Dari Dipukul Jika Dapat Hasil Pancing Sedikit Sampai Minum Air AC: Cerita Perbudakan Pekerja Indonesa Jadi Awak Kapal di di Kapal Perikanan Luar Negeri

Tak Diberi Upah, Dianiaya, Jalan Panjang Perbudakan Awak Kapal Perikanan Indonesia di Luar Negeri
0
SCMP News @SCMPNews

While working on a Chinese fishing vessel, this Indonesian fisherman saw two crewmates die from thirst and exhaustion pic.twitter.com/bOAaQPvsaZ

30/05/2019 22:15:00 WIB
Djoe_Natha 🇮🇩 🇵🇸 @Genre_101

@SCMPNews Saat bekerja di kapal penangkap ikan Tiongkok, nelayan Indonesia ini melihat dua kru mati karena kehausan dan kelelahan pic.twitter.com/q4mYk0WWUk

31/05/2019 22:04:21 WIB
Tubirfess @tubirfess

2beer! Cerita perbudakan di kapal pemancing ikan modern~ Dari video ini kusadari kalau pejabat Indon itu jago banget ngomon "Kita gak tau, kita gak pernah merhatiin" tapi dengan bahasa yg seolah2 profesional 😂 pic.twitter.com/t85mFLJIhP

09/06/2019 14:00:14 WIB
reinaldi. @reinaldibaskoro

@satoe_hadi @SCMPNews @susipudjiastuti Itu lagi di urus, makanya liat videonya, baca subtitle nya. lo urus juga tuh cara ngomongnya. Kalo belom bisa lakukan hal yang sama jangan bacot, bantuin

31/05/2019 08:02:27 WIB
xDuchess Sussexquad @DuchessMRS

@SCMPNews This really is so sad, I had no idea this form of exploitation even existed. I dare not think how many more vulnerable and desperate people are out there being exploited, in 2019 it really is appalling.

30/05/2019 23:07:02 WIB
MaruliS @sibaranm2

@SCMPNews @susipudjiastuti Modern slavery , the Ind.Governement must disclose this practice to the UN as this form of slavery/ forced recruitment by Chinese vessels should be exposed to the world. Horrible practice.

31/05/2019 09:16:39 WIB
Susi Pudjiastuti @susipudjiastuti

@sibaranm2 @SCMPNews 1. The practise in this thread is happen in foreign vessel, in foreign country. In Indonesia if that happen now they will get very strong punishment. Our ministerial will revoke,blacklisted the company for fishing in Indonesia water. KKP has launched Permen KP no 10 2016 ...next

01/06/2019 01:05:33 WIB
Susi Pudjiastuti @susipudjiastuti

@sibaranm2 @SCMPNews 2. Permen KP no 10 year 2016 on Human Rights compliances in fishery Industry in Indonesia, applied to fishing, manufacturer, processor of any fishery products.

01/06/2019 01:07:15 WIB
DITAF @ditafhero

@munasir88 @susipudjiastuti @sibaranm2 @SCMPNews Kalau kasusnya seperti ini harusnya yang turun tangan Menlu dan Menaker kayaknya.

02/06/2019 14:43:25 WIB
Achmad Harori @HaroriAchmad

@SCMPNews Padahal kapal perikanan yang lain makmur kok, korea selatan misalnya, teman sya banyak yg bekerja disana, mereka pulang pulang bawa duit banyak, bangun rumah, beli mobil, istri cantik. Tapi kapal perikanan cina kok sengsara.

01/06/2019 08:53:04 WIB
Comment @Comment_25

@SCMPNews @Adot1998 Berapa sih harganya air untuk minum? tidak seberapa duit.kenapa harus minum air dari air condition.mungkin saja kehabisan dan belum mendarat.terpaksa minum air hujan .jadi ini video penuh rekayasa dan kesengajaan.kami tidak percaya dgn org2 demikian.selalu bikin hoax dan fitnah.

02/06/2019 18:34:10 WIB
Ghost @yaloneliboi

@tubirfess Masalah ini sebenarnya juga bukanlah suatu hal yang baru, tidak hanya sektor perikanan saja, bahkan di dunia pelayaran in general pun masih banyak kasus yg sama; waktu kerja yg panjang, akomodasi yg tidak memadai, gaji dibawah standar, alat-alat keselamatan kerja yg minim, dll.

09/06/2019 14:23:52 WIB
Ghost @yaloneliboi

@tubirfess Di dunia maritim sendiri ada yg namanya Maritime Labour Convention 2006, di dalam nya mengatur segala hal tentang tenaga kerja maritim yanh meliputi; persyaratan minimum, kondisi pekerjaan, akomodasi rekreasi dan makanan, perlindungan kesehatan dan kepatuhan serta penegakan nya.

09/06/2019 14:31:38 WIB
Ghost @yaloneliboi

@tubirfess Indonesia sendiri baru meratifikasi MLC 2006 ini pada 6 oktober 2016 lalu melalui UU. No 15 tahun 2016. Menurut saya sebuah langkah awal yang bagus walaupun sedikit agak terlambat mengingat Indonesia adalah salah satu penyedia terbesar bagi pekerja pelaut di dunia,

09/06/2019 14:36:16 WIB
Ghost @yaloneliboi

@tubirfess Setelah adanya ratifikasi ini, muncul 2 pertanyaan: 1. Bagaimana hal ini bisa di implementasikan? 2. Siapa yang bertanggung jawab untuk mengawasi nya? Berbicara tentang maritime law dan ketenagakerjaan pasti erat hubungan nya antara Kemen. Perhubungan dan Kemen. Ketenagakerjaan.

09/06/2019 14:42:08 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!