1
a l m i r a y k @kesandunk
Bangkit dari mental illness. Coba bikin thread dari pengalaman pribadiku, semoga bermanfaat. Aamiin🙏😊 Me now. Me before: pic.twitter.com/b83CGr4G2S
Expand pic
Expand pic
a l m i r a y k @kesandunk
Halo temen2. Disini aku pengen berbagi pengalamanku pada bulan Maret 2018 lalu, (thanks to @arnkrtk_ yang udah ngoreksi, aku ngiranya Mei, wkwk) dimana aku didiagnosa awal menderita scizophrenia, dan pada akhirnya diagnosa utama adalah bipolar episode manik dengan psikotik. pic.twitter.com/W21bcic2G2
Expand pic
Expand pic
a l m i r a y k @kesandunk
Harapannya dgn aku bikin thread ini, tmn2 semakin peka dgn gejala-gejala gangguan jiwa, sehingga bisa bantu teman/keluarga yang butuh pertolongan. Tapi jangan pernah self-diagnosed ya, bahaya. Kalau memang merasa memiliki gejala yang sama dengan aku, segera ke psikiater. :)
a l m i r a y k @kesandunk
Jadiii, aku bakal bikin rumusan masalah biar runtut aja ini ceritanya(?) Hahah karena jujur panjang bgt. Jadi: 1. Penyebab 2. Gejala Awal 3. Langkah penanganan 4. Proses sembuh
a l m i r a y k @kesandunk
1. PENYEBAB Aku pada saat itu berstatus sebagai mahasiswi semester 4 disalah satu universitas di Surabaya. Jurusanku (yang tidak ingin aku sebutkan agar tidak menimbulkan salah paham) adalah salah satu jurusan yang tugasnya masyaAllah dan naudzubillah.
a l m i r a y k @kesandunk
Selain harus menguasai teori, aku juga diharuskan untuk menguasai praktik. Karena nantinya jurusanku ini akan menjadi tenaga pendidik, sehingga harus benar2 mahir dalam segala hal yang berkaitan dengan jurusan ini.
a l m i r a y k @kesandunk
Aku adalah salah satu mahasiswi yang "0 putul" ketika masuk jurusan ini. Bener2 sma ips, benci itung2an, tapi di kuliah ketemu kimia, dan berkutat dengan rumus2 disetiap pengerjaan tugasnya. Padahal, waktu tes sbmptn jurusan ini masuk disoshum, bukan saintek.
a l m i r a y k @kesandunk
Ngoyo dengan tugas, sering bgt kalau udah dikejar deadline tagline kami tuh "tugas nomor 1, kesehatan nomor 2" jadi bener2 tidur jam 4 pagi, atau bahkan ga tidur. Terus berkali2 nangis karena tugas ga selesai sesuai target atau pusing salah terus ngerjainnya.
a l m i r a y k @kesandunk
Tapi karena aku ini hanyalah mahasiswi biasa yang masih ingin bersosial, maka masuklah aku di organisasi dan ukm kampus di semester 3 perkuliahanku. Aku juga ikut beberapa kepanitiaan, trus iseng belajar main musik juga, hobi ngopi juga...
a l m i r a y k @kesandunk
Nah dampak dari banyaknya kegianku itu aku sakit demam berdarah. Aku balik ke Malang rawat inap dan meninggalkan seambrek tugas yg deadlinenya sebentar lagi, stressful banget pokoknya. Aku dibolehin pulang, bsk lusanya lgsng balik Surabaya lagi karena mikir tugas
a l m i r a y k @kesandunk
Sampe Sby hari Minggu siang, langsung ngerjain tugas ngelembur. Tugas yang harusnya dikerjain seminggu aku kerjain 1 malam saja amazing kan :) iya tapi ga tidur hahaha. Nah disela-sela kepusingan ini, aku masih sempet punya pacar guys. Dan disinilah awal mula gejala muncul..
a l m i r a y k @kesandunk
Aku & pacarku putus. Dengan alasan yang nggak bisa aku jelaskan disini. :) Mungkin kalian yang baca bakal mikir "Apaan si perkara cowok doang" "bucin bgt" atau apapun itu berhenti mikir kaya gitu mulai sekarang yah. Karena kapasitas seseorang dalam menerima tekanan itu berbeda2.
