"Kenapa masih pada bergantung sama Aqua galon sih?" Jenis-jenis Filter Air Minum Alternatif Yang Lebih Ekonomis, Thread By @Outstandjing

Mahal di awal, tapi bisa lebih murah secara berkesinambungan
8
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Jer basuki mawa bea tumraping liyan

Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Kenapa msh pada bergantung sama Akua galon sih? Air keran atau air pompa di rumah kalian tuh bisa* di-filter utk diminum. *kemungkinan bisa, kalo gak yakin cek dulu ke lab

09/06/2019 08:59:30 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Kalo aku bikin thread tentang jenis-jenis filter air minum, pada mau nyimak engga Tapi @mrs_enci atau anak TL tolong koreksi dan tambahin

09/06/2019 09:34:10 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

@mrs_enci Bismillah beda guru beda elmu tong silih ngaganggu

09/06/2019 10:52:08 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Jadi pemrosesan air utk minum secara garis besar ada 3 cara: 1. Filter mekanik / fisik 2. Kimia 3. Sinar atau suhu Proses mana yg dipakai, tergantung kebutuhan dan kondisi air baku.

09/06/2019 10:52:09 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Filter fisik atau mekanik, menyaring sedimen yg terlarut seperti tanah, batu, alga, lumut, mungkin juga partikel yg lebih kecil tergantung kerapatan filternya. Jadi kalo airnya keruh (kasat mata) ini proses yg harus dilewati.

09/06/2019 10:52:09 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Yg kedua, proses kimia. Baik itu utk membantu mengendapkan kotoran, utk menetralkan ph, dan terutama utk membunuh kuman. Klorin, kaporit, ada di sini. PureIt classic juga pakai ini. Kalau airnya udah bening, cara bunuh kuman yg murah setup-nya ya ini. Tinggal dilarutkan.

09/06/2019 10:52:10 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Perak adalah logam yg bisa membunuh kuman. Kata Bang @VeritasArdentur ini alasannya dipakai bangsawan utk alat makan. Jadi perak termasuk proses kimia juga, walopun gak dilarutkan jadi lebih awet dibanding klorin. Contohnya Nazava yg dijual sama @thekopernik juga pakai Silver.

09/06/2019 10:52:10 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Proses ketiga adalah pemanasan atau penyinaran UV Proses ini gak membersihkan dari kotoran dan zat kimia (kecuali distilasi ya?) Kegunaannya utk bunuh kuman aja. Kelebihannya, tidak pakai zat yg mesti dilarutkan (dan mesti refill) seperti klorin.

09/06/2019 10:52:11 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Kalo air udah bersih, bebas dari zat kimia, mungkin lebih praktis tinggal disinar UV aja utk bunuh kuman. Lampu UV relatif awet dan proses penyinaran juga cepet. Alatnya ringkas. Tapi proses ini biasanya terakhir, digabung sama metode lain (filtrasi, netralisasi)

09/06/2019 10:52:12 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Nah balik lagi sesuaikan aja sama kebutuhan air baku harus diapain. Utk lebih jelasnya, cek kualitas air ke Lab universitas atau PDAM di kota masing-masing (googling aja "Laboratorium Kualitas Air Minum di Kota x"

09/06/2019 10:52:12 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Mumpung Kangen Water udah busted, sebenernya alatnya masih bisa dipake buat memproses air minum. Kurang tahu juga tapi ketersediaan suku cadangna gmn

09/06/2019 10:52:13 WIB
😷 Brama Danuwinata 😷 @bramadr

@Outstandjing Sudah pernah pake pure it, tapi memang rasa tidak bohong kak. Akhirnya kembali ke air mineral galon.

09/06/2019 11:22:34 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Kekurangannya sistem klorin adalah mengubah rasa. Walaupun ada proses netralisasi lagi di dalam sistemnya. Sebetulnya PureIt gak cuma model yg pakai klorin, ada model lain. twitter.com/bramadr/status…

09/06/2019 11:32:05 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

TLDR 1. Kalau air gak jernih, mulai dgn filtrasi mekanik pakai serat, sabut, dsb 2. Kalau udah jernih, pilih cara bunuh kuman. Yg murah setup-nya klorin tapi kekurangannya harus refill dan ngaruh ke rasa 3. Kalo ada rasa gak enak, cek lab utk uji ph dan tanya cara netralkannya

09/06/2019 11:42:34 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Proses air minum yg paling murni itu distilasi. Jd uap diembunkan. Tapi rasa airnya 'hambar' dan gak mengandung mineral. Selain itu boros energi utk memanaskan.

09/06/2019 11:42:34 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Proses filtrasi mekanik yg canggih seperti Reverse Osmosis bisa sekaligus hilangkan kuman dan kandungan terlarut lain bahkan logam berat Perangkat RO skrg makin terjangkau (cek toped juga ada) walau gak semua rumah tangga perlu sampai level ini imho.

09/06/2019 11:42:35 WIB
sp @mrs_enci

Sebenarnya inti pengolahan air minum itu cuma dua: 1. Menghilangkan polutan/kotoran yang kasat mata 2. Menghilangkan bakteri Menghilangkan polutan/kotoran kasat mata ini bisa dilakukan secara fisik kayak filter atau secara kimia, pake koagulan. Di PDAM biasanya dua-duanya.

09/06/2019 13:03:55 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Ini versi insinyur TL loh Alhamdulillah info sebelumnya engga ngaco-ngaco banget. twitter.com/mrs_enci/statu…

09/06/2019 13:07:26 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Sesuai pesan @mrs_enci air dari sumur sebelum masuk toren difilter dulu dari lumpur, pasir, alga, dsb dengan filter yg biru itu tuh. Pakai tenaga jet pump mendorongnya utk lewat membran filter ini. Membran apa ini, gak ngerti juga sih. Mirip serabut filter buat akuarium. pic.twitter.com/ffXWXL5Ged

09/06/2019 13:48:18 WIB
Expand pic
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

@mrs_enci Nah skrg kita bahas salah satu merk filter air minum yg paling populer: @PureitIndonesia Secara garis besar ada 3 jenis Pure It: Classic, Marvella, dan Ultima (imho ya mimin PureIt)

09/06/2019 14:03:23 WIB
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

PureIt Classic kisaran 700-800ribuan (?) Komponen utamanya adl klorin utk membunuh kuman yg kemudian difilter lagi dgn karbon Kelebihan: harga paling murah, tidak perlu listrik. Kekurangan: aroma klorin msh ada dan mengisi air pakai gayung, tdk ada sambungan utk pipa / selang. pic.twitter.com/Rf47B71Qux

09/06/2019 14:03:26 WIB
Expand pic
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

PureIt Marvella kisaran 1 jutaan, ada versi pakai pemanas Komponen utama: Sinar UV Kelebihan: gak ada klorin terlarut sehingga tdk mempengaruhi rasa air Kekurangan: kurang populer sehingga suku cadang kurang jelas continuity-nya Sy gak tau umur lampu UV nya sepanjang apa pic.twitter.com/9zYdlRj7N9

09/06/2019 14:10:06 WIB
Expand pic
Esjewe Perkotaan @Outstandjing

Nah skrg kita bahas filter air minum alternatif selain PureIt yah? Eeehehehe

09/06/2019 14:56:33 WIB
Load Remaining (79)

Comment

No comments yet. Write yours!