6
dick head @teIevisi

akun kasar, owner gasuka maen lembut

https://t.co/8aasA3TBEu
mei muach @teIevisi
AYO BELAJAR BAHASA SUNDA DENGAN BENAR - A THREAD
mei muach @teIevisi
oke gaes, kali ini gua mau ngebahas tentang penggunaan dan penempatan bahasa sunda yang baik dan benar. wkwk thread ini gua buat karena banyaknya yg menggunakan bahasa sunda tetapi masih sering salah penempatan kalimat.
mei muach @teIevisi
gua sebagai orang sunda asli kek sedikit greget, tapi gapapa karena kita disini sama sama belajar. sebab gua aja yg emg asli org sunda aja masih memperdalam ilmu bahasa sunda. so, cmiiw. selamat membaca manteman ku seyeng
mei muach @teIevisi
1. Huruf Vokal di bahasa indonesia kita belajar 5 huruf vokal yakni 'a i u e o' sedangkan dibahasa sunda berbeda, bahasa sunda memiliki 7 huruf vokal yakni 'a i u e o é eu'. mungkin keliatan rumit, tapi engga ko ini mudah banget
mei muach @teIevisi
perbedaan huruf vokal hanya di kata e é dan eu, nih aku kasih tau ya pembacaan huruf dalam kata : e : ema (ibu) é : awéwé eu : meureun (barangkali) paham sampai sini?
mei muach @teIevisi
2. Tingkatan Bahasa di bahasa sunda ada 3 tingkatan - halus - biasa/loma - kasar sama juga seperti dibahasa indonesia fungsinya, cuma yang membedakan dibahasa sunda banyak sekali kosakata yang berbeda dalam setiap tingkatan. makanya, bangga akan kekayaan bahasa sunda, oke hehe
mei muach @teIevisi
3. Panggilan aa : sebutan adik kepada kakak laki2 teteh : sebutan adik kepada kakak perempuan néng : sebutan untuk anak kecil perempuan/yang lebih muda ujang : sebutan untuk anak kecil laki2/yang lebih muda ema : ibu abah : bapak
mei muach @teIevisi
uwa : laki laki/perempuan yang menjadi kakak dari orang tua. bibi : adik perempuan dari orang tua amang/mang : adik laki laki dari orang tua akang : kakak laki2/biasanya digunakan untuk panggilan istri kepada suaminya
mei muach @teIevisi
bahasa halus ; abdi : saya anjeun : kamu bahasa kasar ; aing : saya urang : saya manéh : kamu sia : kamu arurang : kita maranéh : kalian
mei muach @teIevisi
mau tau gimana kaya nya bahasa sunda? wkwk nih kita ambil 1 kata dulu ya, makan dalam bahasa sunda Dahar (umum) Neda (halus) Tuang (halus) Emam (halus) Lebok (kasar) Nyatu (kasar) Tetegek (kasar) Teureuy (kasar) Cacatrek (kasar) Madang (kasar) duh bangga gua wkwk
mei muach @teIevisi
lanjut ke kosa kata aja ya? bingung ak mw ketik apa lg soalny
mei muach @teIevisi
4. Kosakata - Ceunah kata ceunah akhir akhir ini banyak banget digunakan, tetapi masih banyak yang salah menempatkan kata ini sehingga gua greget dan buat thread ini hehe. arti 'ceunah' yang sesungguhnya adalah 'katanya'. awas jangan salah lagi ya hehe
mei muach @teIevisi
misal : 'si Shabrina keur di Bandung ceunah' artinya 'si Shabrina lagi di Bandung katanya' 'si Nadia jeung si Syahna bobogohan ceunah nya?' artinya 'si Nadia sama si Syahna pacaran katanya ya?' jelas tida?
mei muach @teIevisi
- Meureun meureun dalam bahasa indonesia adalah 'kayaknya' atau 'barangkali' misal : 👧 : eh kaca nu ditukang geus di cokot can? 👨 : geus 'meureun' ku si Naumi artinya 👧 : eh kaca yang dibelakang udah diambil belum? 👨 : udah 'kayaknya' sama si Naumi
mei muach @teIevisi
- Punten Mangga punten dalam bahasa indonesia adalah permisi, sedangkan mangga dalam bahasa indonesia adalah silahkan. biasanya digunakan ketika hendak bertamu/ya permisi lah sama org gmn ya ngerti ya ya ya
mei muach @teIevisi
- Hatur Nuhun : Terima Kasih - Aya aya waé : Ada - ada aja - Kumaha damang? : Bagaimana sehat? - Badé Kamana? : Mau Kemana? - Kumaha : Bagaimana - Iraha : kapan - Timana : Darimana - Kamana : Kemana - Naon : Apa - Kunaon : Kenapa - Nuju Naon? : Lagi Ngapain?
mei muach @teIevisi
kita tinggalin dulu ya kosakata soalnya banyak banget huhu, kalian bisa liat di kamus bahasa sunda oke?
mei muach @teIevisi
5. Kata Tambahan orang sunda ga jauh dari kata 'atuh, téh, dan mah'. kata ini gaada dalam bahasa indonesia sebab ini kayak kata tambahan otomatis gitu loh ciri khas orang sunda, paham ga? wkwk misal :
mei muach @teIevisi
" 'atuh' lah aing 'mah' embung ai kaditu 'mah', hawa na 'teh' tiris" artinya " 'atuh' lah saya 'mah' gak mau kalo kesana 'mah', hawanya 'teh' dingin" wkwk, di ke indoin juga tetep, jadi 3 kata itu adalah kata tambahan ciri khas orang sunda, pembentuk logat juga
mei muach @teIevisi
apa lagi ya bingung, gua takut sebenernya buat thread gini soalnya tentang kebahasaan. jadi kalo ada yang salah tolong koreksi yaa manteman, sebab kita disini sama2 belajar😔
mei muach @teIevisi
segitu dulu yaa, kalo ada yang mau ditanyain boleh rep dibawah aja yaaa. makasiii🙏
mei muach @teIevisi
banyak banget yang ngasih tau aku alhamdulillah makasih🙏, penulisan kata 'Ceunah' yang ada dalam kamus sunda sebenarnya adalah 'Cenah' karena cara pembacaannya juga seperti itu. so, mari kita kembangkan bahasa dengan fakta yang ada ehehehhehehe
mei muach @teIevisi
7. Angka 1 : hiji 2 : dua 3 : tilu 4 : opat 5 : lima 6 : genep 7 : tujuh 8 : dalapan 9 : salapan 10 : sapuluh 11 : sabelas 12 : dua belas dan seterusnya...
Load Remaining (23)

Comment

Login and hide ads.