0

Galaxy M adalah ponsel terbaru buatan Samsung yang berusaha memahami pasar. Pasar ponsel global kini lebih sensitif dengan harga.

Samsung Galaxy M datang dengan tiga varian berbeda, salah satunya adalah M30. Perangkat paling gres yang satu ini hadir menyasar konsumen di kelas menengah bawah utamanya kalangan milenial muda yang dinamis. Ditawarkan cukup terjangkau, harga Samsung Galaxy M30 hanya dibanderol Rp.3 juta saat peluncuran di bulan Maret kemarin.

Galaxy M30 terasa sangat premium dilihat dari tampilan luarnya. Yang sangat mencolok adalah desain tetesan air di bagian atas layar sebagai pengganti notch yang dihindari Samsung. Ponsel ini memiliki ketebalan 8.5mm yang masih dianggap tipis meskipun membawa baterai besar (5000 mAh) dan plastik kesing yang tebal. Sangat pas di tangan dan tidak terasa berat ketika menggenggamnya.

Samsung Galaxy M30 memiliki fitur layar Super AMOLED dengan resolusi 2280 x 1080 piksel dan kepadatan 394 ppi. Layar tidak hanya punchy dan penuh warna namun juga sangat cerah dan mudah dilihat di dalam maupun di bawah terik matahari.

Sudut pandangnya sangat bagus dan produsen telah berhasil mengatur default warna secara akurat. Layar juga memiliki fitur Always On yang seperti namanya akan membuat layar terus menyala setiap saat untuk menampilkan jam bahkan ketika perangkat terkunci.

Beralih ke fitur kamera, Samsung Galaxy M30 memiliki tiga kamera di bagian belakang. Kamera utama 13 MP dan dua sensor 5 MP dimana satunya untuk mendeteksi kedalaman. sedangkan satunya adalah sensor UltraWide. Kamera utama sangat bagus untuk penggunaan sehari-hari. Pengguna akan mendapatkan warna yang akurat dan kinerja cahaya rendah yang bagus. Fitur Live Focus untuk menghasilkan efek bokeh pun akan sangat berguna.

Galaxy M30 berjalan dengan jeroan utama Exynos 7904 yang merupakan chip 14 nm dengan CPU inti Octa dan GPU Mali-G71 MP2. Pembagian core tersebut akan memungkinkan manajemen baterai yang lebih baik, dengan dua core kinerja 1,8 GHz dan 6 core harian 1,6 GHz. Meskipun Samsung tidak menggunakan chip Snapdragon, namun chipset Exynos bekerja dengan baik dan secara konsisten memberikan kinerja tahan lama pada perangkat ini. Sebagaimana Apple, Samsung pun mengoptimalkan perangkat keras dan perangkat lunak dengan sangat baik.

Spesifikasi pendukung lain dari Galaxy M30 adalah RAM yang tersedia dalam varian 4 GB dan 6 GB.Jika Anda adalah seorang gamer sejati, versi 6GB akan memungkinkan game yang lebih simultan dan pengalaman bermain yang lebih lancar. Penggunaan sehari-hari dari ponsel ini sangat mengesankan termasuk untuk multitasking. Sayangnya Samsung hanya memasangkan sistem operasi Android Oreo yang lebih lama dan bukannya Android Pie.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.