0
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
[THREAD] REVENGE PORN. Adakah teman-teman sering menemui headline berita semacam ini?? Atau mungkin sekarang ini bahkan mengalami hal yg sama seperti mereka?? Buat saya, Revenge Porn adalah titik tantangan akhir dari upaya kalian yg mau keluar dari zona ABUSIVE RELATIONSHIP. pic.twitter.com/cGupZiicbk
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
[THREAD] ARE YOU SURE YOUR SEXUAL ACTIVITIES REALLY SAFE? Apa sebenernya indikator seks yg aman itu? Apa dgn kalian gak hamil? Apa dgn kalian tidak tertular Sexually Transmitted Diseases (STD)? Belum banyak yg menyuarakan bahwa aktivitas seksual jg pny konsekuensi psikologis.
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
DISCLAIMER : THREAD ini BUKAN bertujuan untuk kampanye melakukan seks bebas. Namun sebatas sharing bahwa aktivitas seksual, khususnya usia remaja, punya dampak psikologis serius. Banyak case ABUSIVE relationship yang berawal dari aktivitas seksual dgn pasangannya. Kok bisa?
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Kita berangkat dari data. Sayang data yg kuambil dari kemenkes ini data lama komparasi tahun 2007 dan taun 2012. Tapi setidaknya ini bisa memberikan kita gambaran bahwa cukup banyak yg melakukan aktivitas seksual pada usia remaja/pelajar (15-19 tahun). pic.twitter.com/Y9dJiyDjBq
Expand pic
Expand pic
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Lalu apa hubungannya dengan perilaku abusive dari pacar?? Lagi-lagi kita kembali ke data. Ini data yang kuambil dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2018. pic.twitter.com/c72qonihE5
Expand pic
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Tindakan apa yang tergolong dalam aktivitas kekerasan seksual?? Komnas perempuan merangkumkan kategori perilaku aktivitas seksual ke dalam 15 bentuk. Ini didapatkan dari pengamatan kejadian di lapangan selama 15 tahun (1998-2013). pic.twitter.com/lgjbhhlydD
Expand pic
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Dari ketiga data diatas, bisa kita simpulkan bahwa banyak korban kekerasan seksual yang terjadi pada usia PRA NIKAH. Dan pelaku didominasi oleh pacar sendiri dgn proporsi cukup besar. Apa tanda pacarmu melakukan perilaku abusive? Kenali sejak dini ciri-cirinya. pic.twitter.com/dARLHQNLJw
Expand pic
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Lalu apa kaitannya perilaku abusive dgn konteks isu safe sex?? Saya ambil contoh ilustrasi beberapa kasus berikut : pic.twitter.com/xffNhaBtjR
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Sudah bisa melihat kaitan abusive behavior dan safe sex yg kumaksudkan? Yes. Sex yg aman itu gak cuman sekadar kamu gak hamil. Gak cuman sekadar kamu bebas HIV/AIDS. TAPI JUGA BEBAS DARI SEGALA BENTUK INTIMIDASI/KEKERASAN YG AKAN DATANG DI KEMUDIAN HARI.
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Saya kasih ilustrasi cerita. Ada cewek sebut aja Mawar. Punya pacar namanya Bento. Bento mengajak Mawar untuk ngeseks sbg bentuk perayaan anniversary setaun mereka pacaran. Mawar awalnya menolak krna pengen tetep virgin. Kemudian akhirnya mau juga setelah dibuai janji manis.
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Singkat cerita, terjadilah adegan seks itu. Mawar menyesal krna udah ilang perawannya. Yg sudah terjadi ya terjadilah. Mawar kemudian jadi sering merasa insecure. Lebih posesif dan lebih cemburuan. Takut Bento ninggalin dia meski udah banyak janji-janji manis yg udah diucapkan.
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Bento kemudian merasa gak nyaman. Krna ngrasa Mawar makin annoying, Bento mulai menampar muka Mawar untuk pertamakalinya. NORMALNYA, cewek gak suka dikasarin sama siapapun. Cuman krna psikologis Mawar ini sudah kadung insecure takut ditinggalin, eh ya dia malah minta maaf dong.
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Akhirnya Bento melihat ini sbg celah untuk memanfaatkan Mawar. Mulai pelan-pelan dimintai uang. Ngancem ninggal pergi kalo gak mau diajak ngeseks lagi. Pas ngeseks di video, biar jadi senjata buat ngancam Mawar kalo misal dia yg siap move on.
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Dengan ilustrasi diatas, apakah aktivitas seksual Mawar diatas bisa dikatakan AMAN?? Apakah Mawar hamil? Tidak. Apakah Mawar terkena penyakit HIV/AIDS? Tidak. Tapi apa Mawar depresi dan tertekan? IYA. Jadi secara psikologis, aktivitas seksual itu punya konsekuensi berat.
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Gak semua orang menganggap aktivitas seksual itu hal yg biasa. Yang gak cocok sama ini, pindah yg lain dgn cepatnya. Ga semua anak bisa gitu. Ada anak yg ngeseks krna terjebak rayuan manisnya. Tp setelah itu gak siap sama konsekuensi psikologisnya. Jadilah korban abusive.
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Jadi, hati-hati aja buat temen2 di luar sana. Jaga diri semaksimal mungkin. Jangan ragu untuk mencari pertolongan kalo kalian terjerat dalam hubungan abusive seperti ilustrasi diatas. Perbanyak edukasi soal bahaya abusive relationship dan revenge porn. twitter.com/WidasSatyo/staโ€ฆ
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
Terimakasih udah membaca gaes. Silahkan memberikan feedback jika emang ada yg perlu didiskusikan. ๐Ÿ˜Š [THREAD - END]
Risca ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ @cphyrisca
@WidasSatyo Ini bener dan memang sering terjadi brother. Lalu bagaimana cara untuk menghindari hal ini? karena banyak yang terjebak dalam hubungan toxic seperti ini.
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
@cphyrisca Kalo bicara pencegahan, perbanyak sex education semacam ini dan tolak kalo diajak seks bebas. Khususnya kalo psikologismu blm siap. Kalo bicara penindakan, support orang terdekat jadi kunci keluarin mereka dr zona toxic itu. Libatkan polisi jika sudah membahayakan nyawamu.
Risca ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ @cphyrisca
@WidasSatyo Ini kan kebanyakan terjadi pada remaja ya. Kalau di sekolah diberi mata pelajaran tambahan semacam sex education guna meminimalisirkan terjadinya hal seperti yang disebutkan diatas, gimana menurutmu?
Widas ๐ŸŠ @WidasSatyo
@cphyrisca Menurutku malah harus. Jaman terus berubah. Apa yg dulu dianggap tabu sekarang itu sudah dianggap biasa. Sekolah harus bergerak mengikuti zaman. Sekolah harus punya peran untuk melindungi siswa-siswanya. Agar tidak menjadi pelaku atau korban.
Risca ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ @cphyrisca
@WidasSatyo Ya.. Aku sependapat denganmu :))) Ntar aku mau nyaranin hal ini ke tempat sekolah dimana orang2 terdekatku mengajar hehe #mulaiajadulu Terimakasih udah mau sharing

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.