3
Russo Coffee @RussoCoffee
Gus @na_dirs bgmn kita menyikapi hadist ini? Krn pernah mengalami: wktu sya main ke rumah temen saya, tiba2 temen sya tadi menginjak anak cicak yg ada di dekatnya. Sya tanya, kok tiba2 dibunuh? Dia bilang lihat dari hadist Nabi. Trm ksh Gus ๐Ÿ™๐Ÿผ pic.twitter.com/ESGfeCCHtj
Expand pic
idemditto @rightthenfight
@arisXIV @na_dirs ...rasanya itu seperti motivasi pencak silat/beladiri๐Ÿค”๐Ÿ˜„๐Ÿคญ "mens sana in corpore sano" ini luwih Soleh๐Ÿ™๐Ÿ™
Russo Coffee @RussoCoffee
Mohon maaf Gus @na_dirs mau tanya soal hadist yg tempo hari sya tanyakan ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ Mudah2an njenengan berkenan menjawab. ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ˜Š twitter.com/arisXIV/statusโ€ฆ

Saat masih kecil, kita beserta teman-teman di desa sering memburu cicak. Salah satu motivasi kita saat itu adalah kesunahan yang โ€œkatanyaโ€ didasarkan pada sebuah riwayat hadits.

Saat itu, kita sama sekali tidak mengerti bagaimana bunyi haditsnya. Namun saya saat itu sempat ditegur dan dimarahi orang tua. Kata orang tua, โ€œCicak juga ingin hidup nyaman seperti kita. Mereka punya keluarga. Kalau ia mati, siapa yang akan memberi makan anak-anaknya.โ€

Begitulah kiranya kata-kata orang tua saya sembari mencontohkan kalau cicak itu adalah orang tua saya sendiri. Tentu saya, bahkan kita semua tak akan mau jika orang tua kita meninggal karena dibunuh orang lain.

Dan ternyata memang benar, dalam hadits riwayat Muslim terdapat sebuah hadits yang menjelaskan beberapa keutamaan membunuh cicak.

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุชูŽู„ูŽ ูˆูŽุฒูŽุบู‹ุง ููู‰ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ุถูŽุฑู’ุจูŽุฉู ูƒูุชูุจูŽุชู’ ู„ูŽู‡ู ู…ูุงุฆูŽุฉู ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู ูˆูŽููู‰ ุงู„ุซู‘ูŽุงู†ููŠูŽุฉู ุฏููˆู†ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูˆูŽููู‰ ุงู„ุซู‘ูŽุงู„ูุซูŽุฉู ุฏููˆู†ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ

Artinya, โ€œBarang siapa yang membunuh cicak sekali pukul, maka dituliskan baginya pahala seratus kebaikan. Barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua,โ€ (HR Muslim).

Hal ini tentu menjadikan kita bertanya-tanya, benarkah Rasulullah sejahat itu? Padahal dalam riwayat hadits yang lain, tergambar jelas bahwa Rasulullah sangat menyayangi binatang. Tapi mengapa kepada hewan kecil sejenis cicak Rasulullah begitu kejam?

Hal ini tentu paradoks bagi kita. Oleh karena itu, marilah kita pahami hadits anjuran membunuh cicak tersebut dengan seksama, tentunya dengan ilmu pemahaman hadits (fiqhul matan hadits) sesuai yang diajarkan oleh para ulama kita.

Pertama, mengenai redaksi hadits yang digunakan. Dalam memahami hadits, kita harus memastikan redaksi kata yang dipakai dalam hadits tersebut digunakan untuk menyebutkan hal apa pada waktu dahulu. Bukan malah mengartikannya dengan arti yang digunakan manusia zaman sekarang.

Hal ini disebut oleh Al-Qaradhawi dalam Kaifa Nataโ€˜amal ma'a Sunnah-nya sebagai "At-ta'kid min madlulati alfazhil hadits".

Maka kata harus memastikan, kata 'al-auzagh' dalam hadits tersebut apakah untuk menunjukkan kata cicak seperti cicak-cicak di rumah kita atau tidak.

Imam An-Nawawi dalam Syarah Muslim-nya menjelaskan bahwa auzagh yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah yang sejenis saamul abrash, yakni cicak yang dapat mendatangkan penyakit. Atau ditegaskan lagi oleh An-Nawawi sebagai al-hasyaratul mu'dzi (hewan yang dapat menyakiti).

