5
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Hari ini temen gue nikah. Temen dari TK, SD, SMP, SMA. Pengen bgt liat akadnya. Tapi gue punya pengalaman buruk. Dulu sahabat gue nikah, dia sahabat yg bahkan gue anggap kaya sodara sendiri. Emak gue pun udah nganggep dia kaya anak sendiri.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Dia kadang nginep di rumah gue. Gue juga main sampe lupa waktu di rumah dia. Pas SMA kami beda sekolah. Tapi dia tetep nyempetin main ke rumah gue. Gue sayang bgt sama dia. Sampe gue mikir ga akan pernah gue nemuin lagi 'sahabat' kaya dia.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Btw, dia cewek. Gue beda bgt sama dia. Semenjak SMA, dia berubah penampilannya jadi syar'i gtu. Status di WA nya juga sering ikut kajian. Tapi gue salut sama dia. Dia gak pernah nunjukin sikap yg menggurui, meskipun dia jauh lebih baik daripada gue.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Sampe suatu hari dia main. Dan ternyata ngasih surat undang. Ternyata dia mau nikah. Gue seneng banget, sumpah. Dia nyempetin nganterin surat undangan itu langsung ke rumah gue. Dari situ gue mikir. Ya masa gue gak dateng liat akadnya?
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Pas hari H. Gue dateng bareng emak (nenek). Pas nyampe ke sana, gue kaget. Kaget bgt karna tamu undangannya mayoritas bercadar, sementara gue? Jelas, gue bukan golongan mereka. Di situ gue tau, ternyata itu tamu dari pihak keluarga pengantin laki-laki.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Emak gue juga bengong. Tpi di situ gue bersikap senormal mungkin. Dan yg bikin gue lebih kaget, ternyata di situ ada dua jalur. Tamu khusus laki-laki dan khusus perempuan. Jadi tempat buat menyantap hidangan itu di pisah gengs.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Maaf, gue bukan org yg religius. Jadi gatau klo ternyata ada pernikahan yg kaya gtu. Abis itu gue gak langsung masuk, gue nunggu di pinggir jalan aja bareng temen2 gue, mau ke mesjid karna bentar lagi akad dimulai. Emak gue masuk duluan, nemuin orang tuanya sahabat gue.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Gk lama, akad mau di mulai. Pengantinnya jln menuju ke mesjid. Gue kaget, ternyata sahabat gue bercadar. 😊 Sebelumnya nggak. Ya gue bersyukur, dia tambah lebih baik. Terus gue kaget lagi, kaget mulu. Org yg ngedampingin dia kok bukan mamanya? Itu org bercadar, gue gada yg kenal.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Di situ dia belum ngeliat gue. Gue sedih bgt gengs. Demi apa pun, gue nahan nangis. Gue awalnya berharap bgt bisa duduk deket dia. Tapi dia dikelilingi org2 bervadar yg gue ga kenal satu pun. Di situ gue merasa bukan apa-apa, bukan siapa-siapa. Dia lebih baik deket mereka.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Temen gue sampe bilang, "Tus, sabar. Kita di sini cuma temen lama. Mungkin mereka itu yg mengisi keseharian dia." Iya bener juga, kita cuma temen lama.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Abis akad, balik lagi ke rumah mempelai wanita. Gue nyari-nyari dong, ini di mana KURSI PENGANTINNYA??? Kan gue mau liat juga. Ternyata ada di dalem rumah gengs, dan yg boleh masuk cuma perempuan.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Gue mikir, kasian bgt temen gue yg cowok gabisa masuk. Padahal mau ngucapin selamat. Tapi bodoamat, yg penting gue bisa liat sahabat gue. Gue berharap bisa ngobrol banyak, tapi ternyata nggak. Hehehe, emang gue siapa.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Waktu itu gue masuk berdua, bareng temen gue. Pas masuk, gue ngasih selamat gitu kan, sahabat gue bilang, "Iya, Amin. Makasih udah dateng." Sebatas itu doang, abis itu dia sibuk sama yg lain. Di situ sempit bgt, akhirnya temen gue bilang, "Tus, ayo keluar."
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Gue keluar, nemuin mamanya sahabat gue yg lagi ditemenin sama emak gue. Di situ beliau nangis, gatau nangis kenapa, ga mungkin juga kalo gue nanya. Yg jelas gue tau kalo itu bukan tangis bahagia. Abis itu gue ama emak buru-buru pamit mau pulang.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Oh iya, waktu itu gue sempet makan juga. Kebetulan di samping gue ada bu ibu bercadar. Lagi makan juga, tapi gue liat itu makanan cuma di makan dikit, sisanya diacak doang, terus ditinggal. Gue bengong. Gue tau itu mubadzir. Btw, gue ga nyalahin pakaiannya ya.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Pas pulang, gue ga nyangka emak gue cerita panjang lebar. Intinya sih, dia ga suka acara pernikahan yg kaya gitu. Yg paling gue inget, "Masa emak mau salaman ama org yg pada make cadar gaboleh sentuhan. Lah emg emak kaya anjing, segitu najisnya ampe ga sentuhan ama manusia."
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Gue kaget lagi. Terus kata warga di situ juga, 'aliran' kaya mereka ga akan mau deket sama yg bukan golongannya. Gue gatau itu aliran apa woy. Terus gue nanya ke emak gue, kenapa mamanya sahabat gue tadi nangis. Dan org yg selalu di samping sahabat gue itu siapa?
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Ternyata mamanya sahabat gue ga setuju klo dia nikah sama org itu. Mamanya sahabat gue pengen bgt klo sahabat gue itu kerja dulu, bantuin biaya sekolah adiknya. Tp ternyata sahabat gue lebih dengerin omongan guru ngajinya (org yg selalu di samping dia).
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Suaminya itu juga ternyata hasil dijodohin sama guru ngajinya. Mereka ketemu karna ikut kajian2 gtu. Gue kaget lagi, kenapa sahabat gue lebih dengerin guru ngajinya ketimbang ibunya sendiri? Mau bercadar juga katanya ga izin apapun sama ibunya.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Emak gue langsung bilang, "Emak pesen sama lu, klo mau belajar agama jgn terlalu fanatik, seolah mandang org lain kaya binatang yg ga pantes sentuhan ama sesama manusia. Lu mau berpakaian kaya apapun terserah, asal jgn menutup diri dr org lain. Jgn belaga jd manusia paling suci."
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
"Satu lagi, sebaik-baiknya org lain nunjukin jalan, orang tua lu sendiri ga mungkin nunjukin jalan yg sesat buat anaknya sendiri. Dengerin apa kata org tua. Kalo mau ambil keputusan dengerin dulu pendapat org tua. Yg ngurusin lu dari orok kan org tua."
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Bentar gengs, gue kondangan dulu. Dipaksa ama emak gue.
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Gue kapan? Gue kapan? Gue kapan? Gue kapan? Bentar, lagi upacara adat gengs. pic.twitter.com/nJ8tOcCNjS
Expand pic
Bunga Matahari 🌻 @septemberrain__
Gue kaget gengs, ini kenapa jadi rame? Kalian penasaran karna apa sih? 😭 Gue bingung mau lanjut apa nggak. Takut ada beberapa pihak yg tersinggung. Gue ga ada maksud untuk menyinggung pihak mana pun. Gue gak menggiring opini apa pun. Ini cuma pengalaman gue yg ga ada apa-apanya.
Load Remaining (52)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.