0
Afif Fuad Saidi @AfifFuadS
Sekarang ada Rumah sakit Umum Daerah yang sesuai dengan Prinsip Syariah pic.twitter.com/4maBb7JorS
 Expand pic

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang akhirnya berhasil meraih sertifikasi Rumah Sakit Syariah dari Dewan Syariah Nasional Menjelis Ulama Indonesia, setelah sebelumnya menjadi kandidat sebagai rumah sakit syariah pertama di Banten.

“Alhamdulillah akhirnya kami berhasil mendapatkan sertifikasi RS Syariah. Hasilnya di atas standar rata-rata. Mudah-mudahan membawa keberkahan dan kemaslahatan bagi masyarakat terutama masyarakat Kota Tangerang,” ucap Direktur RSUD Kota Tangerang dr. Feriyansyah pada (27/3/2019) dikutip dari tangerangnews.com. Dirinya menambahkan, keberhasilan meriah sertifikasi RS Syariah tidak terlepas dari standar mutu syariah yang telah dipenuhi oleh RSUD Kota Tangerang.

Terdapat tiga standar mutu wajib syariah yaitu pasien sakaratul maut terdampingi dengan Talqin, mengingatkan waktu salat bagi pasien serta pemasangan kateter yang sesuai gender (Laki berpasangan dengan perawat laki demikian juga sebaliknya). “Jadi memang kita mengkhususkan pelayanan bagi pasien yang muslim, misal ketika pasien meninggal kita membacakan talqin, bahkan kita mengajarkan cara berwudhu dan tayamum kepada pasien yang dirawat,” tuturnya.

Dengan adanya sertifikasi syariah ini, selain bermanfaat untuk pasien muslim, pastinya juga bermanfaat untuk pasien non muslim karena di RSUD Kota Tangerang ini pelayanannya sudah tersertifikasi nasional dan sudah memiliki jaminan halal.

"Hal yang juga membanggakan adalah kita RSUD Syariah pertama di pulau Jawa, berbeda dengan RSUD di Aceh yang memang menerapkan prinsip-prinsip syariah. Itulah yang menjadi luar biasa buat kita semua di sini. Semoga rumah sakit ini terus berkembang mengikuti eranya biar bisa berdaya saing sesuai dengan visi misi Kota Tangerang," tutupnya.

