0
Inilah 10 Cara Mencegah Jerawat Baru Muncul Saat Bangun Tidur

10 Cara Mencegah Jerawat Baru Muncul Saat Bangun Tidur - Seringkali ada jerawat baru ada setelah tidur semalaman. Walau sebenarnya bisa jadi sebelum tidur kulitmu berasa telah bersih serta sehat tanpa ada jerawat. Jerawat baru ada dapat dikarenakan oleh beberapa unsur.

Dari mulai kebersihan, skincare tidak pas serta hormonal. Nah, untuk mecegah ada jerawat tampil di pagi hari, baca 10 langkah menahan jerawat baru ada waktu bangun tidur di bawah ini.

Cara mencegah jerawat baru muncul saat bangun tidur

1. Selalu gunakan You Need Me Acne Gel setiap malam sebelum tidur

Acne Care Gel mengurangi kelebihan minyak pada wajah saat malam hari. Sehingga pada pagi hari jerawat akan mengelupas dengan sendirinya.

Konsultasi dan Pemesanan : 08995000171 (WA/Call)
Acne Care Gel mengurangi kelebihan minyak pada wajah saat malam hari. Sehingga pada pagi hari jerawat akan mengelupas dengan sendirinya.

Manfaat acne care gel :

-Mengeringkan jerawat dengan cepat
-Mempercepat sikluk matang jerawat
-Mampu menghilangkan bekas jerawat batu
-Mengempeskan jerawat batu
-Mengurangi timbulnya jerawat

2. Pastikan tidur dalam keadaan kulit wajah bersih

Hal yang sangat penting kamu lakukan sebelum tidur adalah membersihkan wajah. Kamu wajib menghapus makeup, kotoran dan sisa minyak bekas aktivitas seharian sebelum tidur. Pasalnya, tidur dalam keadaan muka kotor menjadi penyebab terbesar jerawat baru muncul di pagi hari.

Kemungkinan besar kotoran, sisa makeup dan minyak akan menyumbat porimu. Inilah yang menjadi santapan bakteri-bakteri P. Acne untuk menumbuhkan jerawat baru di pagi hari.

Konsultasi dan Pemesanan : 08995000171 (WA/Call)

Disarankan juga untuk tidak mencuci wajah dengan air terlalu dingin atau air panas. Gunakanlah air hangat kuku, tidak panas, dan sabun pembersih wajah yang ringan. Ini guna menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit dari kekeringan selama tidur.

Hindari juga menggosok kulit dengan kain lap, spons kasar atau handuk berbulu kasar. Selalu bilas dengan perlahan, lalu keringkan wajah dengan handuk bersih atau tisu wajah dengan cara ditepuk, bukan digosok.

3. Tidurlah dengan kondisi tangan bersih

Saat tidur, kamu sering tidak sadar mengusap wajah, menggaruk atau sekadar menempelkan tangan ke wajah, khususnya bagian pipi. Oleh karena itu, pastikan tanganmu sudah bersih sebelum terlelap. Hindari memegang benda seperti handphone atau buku sebelum kamu benar-benar memejamkan mata. Ini juga merupakan pencegahan adanya bakteri yang menempel pada wajah selama tidur.

4. Jangan malas keramas, karena kotoran dari rambut bisa menempel di wajah

Menjaga kebersihan rambut itu penting, apalagi bagi perempuan yang tidak berjilbab. Pasalnya, rambut terpapar debu, polusi, dan sinar matahari setiap hari. Belum lagi jika kulit kepala berminyak, kemungkinan rambut lepek dan kotor jadi lebih besar.

Konsultasi dan Pemesanan : 08995000171 (WA/Call)

Jangan sampai rambutmu yang kotor ini diurai bebas dan menempel di wajah selama tidur. Minimal kamu harus rutin keramas dua hari sekali atau pastikan rambut tidak menjadi alas tidurmu. Siasati dengan ikat longgar rambut kemudian posisikan menjauhi wajah dan leher atau kamu juga bisa menggunakan bando untuk menjaga agar rambut tidak mengenai wajah.

