7
An @aanadiansyah
Ayo Belajar Berinvestasi Saham. -A Thread- Disini akan membahas tips memilih saham perusahaan yang baik untuk berinvestasi.
An @aanadiansyah
Kalau ada kata2 saya yg keliru atau istilah yg kurang tepat, mohon dibetulkan yaa, kita belajar berinvestasi saham bareng2 😉
An @aanadiansyah
Buat yang belum tau apa itu saham, saham adalah surat kepemilikan dari suatu perusahaan, dengan memiliki saham artinya kita juga ikut memiliki perusahaan tersebut.
An @aanadiansyah
Dengan memiliki saham perusahaan kita memiliki hak untuk mendapatkan dividen (laba perusahaan) dan mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
An @aanadiansyah
Oiya sebelum nya, kita harus tau dulu kenapa perusahaan menjual saham nya di pasar modal? Tujuan nya agar perusahaan mendapatkan modal tanpa harus meminjam dana, misalnya meminjam dana melalui bank.
An @aanadiansyah
2 potensi keuntungan yg bisa didapat dalam berinvestasi saham: 1. Dividen, seperti yg sebelumnya sudah disebutkan, sebagai pemegang saham kita berhak mendapatkan bagian dari laba bersih perusahaan. 2. Capital Gain: yaitu kenaikan harga saham yang kita miliki.
An @aanadiansyah
Untuk memulai berinvestasi saham kita harus memiliki rekening efek terlebih dahulu, ini bisa kita dapatkan di perusahaan sekuritas, di Indonesia ada banyak sekali perusahaan sekuritas seperti indopremier, bca sekuritas, bni sekuritas, philip sekuritas dan masih banyak lagi.
An @aanadiansyah
Dalam berinvestasi saham sering disebutkan ada 2 pendekatan yg bisa di gunakan, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal, namun disini saya tidak membahas analisis teknikal sama sekali karena menurut saya analisis teknikal ini bukan berinvestasi melainkan berspekulasi.
An @aanadiansyah
Apa itu analisis fundamental? analisis fundamental adalah menganalisis saham perusahaan berdasarkan kinerja dari perusahaan tersebut, contoh nya seperti Aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, laba/rugi, arus kas, kualitas manajemen dll.
An @aanadiansyah
Ada 4 poin utama yg saya gunakan dalam berinvestasi saham menggunakan analisis fundamental, yaitu: pic.twitter.com/kkdLcPQMIa
Expand pic
An @aanadiansyah
Selanjutnya kita bahas cara membaca bagian2 yg sangat penting pada laporan keuangan untuk menentukan apakah saham perusahaan tersebut layak untuk di investasikan atau tidak.
An @aanadiansyah
Berikut ini contoh laporan keuangan AUTO (Astra Otoparts) tahun 2018. Dalam membaca laporan keuangan untuk menganalisis saham perusahaan, ada beberapa bagian yang harus kita perhatikan. pic.twitter.com/NBVNVS3mLw
Expand pic
Expand pic
Expand pic
An @aanadiansyah
Pada bagian ekuitas, yg harus kita perhatikan adalah ekuitas yg dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk (ditandai warna hijau) karena inilah hak kita sebagai pemegang saham perusahaan.
An @aanadiansyah
Pada bagian laba, yang harus kita perhatikan juga adalah pada bagian "laba/rugi yang diatribusikan kepada: pemilik entitas induk" (ditandai warna hijau).
An @aanadiansyah
Dari data laporan keuangan AUTO tahun 2018 tersebut kita bisa mendapatkan beberapa rasio seperti ROE, NPM, DER, PER dan PBV. Berikut penjelasan nya: pic.twitter.com/k8jgPH9Z5f
Expand pic
Expand pic
An @aanadiansyah
Setelah kita mendapatkan rasio2 tersebut, kita dapat membandingkan perusahaan tersebut dgn perusahaan yang lain dengan industri yg sama, kita bandingkan mana yang memiliki kinerja paling baik, konsisten dan di hargai dengan harga yg wajar.
An @aanadiansyah
Selain itu semua, masih banyak lg rasio2 yg dapat memperkuat keputusan kita untuk menentukan saham perusahaan mana yang memiliki kinerja paling baik dan di hargai dengan harga yang wajar, namun 5 rasio tadi yg wajib kita ketahui.
An @aanadiansyah
Agar lebih termotivasi untuk berinvestasi saham, selanjutnya kita bahas siapa saja investor-investor yang berhasil menerapkan investasi dengan menggunakan analisis fundamental.
An @aanadiansyah
1. Warren Buffet Dia adalah investor tersukses di dunia, yang juga menerapkan investasi dengan pendekatan analisis fundamental. Investor yg sering disebut "Oracle of Omaha" ini adalah pemilik Berkshire Hathaway. pic.twitter.com/DRYGhUqe1V
Expand pic
An @aanadiansyah
Dia juga pernah menempati posisi orang terkaya di dunia pada thn 2008 versi majalah Forbes dgn kekayaan pada saat itu sebesar US$62 Milyar dan sampai saat ini masih selalu menempati posisi 10 besar orang terkaya di dunia, yg tentu nya ia peroleh dengan berinvestasi saham.
An @aanadiansyah
2. Bill Gates. Bukan hanya sebagai pemilik Microsoft, dia juga seorang investor yg memiliki perusahaan “Cascade Investment”. Semenjak perkenalan nya dengan Warren Buffet, dia mulai tertarik dengan berinvestasi saham dan tentu nya juga menggunakan pendekatan analisis fundamental. pic.twitter.com/UYMjpG0qyY
Expand pic
An @aanadiansyah
3. Lho Kheng Hong. Di Indonesia pun ada investor saham yg sangat berhasil yaitu Lho Kheng Hong, pria yg sering di sebut sebagai Warren Buffett nya Indonesia ini merupakan salah satu investor saham tersukses di Indonesia dan juga menggunakan analisis fundamental. pic.twitter.com/gCMaTJP4xp
Expand pic
An @aanadiansyah
Masih banyak lagi investor sukses di dunia yg menerapkan analisis fundamental sebagai cara nya berinvestasi saham seperti John Neff, Peter Lynch, John Templeton, Philip Fisher dan yang lain nya yg tdk mungkin di jelaskan satu2.
An @aanadiansyah
Selanjutnya membahas beberapa buku yg harus kita baca sebelum memulai berinvestasi saham.
An @aanadiansyah
1. The Intelligent Investor. Buku ini merupakan buku yg direkomendasikan Warren Buffett untuk dibaca oleh setiap investor, buku ini dibuat oleh Benjamin Graham yg merupakan guru dari Warren Buffet. Dia juga merupakan salah satu investor saham sukses di dunia. pic.twitter.com/MSfWQZ5Uqk
Expand pic
Load Remaining (26)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.