a l m i r a y k @kesandunk
Aku bener2 ngerasain patah hati yang sampe bikin trauma. Aku waktu itu curhat ke beberapa sahabatku sampe kita semua nangis bareng2. Tapi kita semua bahkan aku, nggak tau kalau dampaknya bakal seburuk ini.
a l m i r a y k @kesandunk
Aku nggak bisa dan nggak berani buat tidur. Aku ketakutan. Rasanya, aku kayak dikejar-kejar sama sesuatu tapi nggak tau apaan. Aku juga nggak ngerasa laper. Bener2 aku dari pagi blm makan, dan waktu malemnya aku cuma makan 3 sendok.
a l m i r a y k @kesandunk
Pernah seharian tiba2 aku dateng ke kelas nangis, nggak tau kenapa, terus tiba2 nggak lama kemudian aku ketawa, bener2 ketawa sama hal2 yang nggak perlu diketawain.
a l m i r a y k @kesandunk
Karena tubuhku yang sebenernya makin lemah tapi nggak sadar dan nggak bisa buat istirahat, mulai muncul halusinasi hingga delusi. Waktu aku jalan pulang ke kosan, aku bener2 denger banget jelas pake banget ada suara cowok yang manggil namaku, tapi waktu aku noleh gaada siapa2.
a l m i r a y k @kesandunk
Trs tiap tatap mata sm orang, aku slalu ngrasa aku bisa baca pikirannya. Itu rasanya aneh banget. Jadi ini orang diem kan, tp telingaku penuh sama suara dia. Dan disitu aku langsung lari ke kosan karena aku bener2 langsung gemeteran dan takut banget. Btw aku sendirian wktu itu.
a l m i r a y k @kesandunk
Nah waktu itu aku cerita ke semua tmn2ku di kosan, dan dengan cara bicaraku yang cukup ngelantur (iya itu salah satu gejala gangguan jiwa) dan tmn2ku banyak yang gangerti aku nih ngmg apa. Jd banyak dari temen2 yg anggep aku aneh pada awalnya.
a l m i r a y k @kesandunk
Nah semenjak kejadian itu, halusinasiku makin parah. Aku ngobrol sama aku sendiri di cermin, aku ngobrol sama laptop, aku udah nggak sadar waktu, dan melupakan hal2 penting. Aku sering lupa rakaat shalat, aku lupa jam kuliah, aku lupa cuci baju, semua, pokoknya berantakan banget
a l m i r a y k @kesandunk
Terus, disini temen2ku udah mulai ngerasa aku berbeda, dan akhirnya mereka liat di google dan apa yang aku alami ini termasuk gejala depresi. Akhirnya temen2ku ngajakin aku ke kampus, ak ke kampus pake kaos dan celana piyama. Serius. Bener2 ga sadar.😭
a l m i r a y k @kesandunk
Dan ternyata temen2ku ini ngajakin aku ke dosen BK, dan kita curhat bareng2. (Aku baru diceritain tmnku ketika sembuh, karena aku ga sadar kalo diajak ke dosen BK) dlm keadaan berhalusinasi, aku cerita, dan aku yakin ga ada yang paham aku ngmg apa.
a l m i r a y k @kesandunk
Nah ditengah sesi curhat singkat itu, tmn2ku ngajak ke kelas karena emg saatnya kelas. Dan disitu aku bener2 kaya org bingung. Saking bingungnya, ditengah kelas aku izin keluar, aku lari2 karena dipikiranku tu kayak ada yg ngejar aku. Akhirnya aku lari ke gedung sebelah
a l m i r a y k @kesandunk
dan masuk ke kelas orang, yang bener2 aku gatau kenapa aku kayak harus buka pintu kelas itu. Dan akhirnya karena udh bener2 fisikku gakuat, aku pingsan di kelas itu.
a l m i r a y k @kesandunk
Sorry ini tadi udah masuk bagian 2. GEJALA AWAL yah, wkwkkk lupa ngasi tanda
a l m i r a y k @kesandunk
Bentar yah gaes lanjut besok, q bsk uas dan ini blm tidur wkwkwkk
Load Remaining (33)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.