1
Apin @Apin_Yes_Oke
Mantan Kapolda Metro Jaya pic.twitter.com/EXFT6tib5C
Expand pic
Expand pic
Ibu Camat @Najwa_AlSaggaf
Mantan Kapolda Metro Jaya, M Sofyan Jacob Tersangka Makar. Majalah Tempo, Eks Anggota Tim Mawar Diduga Terlibat dalam Aksi 21 Mei 2019. Ada lagi?? Maaf...kami tak kan pernah mundur. #RakyakBergerakKawalMK pic.twitter.com/aAgkAVgDa5
Expand pic
Expand pic
mei Amoy kecil 他很米兰 @Namaku_Mei
Alhmdulillah..... mantan Kapolda Metro Jaya sofyan Jacob di tetapkan tersangka atas kasus dugaan makar. penyidik meresmikan dua alat bukti berupa ucapan dan Vedio yg mengandung unsur kebencian. pic.twitter.com/Jbe66qV0lM
Eko Haris @eko6369
@Namaku_Mei ntah apa yg sdh merasuki jiwanya smpe bs melakukan sprti itu.. pdhl jelas" dia adl mantan penegak hukum utk negara ini.. tp jika napsu tdk bs dikendalikan akibatnya akan fatal.. utk itu Islam selalu mengajarkan jihadlah utk mengendalikan napsu pribadi...
Tuti Alawiyah @tuti705
TAHU-KAH ANDA? Jenderal (purn) Sofyan Jacob adalah atasan Kapolri Tito Karnavian saat jadi Kepala Tim Penangkapan Tommy Soeharto yg menjadi dalang pembunuhan Hakim Agung Syafrudin Kartasasmita 👍 Polri menetapkan mantan atasan Pak Tito itu sbg TERSANGKA KASUS MAKAR. Bravo Polri! pic.twitter.com/lPx5YVKBqT
Expand pic

Siapakah Sofyan Jacob? Berikut ini sekilas profilnya:

Dalam buku '100 Tokoh Terkemuka Lampung, 100 Tahun Kebangkitan Nasional' yang ditulis Heri Wardoyo dkk, dijelaskan bahwa Sofyan Jacob lahir di Tanjungkarang, Lampung, pada 31 Mei 1947. Sofyan Jacob merupakan alumni SMAN Tanjungkarang angkatan 1967 dan alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) Kepolisian tahun 1970.

Jacob mengawali karir kepolisian sebagai Polisi Perairan dan Udara. Kemudian jabatan-jabatan Kapolres pun sempat dipegangnya, seperti Kapolres Tapanuli Selatan, Kapolres Asahan, Kapolres Simalungun, Kapolres Deli Serdang, dan Kapoltabes Medan.

Lantas, pada 2001, Sofyan menjabat Kapolda Metro Jaya. Saat itu dia menggantikan Inspektur Jenderal Mulyono Sulaeman. Diketahui, sebelumnya Sofyan menjabat Kapolda Sulawesi Selatan.

Namun jabatan Sofyan itu berumur pendek. Dilantik pada 8 Mei 2001, ia lantas berhenti menjabat pada 18 Desember 2001. Pada masa itu pula, dia pernah diduga melakukan insubordinasi atau pemberontakan terhadap perintah atasan.

URL detiknews 2735 Ini Profil Eks Kapolda Metro Sofyan Jacob yang Jadi Tersangka Makar Jacob mengawali karir sebagai Polisi Perairan dan Udara hingga akhirnya diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya.
Jenderal Merah @TSpartan99
Yang saya paham tentang Sofyan Jacob mantan Kapolda Metro Jaya adalah dia pernah melawan dan membangkang terhadap Gus Dur saat beliau masih presiden. #GustiAllahMbotenSare m.detik.com/news/berita/d-…

Gus Dur Perintahkan Sofyan Jacob Ditangkap

Presiden Abdurrahman Wahid memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan Agum Gumelar dan Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Chaeruddin Ismail untuk mengambil tindakan hukum terhadap Kapolri nonaktif Jenderal Polisi Surojo Bimantoro dan Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Sofjan Jacoeb. Langkah itu diambil untuk menegakkan disiplin. Pernyataan itu diungkapkan Juru Bicara Kepresidenan Yahya Cholil Staquf dalam jumpa pers di Bina Graha Jakarta, Kamis (12/7).

