Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Cara Parenting Orang Tua Tentang Pendidikan Sampai Meloloskan 5 Anaknya Masuk Kedalam PTN

Thread by @hyunqae
8
Je | rest @mashyunjae

Parenting ortu tentang pendidikan sampai meloloskan 5 anaknya ke PTN -a thread-

09/06/2019 09:51:56 WIB
Je | rest @mashyunjae

Halo sesuai permintaan temen2 jadi aku mau bikin thread sesuai yang aku kirim ke edc ini. Sebelumnya aku mau minta maaf kalau nanti bakal banyak kesalahan di thread ini. Aku juga bikin ini semata2 untuk sharing aja. pic.twitter.com/yUByQCvsaK

09/06/2019 09:52:01 WIB
Expand pic
Je | rest @mashyunjae

Yuk langsung aja. Dari background ortu dulu aja ya. Kedua ortu aku punya background pendidikan jadi emang sangat wajar anak anaknya udah dituntut belajar sejak kecil. Dari kecil kalo kita anak anaknya mau sesuatu pasti harus ada syarat dulu seperti pertanyaan semacam quiz wkwk

09/06/2019 09:52:03 WIB
Je | rest @mashyunjae

Kalo bisa jawab pertanyaan dari mereka baru kita dapet apa yg kita mau. Hal hal kecil kaya gini yg bikin kita selalu lebih berpikir kritis. Oh ya kita org jawa tapi Bahasa ibu kita bahasa indonesia, kita juga belajar bahasa inggris sama bahasa arab.

09/06/2019 09:52:03 WIB
Je | rest @mashyunjae

Kenapa bhs indo sedangkan anak anak lain belajar bahasa jawa halus? Kata mamah semua media di sekitar anak itu memakai bahasa indonesia mulai dari koran, tv, majalah, dll. Jadi anak dapat menangkap informasi secara utuh, ga bakal bingung. Ini kenapa rata2 dr kami udah bisa

09/06/2019 09:52:04 WIB
Je | rest @mashyunjae

baca koran atau majalah sejak tk di saat anak2 lain sedang belajar membaca seusia kita. Oh ya kita juga dibiasakan membaca jam. Membaca jam itu membantu anak lebih berpikir lagi tambah kurang, mempercepat anak mempelajari ilmu matematis di usia tsb.

09/06/2019 09:52:05 WIB
Je | rest @mashyunjae

Tentang bahasa arab? Papah pikir ini perlu banget untuk urusan ibadah. Masa iya sholat tiap 5 waktu tapi kita ga paham artinya? Nah maka dari itu papah sejak kecil kasih asupan buku buku diniyah dan bahasa arab (wajib ikut tpa tiap sore)

09/06/2019 09:52:06 WIB
Je | rest @mashyunjae

Prinsipnya belajar agama berarti juga belajar ilmu pengetahuan lainnya. Misal gimana alam semesta terbentuk, gimana fase manusia di lahirkan dari segumpal darah sampai sejarah ada semua di kitab suci. Ini kenapa bahasa arab penting bagi kami.

09/06/2019 09:52:07 WIB
Je | rest @mashyunjae

Nah udah mungkin tau dikit masa TK kami gimana gambarannya lanjut ya ke masa masa Sekolah Dasar. Di sini ortu sudah ngenalin kita ke les seperti les privat. Kami diperkenalkan "belajar di luar sekolah". Pesan nya adalah belajar ga cuma di sekolah.

09/06/2019 09:52:07 WIB
Je | rest @mashyunjae

Di rumahpun kita harus belajar. Kenapa? Ya karena itu ilmu. Ilmu ga cuma ada di sekolah, di rumah juga bisa cari ilmu. Kira kira itu mindset yg ortu pengen berikan ke anak2nya. Kalo udah bisa mandiri tanpa privat yaudah kita ga privat lagi.

09/06/2019 09:52:08 WIB
Je | rest @mashyunjae

Mungkin bakal privat lagi ketika mau ujian aja. Di sd kami tidak pernah dituntut untuk jadi selalu rangking 1 di kelas. Konsepnya sama, bukan kejar nilai tapi kejar ilmu nya. Nambah wawasan itu bekal buat di dunia. Ini yang selalu di tekankan sama ortu.

09/06/2019 09:52:17 WIB
Je | rest @mashyunjae

Makannya kita semua alhamdulillah juga ga mengenal contekan. Walaupun teman ada yg contekan tapi bagi kami itu bukan hal yang lumrah. Bagi kami "ujian untuk belajar" bukan "belajar untuk ujian". Sesimpel itu. Kita cuma ngejar kemulian dari "ilmu" bukan rangking.

