0
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Kebijakan zonasi penerimaan murid SMA ini bagus. Menghapus kartel dan oligarki sekolah favorit. Studi2 saintifik menunjukkan sekolah favorit itu ilusi. Mrka jd favorit krn muridnya semua sdh pintar. Buka krn sekolahnya bagus. Kepalsuan tahunan yg layak dihancurkan.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Sekolah bagus itu yg bisa ubah murid dg nilai awal 5 jadi 9. Kalau sejak awal murid2nya sdh punya nilai 9 lalu lulus dg nilai 9, apa bagusnya? Sekolah SMA favorit itu benar2 mitos dan dagelan yg dipelihara bertahun2. Zonasi lenyapkan ilusi tsb.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Di setiap kota, biasanya selalu ada SMA Favorit, biasanya SMA 1, 3 atau 5 tergantung takdirnya. Konon kabarnya sekolah favorit itu lbh "unggul kualitasnya". Apakah mmg kualitas guru dan proses belajarnya mrka emang lbh unggul? Nggak juga.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Sekolah itu jadi favorit bukan krn kualitasnya lbh bagus TAPI krn tiap tahun selalu dapat murid2 yg dari sononya sdh pintar. Jd sekolah itu jd "unggulan" bukan krn mutu guru dan proses belajarnya yg bagus. Namun krn selalu dapat bibit unggul sejak awal.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Akhirnya "sekolah2 favorit" itu mampu ciptakan monopoli bibit unggul. SMA lainnya yg tdk kalah bagus, selalu hanya dapat "calon murid sisa" yg alakadarnya. Ini ciptakan iklim kompetisi yg tidak sehat dan tidak fair.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Sistem zonasi akan melenyapkan monopoli bibit unggul yg bertahun2 lama dinikmati sekolah favorit. Zonasi akan menciptakan "distribusi kecerdasan" secara lebih merata. Ini penting sbab kompetisi antar SMA akan menjadi lebih fair dan seimbang. Tidak akan timpang spt selama ini.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Saat bibit unggul bisa disebar secara merata, maka harapannnya kualitas SMA jg bisa lebih merata. Tidak lagi timpang. Kompetisi antar SMA akan lbh fair, berlangsung dg lebih seru dan ini pasti akan berdampak positif bagi keseluruhan players dlm sebuah sistem.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Btw dulu admin gagal masuk SMA favorit krn NEM SMP rendah, rata2 hanya 6. Akhirnya masuk SMA biasa2 saja yg kebetulan ada di pinggir gunung dan amat jauh dari kota. Tapi pd akhirnya, pilihan SMAmu mungkn bukan penentu apakah anda akan sukses atau tidak.
#ISMIBUDI @budiras
@Strategi_Bisnis Zonasi menerbikan bisnis baru : pembuatan kartu kk baru diradius terdekat sekolah favorit. Oligarki ilang? Omong kosong.
Didi Riyadi @DidiRiy89377708
@budiras @Strategi_Bisnis Dalam setiap kebijakan baru trkdang ada lahan bisnis baru bukan omong kosong tp dimanapun pola nya seperti itu. Yg penting keseriusan pemerintah dlm menyeleksi siswa yg sesuai dgn zonasi nya secara akurat dgn membabat kecurangan yg lahir dr kebijakan baru. Jgn jd pesimis
Bayu @bayu_adhiwibowo
@Strategi_Bisnis @leski08 Untuk admin, guru2 yang ngajar di sekolah fav pasti akan mempersiapkan siswa2 tersebut lebih baik lagi, gak cm sebatas materi buku, akan mengembangkan kemampuan siswa tersebut, jadi jangan ngasal, guru itu ngajar sesuai kemampuan apa yang dimiliki anaknya.
