4
(yud) @yudhaknight
Tips Punya Rumah Sendiri Sebelum Menikah... Based on pengalaman pribadi beli rumah di usia 24. A Thread—-
(yud) @yudhaknight
Berdasar survey, pertanyaan pas lebaran paling banyak adalah “gmn bisa beli rumah padahal anak baru kemarin sore?” Baru kerja dan punya rumah? Tidak mustahil kok. pic.twitter.com/cztSvsLHrg
 Expand pic
(yud) @yudhaknight
Setelah lulus kuliah. Usahakan bekerja yg punya jenjang karir. Minimal seperti: training ~> karyawan kontrak ~> karyawan tetap. Saat training gaji kecil ga masalah. Asal kalian pastikan saat karyawan tetap gaji di atas UMK. Atau 3juta ke atas.
(yud) @yudhaknight
Saat pertama kerja 2014, gaji training cuma 850rb. Iya, wolungatus seket. Buat sarjana lulusan 3,5tahun dari UB tentu gaji se-sedikit itu sangat berat. Apalagi kerja lapangan 🤣🤣🤣 Tp saya cari info, ternyata gaji karyawan tetapnya bisa 3-6juta/bln.
(yud) @yudhaknight
Singkat cerita. Setahun bekerja saya jadi karyawan kontrak bergaji 2jt. Setahun berikutnya, diangkat jadi karyawan tetap. Gaji pertama karyawan tetap saat itu 3jt.
(yud) @yudhaknight
FYI. Pemerintah saat ini punya program sejuta rumah murah. Perumahan ini disubsidi, baik dari uang muka maupun cicilan per bulan. Saat gencar rumah murah ini pada 2016, ga banyak yang tahu. Saya mencoba cari tahu tntg ini...
(yud) @yudhaknight
Setiap kota pasti ada perumahan subsidi/FLPP. Ukurannya mulai tipe 21, 33, dan 36. Rumah subsidi gak selalu di pelosok. Ada yg dekat kota. Tergantung kalian pintar memilih. Dan jangan kesusu.
(yud) @yudhaknight
Dari hasil penyelidikan enam lokasi rumah subsidi akhirnya nemu satu yg sreg. Tipe 33, luas lahan 66. Jarak dari kompleks perumahan ke pusat kota cuma 3km, ke kantor 5 km. Cukup terjangkau.
(yud) @yudhaknight
Hal yg perlu diperhatikan dari rumah subsidi: 1. Lokasi ke pusat keramaian 2. Luas rumah dan luas lahan 3. Kualitas bangunan (ajak yg berpengalaman) 4. Lingkungan 5. Prospek masa depan
(yud) @yudhaknight
Waspada jebakan betmen. Pemasaran rumah subsidi selalu menggemborkan DP murah ~> HANYA UANG MUKA 8JUTA, DAPAT RUMAH!!! Bullshit bray. Jangan mudah tertipu rayuan saiton 🤣🤣🤣
(yud) @yudhaknight
Dp murah 8juta atau sejenisnya itu hanya untuk pengembang. Ingat, untuk pengembang. Kalian masih harus bayar notaris, pajak, admin bank, dll. Jumlahnya kisaran 20-30juta. Biasanya jebakan terparah, listrik dan pdam disuruh bayar sendiri. Nah, makanya harus kalian pastikan dulu.
(yud) @yudhaknight
Ya, karena disubsidi sama APBN. Syarat beli rumah FLPP ini lebih ribet daripada beli rumah regular. Tp keribetan setara hasil. Contoh beli rumah tipe 33/60 (all in): Regular: dp kisaran 40-70juta. Cicilan 1,5-2,5jt Subsidi: dp 20-35jt. Cicilan 850rb-1,2jt Tenor sama 15th.
(yud) @yudhaknight
Dg cicilan 1jt per bulan untuk rumah subsidi, masih sangat terjangkau untuk kalian yg bergaji 3juta-an. Daripada kos. Kos rumah tangga di Tuban standartnya 800-1jt. Dripada duit dikasih ke org lain mending buat invest di bank (cicilan), beli rumah sendiri.
(yud) @yudhaknight
Syarat rumah subsidi: -Wajib dihuni (dilarang disewakan atau dikosongkan) -Renovasi yg sifatnya mengubah bangunan asli baru boleh dilakukan setelah lima tahun ditempati. Syaratnya dua itu aja yg penting. Ketahuan melanggar subsidi bisa dicabut kapan saja.
(yud) @yudhaknight
Dengan memanfaatkan program pemerintah, rumah murah kalian bisa punya rumah di usia berapapun. Gak perlu nunggu warisan. Gak perlu jual ginjal atau kornea mata. Beli rumah sebelum nikah. Cicilan 15 tahun. Pas rumah lunas saat anak pertama mau masuk SMA.
(yud) @yudhaknight
Dp yang dimulai 20jt-an dan cicilan 800rb-an ini berlaku untuk semua kota. Jadi, mau kalian tinggal di Surabaya, Malang, Mojokerto, dan kota besar lainnya. Uang muka dan cicilan sama. Hanya yg membedakan: di kota besar rumah subsidi letaknya agak di pinggiran kota.
(yud) @yudhaknight
Kalau mau lebih woles. Kalian bisa pilih cicilan 20th atau 25th. Cicilan hanya 600-750rb an. Ini untuk rumah lhoya. Bahkan cicilan rumah sama paket data kalian per bulan, masih murah ini.
(yud) @yudhaknight
Bayangkan 20-25 tahun lagi, duit senilai 700rb itu mgkin setara dg uang saku anak SD di masa depan. Jadi, punya rumah saat muda bukan hal mustahil. Kita nongkrong per bulan bisa menghabiskan jutaan. Ini sejuta gak nyampek. Punya rumah pribadi.
(yud) @yudhaknight
Memang desain rumah subsidi itu standar. Tp sambil nunggu cicilan, kalian bisa nabung selama lima tahun. Lalu rumah bisa direnov sesuka kalian. Makanya, terpenting cari rumah subsidi yg lahannya luas. Paling tidak 60m2 ke atas.
(yud) @yudhaknight
Selama syarat lengkap dan kalian ga pernah bermasalah dg bank, satu bulan cukup untuk mengurusi admin kepemilikan rumah. Udah. Tinggal nikah. Gak nyusahin orangtua/mertua. Pernikahan kalian insya Allah akan lebih bahagia tanpa campur tangan orglain 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
(yud) @yudhaknight
Berhubung lumayan rame. Silakan bertanya. Feel free to ask gaesZzz...
(yud) @yudhaknight
Tambahan testimony: Ternyata ada yg DPnya murah segini sudah all in, di Bogor lhooo.... twitter.com/xsamidx/status…
(yud) @yudhaknight
Testimony kedua: Lokasi Surabayaaa. Iya, walikotanya bu Risma yg famous itu lhoo... twitter.com/capt_riebhi/st…
Load Remaining (8)
Login and hide ads.