Yahya mengatakan, bila tindakan hukum ini menghendaki penangkapan terhadap dua jenderal tersebut, Menko Polsoskam dan Wakapolri wajib menindaklanjuti perintah tersebut. Bimantoro dinilai telah melakukan tindakan insubordinasi, tidak mematuhi perintah atasan.

"Untuk itu, Presiden perintahkan Menko Polsoskam Agum Gumelar dan Wakapolri untuk mengambil tindakan tegas secara hukum terhadap pelaku-pelaku insubordinasi," kata Yahya. Presiden Wahid menyesalkan pernyataan Kapolda Sofjan, akan menangkap Presiden dan Wakapolri. Gus Dur juga menyayangkan rapat-rapat yang dihadiri sejumlah jenderal Polri di rumah dinas Bimantoro.

Lantas bagaimana komentar Sofjan Jacoeb? "Saya jawab ha ha ha, ketawa aja," kata Sofjan. Sofjan mengaku tidak mengetahui berita itu karena sedang berada di Sekolah Kepolisian Negara Lido, Jawa Barat. Dalam wawancara telepon dengan Rosianna Silalahi, Sofjan menegaskan, tidak pernah membangkang terhadap Presiden Wahid. "Tunjukan dimana subordinasi itu," kata mantan Kapolda Sulawesi Selatan itu.

Sofjan mengakui bertemu dengan Kapolri Bimantoro hampir setiap hari. Sebab, sebagai penanggung jawab keamanan di Jakarta, Sofjan wajib melaporkan situasi Ibu Kota. "Kami tidak pernah membahas pengangakatan Kapolri Bimantoro. Kita juga tidak pernah menolak Wakapolri Chaeruddin. Kita hanya minta konstitusi ditegakkan," ujar Sofjan, menegaskan. Karena itu, Sofjan bersedia diperiksa. "Silakan saja. Dengan senang hati saya ingin bekerja sama," kata Sofjan, mantap.(TNA/Tim Liputan 6 SCTV)

URL liputan6.com 24230 Presiden Wahid: Tangkap Bimantoro dan Sofjan Jacoeb Presiden Wahid menginstruksikan Menko Polsoskam dan Wakil Kapolri untuk menangkap Kapolri nonaktif Bimantoro dan Kapolda Metro Jaya Sofjan Jacoeb. Sofjan menanggapi itu dengan tertawa.
Emil Hardi @EmilHrd
Dahulu Gus Dur menyuruh Agum Gumelar menangkap Kapolda Sofyan Jacob. Baru sekarang perintah Gus Dur itu terpenuhi 🙏 liputan6.com/news/read/1635…
Puisi adalah Kita @arif_gumantia
Sofjan termasuk pejabat kepolisian yang kontroversial. Hal itu terlihat saat dia terlibat ‘melawan’ perintah Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang menolak penggantian Surojo Bimantoro sebagai Kapolri. medan.tribunnews.com/2019/06/10/kom… nah khan...dulu nglawan GD..

Gugat Megawati Soekarnoputri

Setelah Gus Dur lengser dari jabatannya sebagai presiden, Megawati Soekarnoputri yang menggantikannya, mengeluarkan surat keputusan pensiun kepada 64 perwira Polri, salah satunya adalah Sofyan Jacob.

Sofyan Jacob tak terima dengan keputusan tersebut lantaran dinilai bertentangan dengan Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 yang menyebutkan anggota Polri pensiun berumur 58 tahun, sementara saat itu Sofyan Jacob baru berusia 55 tahun.

Sofyan Jacob menggugat Megawati dan Kapolri Dai Bakctiar ke PTUN. Hasil gugatan, Sofyan Jacob menang di tingkat banding namun ia mencabut gugatannya dengan alasan telah ikhlas.