Mute @mutttttis
@Strategi_Bisnis Kenapa sekolah favorit isinya anak-anak pintar semua? Karena setelah lulus anak-anak pintar itu pengen ngincer univ bagus yang peluang diterima lewat jalur undangannya besar. Kalo gitu hapusnya aja jalur undangan sekalian. Biar fair kalo zonasi tetep mau diadain
Ranger Hitam @jekseparoo
@Strategi_Bisnis Setuju, terapkan zonasi, biar siswa tdk kejauhan juga kalo ke sekolah, yg naik ojol juga lebih irit biaya nya, keselamatan siswa dijalan jg lebih terjamin krn skolah lebih dekat dgn rumah, dan berharap krn merata bisa semua sekolah menjadi FAVORIT, bukan sekolah itu2 aja..
day @miauyaw
@educationfess Kl buat zonasi masuk smp aku netral but kl buat sma..... emm intinya begini lah pic.twitter.com/nSRjpdpcqB
Expand pic
Dendy Raditya Atmosuwito @DendyRadityaA
ZONASI SEKOLAH -Sebuah Utas- Sistem zonasi bagi saya bisa menjadi usaha memperjuangkan keadilan, sebuah usaha memeratakan kualitas pendidikan. pic.twitter.com/DHdpT4JMKy
Expand pic
Dendy Raditya Atmosuwito @DendyRadityaA
Tentu banyak yang harus dilengkapi agar pendidikan kita kualitasnya benar-benar merata seperti kualitas guru serta sarana-prasarana yang harus sama baiknya di setiap sekolah.
Dendy Raditya Atmosuwito @DendyRadityaA
Tapi kita juga harus ingat bahwa zonasi bukan panacea yang bisa menyelesaikan semua masalah dunia pendidikan Indonesia.
Dendy Raditya Atmosuwito @DendyRadityaA
Banyak stigma sosiologis dalam dunia pendidikan kita seperti sekolah favorit vs tidak favorit, sekolah umum vs sekolah keagamaan, sekolah umum vs sekolah kejuruan, IPA vs IPS/Bahasa, negeri vs swasta, dan rangking-rangkingan yang tidak serta merta bisa terhapus oleh zonasi.
Dendy Raditya Atmosuwito @DendyRadityaA
Pengajaran yang hanya menjadikan peserta didik bisa menjawab soal ujian tapi tidak bisa mengajukan pertanyaan juga tak akan hilang dengan zonasi.
Dendy Raditya Atmosuwito @DendyRadityaA
Begitu juga dengan permasalahan adanya jalur penerimaan mahasiswa baru yang terkadang masih menitikberatkan pada favorit atau tidaknya sekolah asal calon mahasiswa.
Dendy Raditya Atmosuwito @DendyRadityaA
Masalah psikologis seperti bullying atau merasa salah sekolah/jurusan juga masalah yang terjadi karena politik praktis seperti guru yang seenaknya dipindah/dimatikan kariernya karena dalam Pilkada tidak mendukung Kepala Daerah yang menang juga tak bisa diselesaikan dengan zonasi.
Dendy Raditya Atmosuwito @DendyRadityaA
Tapi, dengan segala kekurangannya tersebut, zonasi tetap langkah awal menjadikan sekolah-sekolah menjadi seperti di postingan FB Ibu tadi.
Dendy Raditya Atmosuwito @DendyRadityaA
Sekolah-sekolah yang menjadikan mereka yang belum bisa menjadi bisa, belum paham menjadi paham, dari yang belum berprestasi menjadi berprestasi. Bukan sekolah yang hanya menerima peserta didik yang sudah bisa, paham, dan berprestasi saja.
Dendy Raditya Atmosuwito @DendyRadityaA
Sekarang, menurut saya, yang bisa dan harus dilakukan adalah menyempurnakan sistem zonasi dan mencari solusi untuk masalah-masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh sistem zonasi.
drowningd @dhafinkanaf
IMHO, GUE 'SEDIKIT' SETUJU DENGAN ZONASI PPDB 2019 (A THREAD) *this thread only for open-minded people, but critics are allowed with appropriate words. thank you!
Load Remaining (16)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.