ู‚ุงู„ ุฃู‡ู„ ุงู„ู„ุบุฉ ุงู„ูˆุฒุบ ูˆุณุงู… ุฃุจุฑุต ุฌู†ุณ ูุณุงู… ุฃุจุฑุต ู‡ูˆ ูƒุจุงุฑู‡ ูˆุงุชูู‚ูˆุง ุนู„ู‰ ุฃู† ุงู„ูˆุฒุบ ู…ู† ุงู„ุญุดุฑุงุช ุงู„ู…ุคุฐูŠุงุช ูˆุฌู…ุนู‡ ุฃูˆุฒุงุบ ูˆูˆุฒุบุงู† ูˆุฃู…ุฑ ุงู„ู†ุจู‰ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ุจู‚ุชู„ู‡ ูˆุญุซ ุนู„ูŠู‡ ูˆุฑุบุจ ููŠู‡ ู„ูƒูˆู†ู‡ ู…ู† ุงู„ู…ุคุฐูŠุงุช

Artinya, โ€œPara ahli bahasa mengatakan bahwa cicak dan tokek belang adalah satu jenis, sedangkan tokek belang merupakan jenis cicak yang besar. Para ahli bahasa sepakat bahwa cicak merupakan binatang yang menyakiti. Bentuk jamaknya adalah auzag dan wazghan. Nabi SAW memerintahkan dan menganjurkan untuk membunuhnya karena ia merupakan salah satu hewan yang bisa membuat sakit,โ€ (Lihat Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Minhaj Syarhu Sahihi Muslim, Beirut, Dar Ihyaโ€™it Turats, 1392 H, juz 14, halaman 236).

Dari penjelasan An-Nawawi ini, tergambar jelas bahwa kata auzagh dalam hadits tersebut sama sekali tidak untuk cicak-cicak yang hidup damai di rumah-rumah kita.

Kedua, mengapa diberikan kebaikan (hasanat) bagi membunuhnya dengan pukulan-pukulan tertentu?
Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa anjuran membunuh jenis cicak dalam hadits itu karena ia dapat menularkan penyakit.
Menurut An-Nawawi, anjuran untuk membunuh hewan ini dengan pukulan tertentu karena semakin cepat dibunuh, maka akan semakin membuat diri kita aman dari penyakit.

ูˆุฃู…ุง ุณุจุจ ุชูƒุซูŠุฑ ุงู„ุซูˆุงุจ ูู‰ ู‚ุชู„ู‡ ุจุฃูˆู„ ุถุฑุจุฉ ุซู… ู…ุง ูŠู„ูŠู‡ุง ูุงู„ู…ู‚ุตูˆุฏ ุจู‡ ุงู„ุญุซ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุจุงุฏุฑุฉ ุจู‚ุชู„ู‡ ูˆุงู„ุงุนุชู†ุงุก ุจู‡ ูˆุชุญุฑูŠุณ ู‚ุงุชู„ู‡ ุนู„ู‰ ุฃู† ูŠู‚ุชู„ู‡ ุจุฃูˆู„ ุถุฑุจุฉ ูุงู†ู‡ ุงุฐุง ุฃุฑุงุฏ ุฃู† ูŠุถุฑุจู‡ ุถุฑุจุงุช ุฑุจู…ุง ุงู†ูู„ุช ูˆูุงุช ู‚ุชู„ู‡

Artinya, โ€œAdapun sebab banyaknya pahala yang akan didapatkan saat membunuh dengan sekali pukulan dan seterusnya adalah anjuran untuk membunuh secepatnya dan memusatkan perhatian serta menjaga pembunuhnya. Karena jika membunuhnya dengan beberapa kali pukulan ditakutkan lolos,โ€ (Lihat Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Minhaj Syarah Sahihi Muslim, Beirut, Dar Ihyaโ€™ Turats, 1392 H, juz 14, halaman 236).

Tentunya jika cicak itu lolos, bisa menyakiti orang yang akan membunuhnya. Dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa cicak dibunuh karena meniupi api agar membakar Ibrahim AS, berdasarkan hadits riwayat Bukhari.

ุนูŽู†ู’ ุฃูู…ู‘ู ุดูŽุฑููŠูƒู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽู…ูŽุฑูŽ ุจูู‚ูŽุชู’ู„ู ุงู„ู’ูˆูŽุฒูŽุบู ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽู†ู’ููุฎู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…

Artinya, โ€œRasulullah SAW memerintahkan untuk membunuh cicak. Beliau bersabda, โ€˜Dahulu cicak ikut membantu meniup api Ibrahim AS,โ€™โ€ (HR Bukhari).

Namun hadits ini juga tidak bisa dijadikan alasan untuk membunuh cicak karena illat sebenarnya dari hadits tersebut adalah membahayakan Ibrahim, sama seperti cicak pada masa Rasul saat itu yang dianggap menimbulkan penyakit kusta sebagaimana disebutkan Badruddin Al-Aini dalam Umdatul Qari:

ูˆูŠุตูŠุฑ ุฐู„ูƒ ู…ุงุฏุฉ ู„ุชูˆู„ุฏ ุงู„ุจุฑุต

Artinya, โ€œCicak tersebut terdapat zat yang dapat menimbulkan penyakit kusta,โ€ (Lihat Badruddin Al-Aini, Umdatul Qari Syarah Sahih Bukhari, Beirut, Dar Ihya Turats, tanpa tahun, juz XV, halaman 250).

