3
URL Alif.ID 4495 20 Tahun Pembantaian Guru Ngaji di Banyuwangi (1/2) - Alif.ID Tarikh - Mengingat dua puluh tahun silam, saat reformasi bergulir, tidak hanya mengingat penjarahan, pelenyapan, dan pembunuhan etnis Tionghoa di Jakarta dan
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
MENGUAK SEJARAH & MISTERI SANTET 98πŸ“Œ BANYUWANGI (Nb : ini konten sensitif, share jika bermanfaat. FYI, ini berdasarkan hasil riset saya yang selama 20 tahun hidup di Banyuwangi, Kota yang berada di paling ujung pulau Jawa, FYI juga Banyuwangi bertetangga dg Bali) - A THREAD- pic.twitter.com/khpk34ejqF
 Expand pic
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Maaf mager bentar gara2 kaki sakit akibat insiden kecelakaan kecil. Lanjut, jd saya tekankan ini bukan trit santet, tapi disini saya akan banyak bercerita ttg sejarah dan isu santet yang ada di Banyuwangi, apakah benar Banyuwangi kota santet? Santet of Java is Banyuwangi, Really?
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Saya membuat trit ini karena saya sbg orang Banyuwangi merasa bertanggung jawab untuk meluruskan atas cacatnya sejarah 'santet of Java' selama 20 tahun lamanya, sejak insiden berdarah di tahun 98. Jadi semua ini harus diluruskan dan di terangkan seterang-terangnya.
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Hi guys, sudah baca trit ini? twitter.com/bukanmasako/st… Silahkan baca bagi yang belum, karena saya berinisiatif membuat trit ini juga karena saya selesai membaca trit itu, kesannya gimana ya 😁 hehe dibaca sendiri.
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Jadi, latarbelakangnya saya bikin ini karena ada teman yang bertanya ttg itu kepada saya, banyak sih teman-teman kampus juga yg kuliah di luar kota.(Saya kuliah di luar Banyuwangi) yg terkadang ditanyai hal ini. Jadi, skrng saya jawab mengapa jargon itu disematkan pada Banyuwangi
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Berawal dari hal ini. Silahkan baca selengkapnya di id.m.wikipedia.org/wiki/Pembantai… . Dulu di th 98 tepat ketika Ibu saya mengandung saya terjadi huru-hara di Banyuwangi yg dikenal dg peristiwa Ninja 98 dan pembantaian dukun santet. Bagaimana bisa terjadi? Apa motifnya? Siapa pelakunya?? pic.twitter.com/Jm5ElJBWob
 Expand pic
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Jadi, banyak komentar terkait motif teror ninja dan pembantaian dukun santet 98. Tapi, pendapat terkuat yang saya kumpulkan dari berbagai macam refrensi baik masyarakat, jurnal, dan hasil indepth interview dengan masyarakat setempat/sesepuh/kyai/tokoh adat adalah MAKAR POLITIK.
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Almarhum Gus Dur (K.H Abdurahman Wahid) ex Presiden Indonesia pernah menyebutkan bahwa kemungkinan ada oknum politikus yang menjadi dalang dibalik peristiwa ini u/ menggagalkan PEMILU 2004. yang sampai saat ini belum ditemukan dalangnya. Setelah 20 tahun lamanya.
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Banyak spekulasi mengenai motif peristiwa ini, tapi memang pendapat terkuat adalah makar politik untuk melengserkan kursi kekuasaan pemerintahan saat itu sehingga membuat huru hara teror ninja dan pembunuhan berdarah yang menyakitkan. apa itu teror ninja 98? Bagaimana bentuknya?
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Cerita ini bedasarkan pengalaman pribadi keluarga saya. Sewaktu ibu saya mengandung saya di th 1998, memang terjadi huru hara di Banyuwangi. Tidak hanya Banyuwangi, tetapi wilayah se tapal kuda Jawa Timur meliputi (Lumajang, Probolinggo, Jember, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi)
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Tapi pembantaian terparah ada di Banyuwangi. Di waktu kecil ibu saya tinggal bersama orang tuanya di daerah barat Banyuwangi, yakni Songgon. Rumah kakek saya adalah lingkungan pondok pesantren, waktu itu diceritakan suasana sangat mencekam, banyak orang dibunuh secara misterius.