URL liputan6.com Presiden dan Kapolri Digugat 19 Perwira Sebanyak 19 perwira Polri menggugat Presiden Megawati dan Kapolri Jenderal Polisi Da`i Bachtiar untuk mencabut Keppres pensiun dini. Komjen Pol. Noegroho Djajoesman pun ikut menggugat.

Terlibat Kasus Penyelundupan Mobil Mewah

Sofyan Jacob juga pernah diperiksa oleh kepolisian atas kasus penyelundupan 11 mobil mewah saat masih menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan. Sofyan Jacob menjalani pemeriksaan pada 7 Juni 2002.

Dari hasil pemeriksaan, mobil-mobil mewah tersebut memakai Surat Tanda Nomor Kendaraan palsu.

Setelah ditelusuri, pemilik mobil-mobil tersebut sebelumnya atas nama Sofyan Jacob tanpa dilengkapi dengan dokumen jelas.

Meski demikian, Sofyan Jacob membantah telah melakukan penyelundupan. Saat masih menjabat sebagai Kapolda SUlawesi Selatan, Sofyan Jacob mengaku mengeluarkan plat nomor mobil sebagai nomor bantuan untuk tamu penting.

Mobil tersebut milik importir resmi yang diklaim olehnya dikenal oleh beberapa pimpinan Polri.

Namun, kasus tersebut menghilang begitu saja tanpa ada kelanjutan.

URL liputan6.com Sofjan Jacoeb Diperiksa Hari Ini Polri memeriksa mantan Kapolda Metro Jaya Sofjan Jacoeb atas tudingan keterlibatan dalam kasus penyelundupan mobil mewah. Diduga pengungkapan kasus ini terkait konflik internal dengan Kapolri.

Selain itu, pada 2011, Sofyan pernah terjerat kasus. Dia dilaporkan lantaran mengancam petugas satpam Perum Taman Resort Mediterania, Jakarta Utara, bernama Sugeng Joko Sabiran.

M Sofjan Jacob adalah mantan Kapolda Metro Jaya yang pernah dilaporkan karena mengancam petugas satpam

Perumahan Taman Resort Mediterania, Jakarta Utara, Sugeng Joko Sabiran,” terangnya.

Bahkan sejumlah saksi mengungkapkan Sofjan sempat melepaskan tembakan, ironisnya hingga kini kasus Sofjan tak kunjung diproses Polda Metro.

“Bahkan Sofjan tak pernah dipanggil dan diperiksa polisi. Sebaliknya, baru beberapa jam dilaporkan Iswahyudi langsung ditangkap dan ditahan Polda Metro. Padahal, Iswahyudi tidak melepaskan tembakan seperti Sofjan. Bahkan polisi sudah menggeledah rumah Iswahyudi,” tuturnya.

IPW berharap Polda Metro tidak lagi mempertontonkan sikap diskriminasi yang menzalimi rasa keadilan masyarakat.

“Jika sikap ini masih dipertontonkan Polda Metro, masyarakat tidak akan patuh hukum dan akan terus menerus mencemooh Polri,” pungkasnya.

URL https://news.okezone.com/ 3 Todongkan Senjata, Polda Metro Didesak Periksa Sofyan Jacob : Okezone News Ketua Presidium Indonesian Police Watch IPW Neta S Pane meminta agar Polda Metro Jaya tak ragu dalam memproses mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Purn M Sofyan Jacob terkait kasus penodongkan senjata kepada satpam - Jakarta Raya - Okezone News

JEND. POLISI Muhammad Sofyan Jacob yang pernah naik ke mimbar di jalan Kartanegara, tempat kediaman Prabowo dan mengatakan pasangan Prabowo-Sandi menang.

Pidato Jend (Pol) Sofyan Jacob provokasi sebut Prabowo Menang.

charlieiPad @charlieiPad
Pidato bekas Kapolda Metro Jaya, Sofyan Jacob, tersangka kasus makar. youtu.be/YMxmsyMDvIQ
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.