0
miko kamal @kamalmiko
Tahun 2014, @Yusrilihza_Mhd dlm pendapat hukumnya menginginkan MK lebih substansial dlm mengadili dan memutus sengketa PHPU, seirama dengan keinginan Prabowo-Sandi yg disampaikan melalui BW dan @dennyindrayana. Tahun 2019, kita belum tahu apakah pendapat itu msh sama.
miko kamal @kamalmiko
Tahukah anda the highest Indonesian governance principle? Yaitu "… suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa…”-Para ke 4 Pembukaan UUD 45
miko kamal @kamalmiko
Dari perspektif tata kelola pemerintahan (governance),pemerintah bekerja berdasarkam mandat rakyat melalui pemilihan umun yang dilakukan sekali dalam 5 tahun. Sebab itu, kualitas governance sangat tergantung kepada proses terbentuknya pemerintahan hasil dari pemilihan umum.
miko kamal @kamalmiko
Secara umum, MK (@Humas_MKRI) adalah the guardian of the constitution. Khusus pada pemilu, termasuk pilpres, MK adalah the guardian of kedaulatan rakyat. Sebab itu, para hakim MK tidak boleh merendahkan posisinya hanya sekadar tukang hitung lembaran C1.
miko kamal @kamalmiko
Sebagai the guardian of kedaulatan rakyat, para hakim MK (@Humas_MKRI) harus mendalami setiap kecurangan yang dimajukan oleh pihak yang merasa dicurangi. Pasalnya, kecurangan sesungguhnya adalah pengkhianatan atas kedaulatan rakyat. Tdk hanya curang terhadap lawan politiknya.
miko kamal @kamalmiko
Jangan berharap tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) akan mewujud bila operator yang akan menjalankan pemerintahan itu terpilih melalui proses yang curang. Dalam computer science dikenal istilah garbage in, garbage out.
miko kamal @kamalmiko
Karena tujuan akhir dari governance adalah memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa (Para 4 UUD 1945), maka segenap pihak yang berwenang harus menjamin ragkaian proses pemilihan pemimpin yang akan menjalankan mesin governance itu berjalan jujur dan adil.
miko kamal @kamalmiko
Setelah membaca 37 hlm naskah Permohonan Prabowo-Sandi, feeling hukum saya, MK akan menerima Permohonan tersebut. Alasannya, 1. Argumen TSM yg dibangun tim hukum 02 masuk akal; 2. Dalil-dalil kuantitatifnya pun reliable. Insyaallah MK tetaplah the guardian of kedaulatan rakyat.
Cingur @Cingurlebih
@kamalmiko Khok pakai feeling sih.. kaya' dukun/paranormal aja, hukum itu sesuai fakta dan barang bukti serta saksi yg menguatkan
miko kamal @kamalmiko
@Cingurlebih Feeling hukum, bukan hanya feeling. Feeling hukum tentu berdasarkan argumen hukum yang dibangun tim hukum 02. Bacalah naskah Permohonannya.
feri amsari @feriamsari
Kl masuk akal bolh sj tp kl pmbuktian soal alat bukti. bang Miko mmg pede gaya politikny skrng, biarin aja. Kt ngak tau isi hatiny mkny ngak diurai TSM itu apa & bgmna prmohonan itu mnjelskany. Klmhn prmohonan akan dperkuat smbil jlan. Kl y 37 hlm mah bnyk bilang lmah, kcli bg MK twitter.com/natha_mrp/stat…
miko kamal @kamalmiko
Dalam PHPU, MK mengadili perkara salah hitung dan kecurangan. Bila terbukti curang, MK dpt langsung mendiskualifikasi yg curang. Keduanya adlh wujud dari konsep MK sbg the guardian of kedaulatan rakyat. Maknanya, MK ada utk memastikan kedaulatan rakyat ttp berdiri tegak lurus.
Arya Baruna @Suara_Bawah
Bisa baca gak? Kalo bisa baca. Tolong baca undang2 Pemilu Disitu jelas kok. BUKTIIN SELISIH KEKALAHAN SUARANYA ITU KECURANGAN BARU BISA MENANG!!!! GOBLOK!!! twitter.com/kamalmiko/stat…
Arya Baruna @Suara_Bawah
Mz @kamalmiko gini cara baca UU Pemilu. Selisih suara @prabowo KALAH KURANG LEBIH 16 JUTA SUARA. Kira2 80 RIBUAN TPS. NAH BUKTIIN TUH 80 RIBU TPS ADA KECURANGAN GAK? KAN SAKSI PEGANG FORM C1. Gitu cara baca UU Pemilu BUKAN SEKAREP LO MENGASUMSIKAN DONGOK!!!
Zara Zettira ZR @zarazettirazr
Bukan twit politik Ini tentang proses hukum ☺️☺️☺️ twitter.com/kamalmiko/stat…
miko kamal @kamalmiko
@Suara_Bawah @prabowo Kalau pakai cara begini, ya berarti anda memosisikan MK sebagai Mahkamah Kalkulator. Jangan menghina lembaga terhormat MK seperti itu. MK adalah the guardian of kedaulatan rakyat yang tidak mau dikerangkeng pada hitungan matematis begitu.
miko kamal @kamalmiko
Menyebut MK sbg kumpulan tukang hitung C1 tidak terlalu benar. MK pernah memutus 4 PHPU Pilkada dg putusan diskualifikasi, yaitu Bengkulu Selatan (2008), Kotawaringin Barat (2010), Tebing Tinggi (2010), dan Supiori (2010). Itu wujud dari konsep the guardian of kedaulatan rakyat.
miko kamal @kamalmiko
@Eluthfi Mudah-mudahan dengan diingatkan, hakim-hakim MK yg sedang pegang palu sekarang bisa menjaga konsistensi lembaga MK.
miko kamal @kamalmiko
@feriamsari Racikan naskah Permohonan yang disajikan BW, Prof. Denny, dkk sangat berselera. Tinggal nanti bagaimana meyakinkan (bukti) panel hakim di MK. Pernyataan mereka menyimpan barang bukti terlebih dahulu sangat masuk akal. Ini yg harus kita tunggu. BW adalah begawannya.
VIVAcoid @VIVAcoid
Bukti Baru Kubu Prabowo yang Bikin Jokowi Didiskualifikasi dlvr.it/R6LcdF #Pemilu2019
URL www.viva.co.id 42605 Bukti Baru Kubu Prabowo yang Bisa Bikin Jokowi Didiskualifikasi - VIVA Menyebabkan pasangan 01 bisa didiskualifikasi.
miko kamal @kamalmiko
Dari sisi governance, konsep Guardian of Kedaulatan Rakyat (GKR) beda dg Guardian of Votes (GV). GKR memastikan setiap suara (vote) yang terkumpul adlh hsl dr proses pemilu yg jujur dan adil. Sebaliknya, GV tdk memedulikan proses terkumpulnya vote. Harusnya MK adl GKR, BUKAN GV.
Load Remaining (14)
Login and hide ads.