5. Gunakan skincare yang tepat setiap malam sebelum tidur

Reaksi kulit di malam hari akan berbeda-beda. Bagi kulit berminyak, produksi minyak selama tidur akan bertambah. Sedangkan bagi kulit kering, ada kemungkinan kulit dehidrasi saat bangun di pagi hari. Untuk menyeimbangkannya, kulit membutuhkan skincare setidaknya moisturizer.

Pilihlah moisturizer yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu. Pastikan untuk mengaplikasikan dengan tepat supaya kulit tetap terhidrasi sepanjang malam. Khusus untuk kulit acne-prone, gunakan produk skincare anti-acne dalam rutinitas atau rangakain skincare malam.

6. Rutin melakukan exfoliating wajah supaya sel-sel kulit mati tidak menumpuk

Sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat menyumbat pori dan memicu tumbuhnya jerawat. Oleh karena itu, upayakan untuk melakukan exfoliating minimal satu kali seminggu. Kamu bisa menggunakan scrub lembut jika jenis kulitmu normal atau berminyak dan tidak sensitif atau dengan chemical exfolatiant yang lebih lembut dan aman seperti AHA, BHA dan PHA.

7. Jangan memencet komedo atau calon jerawat

Kamu mungkin gemas melihat komedo-komedo hitam atau putih di wajahmu. Alih-alih menggunakan skincare atau facial, kamu malah memainkan atau memencetnya dengan tanganmu. It’s a big no no!

Memainkan atau memencet komedo justru bisa menstimulasi bakal jerawat muncul. Apalagi jika kulit wajah dan tanganmu sama-sama kotor. Jangan kaget kalau keesokan paginya jerawat muncul karena terinfeksi bakteri. Gunakan skincare atau perawatan seperti facial untuk menghilangkan komedo-komedo yang membandel.

8. Hindari tidur dalam keadaan stres

Salah satu penyebab jerawat adalah stres, karena dapat memicu hormon tertentu dalam tubuh untuk memroduksi lebih banyak sebum di kulit. Sebum sendiri adalah substansi yang merupakan kumpulan bakteri yang menutup pori, sel kulit mati, serta debu dan kotoran. Ketika sebum ini berlebih, maka akan ada kemungkinan untuk menyumbat pori sehingga terbentuklah komedo atau jerawat.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak membawa tidur stresmu. Kamu bisa siasati dengan relaksasi ringan. Misalnya seperti menenangkan pikiran, mendengarkan musik kesukaan atau musik relaksasi. Bisa juga meditasi dengan bantuan lilin aroma terapi dan mengatur napas perlahan.

Aturlah pikiranmu sampai setenang mungkin dan siap untuk tidur. Jangan sampai kamu tidur dengan pikiran kacau dan hati yang tidak tenang, ya.

9. Konsumsi air minum 1-2 jam sebelum tidur supaya kulit tidak dehidrasi

Minum air putih 1-2 jam sebelum tidur dapat menjaga hidrasi tubuh. Selain itu, ini juga mencegah kulitmu kering atau memroduksi terlalu banyak minyak selama tidur. Namun ingat, minum secukupnya saja minimal 1 gelas dan maksimal 2 gelas air putih.

Mengonsumsi terlalu banyak air putih sebelum tidur dapat meningkatkan risiko Nokturia. Nokturia adalah meningkatnya dorongan untuk buang air pada malam hari sehingga kualitas tidurmu malah bisa terganggu.

10. Janganlah tidur menggunakan sheet mask karena bisa menguapkan kelembapan kulit

Perlu diingat bahwa sheet mask bukanlah sleeping mask yang bisa dibawa tidur semalaman. Beberapa orang mengira menggunakan sheet mask semalaman akan membuat nutrisi pada sheet mask lebih meresap. Padahal, memakai masker lebih lama tidak membuat kandungannya lebih meresap ke dalam kulit, justru sheet mask yang kering bisa menyerap kelembapan yang sudah didapat kulit dari masker tersebut.

Akibatnya, kulit akan terangsang untuk memroduksi pelembap alami seperti minyak lebih banyak. Hal ini yang akan memicu jerawat maupun komedo yang merupakan masalah bagi kulit.

Nah, itulah 10 cara mencegah jerawat baru muncul saat bangun tidur. Semoga bermanfaat, ya!
Login and hide ads.