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
di Banyuwangi saat itu klenik-klenik masif. Seperti Islam kejawen, abangan, semacamnya. Banyuwangi memiliki suku asli yang disebut suku Osing, suku ini mayoritas beragama islam. Tapi budaya mereka masih kejawen, selametan, tahlilan, tradisi suwuk ketika sakit masih ada saat itu.
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Memang mereka mayoritas bergabung dengan salah satu ormas hijau. Termasuk keluarga kami. Waktu itu disetiap jalan dan gang ada bambu2 yg menghadang jalan. Bapak-bapak dan aparat kemanan setiap hari berjaga jaga di jalan dg membawa senjata untuk memastikan keadaan baik baik saja
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Suasana benar2 mencekam. Ibu saya bercerita, benar2 seperti semi penjajahan, perempuan masuk rumah dan laki2 berjaga jaga. Awalnya, banyak oknum yg dituduh masyarakat sbg dukun santet dibunuh secara brutal oleh manusia misterius berpakaian seperti ninja hitam lengkap dg senjata.
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Seberapa brutal? Banyak orang-orang di gantung di pinggir jalan dekat laut , mereka yg dituduh sbg dukun santet. Alhamdulillah itu tdk terjadi di lingkungan kami, tapi rata2 di daerah Banyuwangi wilayah utara dan tengah. Tidak hanya itu rumah mereka juga dirusak secara kejam.
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Ninja yang membunuh dugaan dukun santet itu seperti orang-orang terlatih yang didatangkan dari Jepang. Langkah kakinya tak berbekas, jalannya cepat, menaiki tembok satu dan tembok lain. Sangat mencekam suasana teror ninja saat itu, orang dihakimi, dibunuh secara diamdiam brutal.
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Awalnya dugaan dukun santet yang dibunuh, lama-lama masyarakat awam pun juga dibunuh. ketika diladang, tiba2 ditemukan mayat terhampar bercucuran darah. Layaknya PKI, mereka membunuh secara kejam dan seperti sudah terlatih.
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Singkat cerita,pada saat itu ratusan terduga dukun santet dibunuh secara masal. Motifnya belum diketahui, secara garis besar tindak tanduk nya dilatarbelakangi oleh MAKAR. Tidak selesai di dukun santet, pembunuhan misterius terus terjadi. Siapa sasaran empuk setelah dukun santet?
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Adalah para Ulama/Kyai dan tokoh-tokoh besar ormas hijau, karena masyarakat Banyuwangi saat itu memang banyak bergabung dg ormas hijau ini. Bnar-benar biadab. Semoga dosa mereka diampuni, siapapun dalangnya. Para Kyai diculik dan dibunuh oleh ninja misterius pada saat itu.
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Karena lingkungan keluarga kami daerah pesantren, maka suasana pengamanan sangat ketat. Benar-benar menakutkan kata ibu saya, Banyuwangi yang sangat indah dikotori oleh orang orang jahat suruhan X politikus yang haus kekuasaan.
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Pada intinya, tujuan mereka bukan ingin menghabisi terduga dukun santet. Tapi orang tidak bersalah, dan dihormati seperti Kyai pun juga dibunuh. Tujuan mereka adalah makar. Makanya saya ngeri ketika ada perpecahan politik.. jangan sampe ya jangan sampe.. lanjuutttt
Mahasiswi 🐒 @UviaVia
Alhamdulilah tokoh kyai di lingkungan saya tidak terbunuh dan aman. Karena penjagaan sangat ketat, tapi sampai saat ini. Kejahatan pelanggaran hak asasi manusia yang tergolong berat ini belum diketahui siapa dalangnya? Aneh? IYA!!!!!!
Load Remaining (40)
Login and hide ads.