URL Side.id 323 Akhirnya! RSUD Tangerang Berhasil Raih Sertifikasi RS Syariah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang akhirnya berhasil meraih sertifikasi Rumah Sakit Syariah dari Dewan Syariah Nasional Menjelis Ulama Indonesia, setelah sebelumnya menjadi kandidat sebagai rumah sakit syariah pertama di Banten.
Djan Choek Koen @DjanChoek
@AfifFuadS Hmmm...sakit saja masih dibuat ribet, sebegini rumitnyakah Tuhan menata umatnya? atau hanya umatnya yang mencari susah?
arif b santoso @arifbsantoso
@AfifFuadS Oh artinya gitu to, Lanang karo lanang, wedok yo podo wedoke. Doktere bakalan yo ngono. Opo to iki?
e_yunia @emiyunia22
@AfifFuadS Pasien perempuan seyogyanya dokternya perempuan begitu jg sebaliknya ..nanti pengunjung akan diberi sekat terpisah antara laki dan perempuan
Pseudo Pesugihan ++ @kolondang
@AfifFuadS Ganti namanya, jangan lagi Rumah Sakit Umum, tapi jadi Rumah Sakit Khusus Syariah Khilafah Kota Tangerang.
Moel Gurumade @MulyadiMade
@AfifFuadS Nanti dokter yg nanganin persalinan juga harus wanita, yg perlu operasi, yg anestesi ahli bedahnya semua harus wanita dong...siip...🤞
eka via n. w. @viavuvio
@MulyadiMade @AfifFuadS iya tapi gimana caranya, kan sebaik-baiknya wanita harus yg tinggal di rumah merawat suami dan anak. piye arepe sekolah. ruwet
diHar @dihar_aja
@AfifFuadS @imanbr Jadi dokter dan perawat pria untuk pasien pria saja, dokter dan perawat wanita hanya untuk wanita saja? Atau dibuat wing pria wing wanita? Atau jadi ada 2; RSUD Pria dan RSUD Wanita?
Juragan Nuklir 🇰🇵🇮🇷🇦🇺 @Takhul14
@AfifFuadS Ketika keluarga pada capek dan ganti sama temen pasien buat jaga tapi malah lawan jenis. Akhirnya temennya nunggu diluar karena gak bisa nunggu di dalam, dan kalo ada apa2 sama pasien yg nunggu ga bisa apa apa
Firca Aurelia @Fircaaurel
@AfifFuadS Ribet banget yaAllah. Lah kalo yang sakit seorang cewek ngekos terus cuma punya temen satu cowok pula masa iya gaboleh nungguiin 😭
🃏 @gohzah
@AfifFuadS Plot twist: dokternya laki-laki semua, karena dokter wanita dilarang suaminya bekerja selain di rumah. Pasien wanita akhirnya ditangani dokter pria dan perawat pria semua. Ehe ehe ehe 😑😐😶
KAMEN RIDER FAIZ Φ @faizalrozik
Lucu liat reply.an nya, pada marah2.. Yaa.. Yg ribet itu pemikiranmu. Padahal dr sini kt bisa dikasih pelayanan lebih, cont : Gizi Halal dan Toyib sertifikasi MUI. Loundry halal, pengingat waktu sholat, Binroh, fasilitas Pemulasara jenazah sesuai syariat. DLL ~ twitter.com/AfifFuadS/stat…
KAMEN RIDER FAIZ Φ @faizalrozik
Di dlm RS Syariah, ada edukasi juga untk pasien ttp bisa melaksanakan ibadah, mereka diajari cara tahyamum, cara ttp bisa sholat dg keadaan penyakitnya.
KAMEN RIDER FAIZ Φ @faizalrozik
Pingin nglanjutin tweet ini, tapi saya mau kerja dulu.. Dilanjut entar.
#PeaceOnEarth @adamlfs
@AfifFuadS Secara pribadi ane membaca hal ini adalah 'Himbauan' saja, dan tidak ada yang harus diperdebatkan. Yang menunggu ini artinya yang menemani pasien, mengurusi keperluannya, mungkin sampai dengan menginap, dan sebaiknya memang keluarga kan bukan orang lain.
#PeaceOnEarth @adamlfs
@AfifFuadS Disana juga tidak ada larangan 'Pengunjung' pasien laki2/perempuan harus sesuai gendernya, bebas aja kok 🙂
Sophia Zenoth @Gerimiskinyis2
@AfifFuadS Tenang3x,,, itu cuma seyogyanya bukan sesolonya,,, artinya kputusan blm jd kputusan satu2nya 🤪
DUCKOFYORK @junoaggy
Oke gw mo bahas ini tapi dari perspektif hukum kesehatan ya Biar gelar magister gw ada gunanya sedikit twitter.com/tanpaagama/sta…
DUCKOFYORK @junoaggy
Sebenernya salah nggak salah sih karena meskipun RS umum pemerintah gw blm pernah dgr ada larangan buat rsud utk bikin prinsipnya sendiri termasuk mengikuti prinsip syariah
DUCKOFYORK @junoaggy
TAPI, harus diingat bahwa tidak semua pasien dibawa oleh keluarganya. Ada juga pasien2 yang datang dengan bantuan dari orang lain semisal tetangga atau organisasi amal seperti dompet dhuafa, sedekah rombongan dll Ada istilah hukumnya yakni: zaakwarneming
DUCKOFYORK @junoaggy
Zaakwarneming ini adalah perwakilan sukarela, dimana seseorang menyediakan dirinya secara sukarela (gestor) utk mengurus kepentingan org lain. Mengurusnya ga cuma sekadar mengurus melainkan si gestor hrs memperlakukan selayaknya ia adalah bapak dari pasien tsb
DUCKOFYORK @junoaggy
Gw screenshot aja hak dan kewajiban gestor ya Sumber: aprian-wibowo.blog.ugm.ac.id/2012/06/21/zaa… pic.twitter.com/msI4bss2IG
 Expand pic
 Expand pic
Load Remaining (12)
Login and hide ads.