+bully yg ga berjilbabtrus dikucilkan oleh skitarnya, trutama oleh guru, jd mau ga mau pake jilbab deh, ga bs protes pula!!
Tailgunner @YogaAdrianyoga6
@natalsetio @danrem @Kemdikbud_RI Akan lebih baik tdk ada anjuran mengenai identitas apapun mengingat ini adalah sekolah negara..bukan sekolah agama tertentu..
PA_121GL @Pa121_Gl
@danrem @Kemdikbud_RI Saya rasa kewajiban ini berlaku untuk yang Muslim saja, yang Non Muslim tetap menggunakan seragam sekolah seperti biasanya, hanya tampilannya berbedza, yang laki-laki celana dan baju panjang, yang wanita rok dan baju panjang, tapi tanpa kerudung 😑
Abimanyu @KangManyul
Sebagai institusi pendidikan negeri yg dibiayai anggaran negara dan siswanya majemuk, apakah aturan seragam ini diperbolehkan ? Mohon perhatiannya #DisdikporaGK #DisdikporaDIY @humas_jogja @PemkabGK @Harian_Jogja @JogjaUpdate pic.twitter.com/2Lg6VemKH9
Expand pic
Harian Jogja @Harian_Jogja
@KangManyul @humas_jogja @PemkabGK @JogjaUpdate Terima kasih informasinya. Sudah kami konformasi ke SDN Karangtengah III dan Disdikpora Gunungkidul.
Subaggiyo @Subaggiyo
@Kemdikbud_RI saya minta klarifikasi ,tentang info surat edaran persyaratan seragam di SDN Karangtengah III, Wonosari, Kab Gunung kidul yang *mewajibkan* siswa kelas 1 "mengenakan seragam muslim".

Kepala Disdikpora Gunungkidul Bahron Rosyid berusaha menjelaskan duduk perkara dari surat edaran tersebut. Kepada pidjar.com, Bahron memaparkan bahwa sebenarnya surat edaran tersebut merupakan hasil kesepakatan sekolah dengan pihak wali murid dalam rapat yang sebelumnya digelar. Para wali murid menilai bahwa sangat diperlukan untuk menumbuhkembangkan pengamalan Agama Islam sejak dini kepada putra dan putri mereka. Salah satunya adalah dengan menutup aurat dalam kehidupan sehari-hari.

“Selain itu juga untuk memudahkan para siswa saat akan mengerjakan shalat jamaah setiap hari,” terang Bahron, Senin (24/06/2019) malam.

Ia menambahkan, di SD N Karangtengah III sendiri pada tahun ajaran 2018/2019 memiliki 127 siswa dengan rincian siswa kelas I sebanyak 13 orang, siswa kelas II sebanyak 23 murid, siswa kelas III ada 20 orang. Kemudian siswa kelas IV sebanyak 23 murid, kelas V ada 28 dan kelas VI sebanyak 20 orang. Menurut Bahron, seluruh siswa sendiri beragama Islam. Lantaran sebelumnya para wali murid telah sepakat kemudian pihak sekolah membuat surat edaran yang mencantumkan bahwa para calon siswa kelas I dalam tahun ajaran 2019/2020 wajib mengenakan pakaian muslim. Sedangkan para siswa di kelas di atasnya bisa secara bertahap bisa mengenakan seragam tersebut.

“Sebenarnya para wali murid sudah sepakat dalam rapat yang sebelumnya digelar,” imbuh Bahron.

URL pidjar.com 68 Ini Klarifikasi Dinas Perihal Surat Edaran SD N Karangtengah III Yang Tuai Kontroversi - pidjar.com Wonosari,(pidjar.com)–Viralnya surat edaran yang dikeluarkan oleh SD Negeri Karangtengah III membuat repot jajaran Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Gunungkidul. Dalam surat edaran bertanda tangan Kepala Sekolah SD Negeri Karangtengah III, Pujiastuti
Konstan @natalsetio
@danrem @Kemdikbud_RI m.harianjogja.com/jogjapolitan/r… Sudah ditarik edarannya. Itu juga yg Muslim cuma dianjurkan, bukan diwajibkan. Tapi yg jadi catatan agar @Kemdikbud_RI melatih para Suku Dinas Pendidikan dan Kepsek di daerah untuk membuat surat edaran dgn redaksi yg baik.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga mengaku telah melakukan klarifikasi terhadap pihak sekolah. Dari hasil klarifikasi yang dilakukan, pihak sekolah mengakui adanya kesalahan redaksional pada surat tersebut.

“Menurut sekolahan ada kesalahan redaksi dan akan diperbaiki. Saya sudah konfirmasi kepada sekolah,” ujar Bahron, Senin (24/06/2019) malam tadi.

Ia menjelaskan, pihaknya langsung merekomendasikan untuk dilakukan revisi. Sehingga nantinya, kata diwajibkan diganti dengan kata dianjurkan yang berarti memiliki makna tidak ada kewajiban untuk mematuhi aturan yang ada pada surat tersebut.

“Direvisi menjadi dianjurkan, berarti tidak wajib berbusana muslim jika sekolah di SD tersebut,” ujar dia.

Menurut Bahron, akhirnya setelah mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak dan untuk memastikan jaminan hak kepada seluruh peserta didik, akhirnya diputuskan pada malam ini surat edaran tersebut dinyatakan dicabut. Pihak sekolah sendiri disebutkan Bahron telah menerbitkan surat edaran yang telah direvisi.

“Kata diwajibkan dirubah dengan kata dianjurkan yang khusus ditujukan kepada peserta didik yang beragama Islam,” urai Bahron.

URL pidjar.com 164 Sempat Viral, Surat Edaran SDN Karangtengah III Yang Wajibkan Siswanya Berbusana Muslim Akhirnya Dicabut - pidjar.com Wonosari,(pidjar.com)–Foto selembar kertas surat yang dikeluarkan oleh SD Negeri Karangtengah III, Desa Karangtengah, Kecamatan Wonosari mendadak viral di media sosial. Pasalnya dalam surat tersebut berisi tentang adanya aturan para siswa baru untuk menge
F Didik  @fdidik
@kompascom Sebetulnya ngak masalah sih dengan persyaratan harus seragam muslim hanya status Negri diubah menjadi SD Madrasah 😅
LiteSorcerer @AryaDwipangga03
@kompascom Minta ganti status aja, dari SD yg berada di bawah Pemda setempat jadi madrasah di bawah kemenag. Setelah itu silahkan, mau hanya mengajarkan agama anu aja juga silahkan.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.