09/06/2019 09:52:18 WIB
Je | rest @mashyunjae

Pesan nya adalah jangan khawatir ttg apapun ketika niat kita sudah benar, dengan niat sesederhana itu kita bisa mendapatkan benefit lain seperti nilai yang bagus dan rangking yg tinggi. Jadi sekali lagi

09/06/2019 09:52:18 WIB
Je | rest @mashyunjae

coba niat kita diubah untuk tulus mencari ilmu bukan mengejar nilai ya guys :) Nah lanjut di smp kita mulai mengenal bimbel dan les bahasa inggris di suatu lembaga les. Kita udah ga privat lagi. Karena ortu pengen kita punya kenalan orang lain selain circle di sekolah.

09/06/2019 09:52:19 WIB
Je | rest @mashyunjae

Ortu pengen kita jadi manusia sosial. Dan bener selain ilmu yg didapat di tempat les, kita juga dapet keuntungan lain. Contohnya kami punya teman dan link yang banyak. Ortu pengen mengasah manner anak2 nya sejak dini terutama ketika bertemu org2 baru. Pokoknya masa2 smp kan

09/06/2019 09:52:20 WIB
Je | rest @mashyunjae

anak masih sangat labil. Nah di situ kita malah dituntut buat bisa mengontrol diri dan diajarin ttg sikap dan bergaul di hadapan orang lain. Dan efeknya emg bagus bgt dan kerasa sampai sekarang. Mungkin itu aja masa masa smp wkwk

09/06/2019 09:52:21 WIB
Je | rest @mashyunjae

Nah lanjut di SMA. Masa masa ini emang ga mudah. Suatu saat ada masalah. Tentu tiap keluarga biasanya ada suatu keretakan rumah tangga seberapa kecil itu. ini yang membuat kakak pertama kami memberikan semangat ke adek2nya buat sukses bareng gimanapun caranya

09/06/2019 09:52:22 WIB
Je | rest @mashyunjae

Inget bgt kakak pertama keterima di fkg unair dan dia bilang waktu aku masih sd dan kakak2 yg lain masi sekolah "ayo dapetin almamater2 itu, kita bayar ortu kita pakai kesuksesan kita". Ini mungkin yg bikin kita belajar keras buat survive di sma dan dapet ptn.

09/06/2019 09:52:22 WIB
Je | rest @mashyunjae

Tentu kita belajar keras, bukan mengandalkan keberuntungan yg kerap org bangga2 kan seperti "aku ga belajar aja tapi keterima ptn". Ga, itu bukan pola pikir kami. Kami berpikir realistis kalo mau masuk ptn maka harus belajar giat bukan mengandalkan keberuntungan yg one in million

09/06/2019 09:52:23 WIB
Je | rest @mashyunjae

Masih inget banget kakak yang pertama belajar pakai lilin sampe tengah malem saking ga kuat bayar listrik. Begitupun kakak kedua, ketiga, dan keempat. Kita semua harus sukses mau gimanapun kondisinya. Kakak kedua keterima di akuntansi ui. Dia belajar giat bermodal buku2 bekas.

09/06/2019 09:52:24 WIB
Je | rest @mashyunjae

Waktu itu aku masih sd. Waktu aku smp kakak aku yg ketiga keterima di ugm dia juga belajar giat, sedihnya dia belajar sendiri di luar kota waktu sma. Dan kakak ke 4 masuk fk uns lewat jalur undangan/snmptn ketika aku baru mau masuk sma.

09/06/2019 09:52:25 WIB
Je | rest @mashyunjae

Dari cerita kami mungkin ada beberapa hal yang penting seperti: - Konsep niat belajar adalah untuk murni mencari ilmu bukan buat mengejar ambisi jadi yg terbaik. Lewat niat yang benar akan selalu dicatat sebagai kebaikan yg akan menjadi keberkahan

09/06/2019 09:52:26 WIB
Je | rest @mashyunjae

- Keterbatasan bukanlah dinding bagi kamu untuk meraih cita2 kamu, Usaha tidak mengkhianati hasil -Ortu aku pengen punya anak dokter, pengacara, dan akuntan. Kami sudah mencapai target yang ortu kami inginkan. Ini adalah masalah membahagiakan mereka dan membayar kebaikan mereka.

09/06/2019 09:52:26 WIB
Je | rest @mashyunjae

-Selalu bekerja keraslah. Berikan performa terbaik kalian dalam melakukan segala hal. Berorientasilah pada proses bukannya hasil. Lewat proses kita belajar banyak hal seperti kegagalan dan bagaimana cara untuk bangkit.

09/06/2019 09:52:27 WIB
Je | rest @mashyunjae

-Attitude orang sukses adalah kita harus mau berproses dan selalu belajar dari kegagalan Mungkin sekian thread dari aku. Sekali lagi mohon maaf jika masih ada banyak salah dalam kepenulisan thread ini Semoga memotivasi dan memberi banyak pelajaran untuk teman teman :)

09/06/2019 09:52:28 WIB
Load Remaining (2)

Comment

No comments yet. Write yours!