Dengan demikian argumen yang seharusnya dibangun adalah karena hewan itu membahayakan kita, bukan karena yang lain, apalagi karena dendam atas Nabi Ibrahim AS.

Oleh karena itu hadits ini tidak boleh dipahami dengan bahasa yang digunakan sekarang yakni kata auzagh dalam hadits tersebut disamakan dan diartikan dengan cicak di rumah-rumah kita. Apakah cicak di rumah kita bisa menimbulkan penyakit?

Tentu akan sangat kasihan sekali jika cicaknya diburu oleh anak-anak kecil yang tak tahu apa-apa hanya karena iming-iming pahala mengerjakan sunah. Wallahu a'lam. (Muhammad Alvin Nur Choironi)

Russo Coffee @RussoCoffee
@na_dirs Terima kasih banyak Gus Nadir.. ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ˜Š
Rio Rovihandono @bekantan09
@arisXIV @na_dirs Sy juga penasaran dg hadist ini ketika mendengar di mesjid bbrp hari lalu. Mengapa dianjurkan membunuh cicak? Mhn penjelasannya gus nadir
nyunyu @nunufrozzy
@arisXIV @na_dirs Boro2 mo bunuh, dulu ngliatnya aj udah keringat dingin duluan.... ๐Ÿ˜Š
jogjapokeid @jogjapokeid
@na_dirs @arisXIV Pemahaman dan tafsir terhadap satu hadist tidak dapat dilepaskan dari konteks munculnya hadist.
miss j @julerocks
@na_dirs @arisXIV Wahh, makasih banget, prof! Sy sndri trmsk yg msh mencari-cari penjelasan soal hadis tsb. Akhirnya tercerahkan juga, ๐Ÿ˜„โœŒ๐Ÿป
Nurisma @nitzcenitz
@na_dirs @arisXIV Alhamdulillah. terimakasih telah mewakili pertanyaan saya Mas Aris. terimakasih Gus Nadir untuk penjelasannya
Andi @Andi60264157
@arisXIV @na_dirs Bukankah riwayat membunuh cicak krn meniupkan api makin besar sprt kata hadist al bukhari pic.twitter.com/FBmjsbYpod
Expand pic
Zultan Audi Ballashin @audiballashin
@na_dirs @arisXIV Pada saat Nabi Ibrahim AS ingin dibakar oleh raja Namrud, binatang cicak turut serta ikut meniup api.. maka itulah sebabnya.
Nurisma @nitzcenitz
@ZAB1896 @na_dirs @arisXIV sudah baca isi link yang dikasih Gus Nadir blm mas? sepertinya blm ya
Juragan Beras @irfan_alwazani
@na_dirs @arisXIV Karna ee cicak suka jatoh sembarangan. Berburu cicak, kasih ke kucing. Jadi pupuk lu cicak
Fahmi @FahmiMuwafiq
@na_dirs @arisXIV Dan pada suatu hari temen2 satu kos rame2 berburu cicak di dinding karena membaca 'terjemahan' hadis bukan penjelasannya. Tabik.
Bandar Lem Aibon @Budiawan1985
@na_dirs @arisXIV Alhandulillah saya dapat ilmunya... Sblm tau sya juga bingung,kenapa mmbunuh cicak dapat nilai paha sunah katanya...oh ttnyata jenis cicak yg mungkin bukan jenia cicakยฒ di dinding,yg diamยฒ merayap itu,yg dtg seekor laยฒt,hap lgsung di mkn itu rupanya๐Ÿ˜
Atasnamarudy @atasnamarudy
@na_dirs @arisXIV Mungkin skrng spt nyamuk demam berdarah. Wallahu a'lam
Tunjung Dharmalia Wr @tunjung_dharma
@na_dirs @arisXIV Mungkin diutamakan sekali pukul agar tidak menyiksa si cicak juga ya. Kalau langsung mati kan cicaknya ga menderita..
Dee Mustika @deemustika77
@na_dirs @arisXIV Alhamdulillah dapat pencerahan, selama ini saya cukup bingung, waktu ada seorang teman memberitahu bahwa membunuh cicak dapat pahala, karena kisah Nabi Ibrahim tsb. Apa iya ada dosa turunan? waktu itu tanya saya kepada temen. Matur nuwun Gus ๐Ÿ™
Ahmad Syaifudin @Syaif_27
@na_dirs @arisXIV Terima kasih Gus atas penjelasannya. @nu_online semoga tambah banyak lagi artikelnya.
Triana @DanishaneSegoro
@na_dirs @arisXIV Cicak yg menyebabkan kusta,spt apakah cicaknya,gus
Load Remaining (1)

Comment

Login and hide ads.