0
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Gus Irawan @Gerindra #sumut2: sudah hadir ada 9 anggota dari 7 fraksi jadi rapat ini sdh memenuhi quorum
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Gus Irawan @Gerindra #Sumut2 membuka RDP dgn Badan Geologi KemenESDM, Kepala Informasi Geospasial, dan Ikatan Ahli Geologi ttg Konsep Mitigasi dan Adaptasi Bencana Geologi pukul 12:25 WIB rapat ini di ttd 9 anggota shgg dinyatakan kuorum & dinyatakan terbuka pic.twitter.com/tSw0y8NiMg
 Expand pic
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Gus Irawan @Gerindra #Sumut2 : byk lembaga terkait yg dapat berkolaborasi selain BIG misalnya LIPI, BPPT, Pusat Studi Gempa KemenPUPR, Pemda atau lembaga non-pemerintah peran pemerintah dan BIG dlm hal perpetaan sgt vital sesuai dgn tugas & fungsinya
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: dampak positif (+) kesuburan tanah yg tinggi, 128 cekungan sedimen, 29 menifestasi panas bumi, 421 cekungan air tanah, 5 jalur metalogenic.
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: Dampak Negatif (-) ancaman letusan Gunung (127 gunung api), Gempa bumi (3 lempeng tektonik aktif), tsunami dan tanah longsor.
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 kepala badan geologi KemenESDM : terimakasih atas undangannya. Indonesia Secara geogarafis berada pada pertemuan 3 lempeng. Postif: kesuburan tanah yang tinggi. Negatif : banyak terjadi bencana. Peran negara: dalam pembukaan UUD 1945. 6-12% gempa bumi di indonesia.
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi, KemenESDM: apa yg kita lakukan sdh ada landasan hukum; fungsi perlindungan dan pendidikan masyarakat, UU No.24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, UU No. 26 tahun 2007 tentang penataan ruang.
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi, KemenESDM: PP No. 21 Tahun 2008, PP No. 13 Tahun 2017PerMen ESDM No. 15 Tahun 2011
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: mitigasi Bencana Geologi berdasarkan UU 24 Tahun 2007 dilaksanakan hanya pada tahap pra bencana, pd kenyaraannya tugas yg dilaksanakan Badan Geologi meliputi seluruh tahap (prabencana, tanggap darurat, dan pascabencana)
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: di dalam pemulihan dr keadaan darurat Badan Geologi memberikan daerah aman.
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: dinamika geologi sudah terjadi sejak 4,5 milyar tahun yg lalu. Banyaknya geologi (gempa bumi, tsunami, erupsi gunung api, dan gerakan tanah). Bencana terjadi karena kehadiran manusia.
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: sifat bahaya gunungapi, gempabumi, gerakan tanah. pic.twitter.com/XnoVL8BmW2
 Expand pic
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi, KemenESDM: gempa bumi zonasi bahaya bisa diketahui, karakter dampak bisa luas terutama pada padar penduduk, fokus mitigasi pemetaan detail sosialisasi rekomendasi rekayasa teknik.
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi, KemenESDM: penguatan strategis mitigadi bencana geologi kedepan dilakukan dengan penguatan kajian geologi pemetaan kawasan rawan bencana dan memberikan teknis tata ruang.
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: Penguatan starategi mitigasi bencana geologi kedepan; pic.twitter.com/pbcPk44bKL
 Expand pic
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: contoh rekomendasi pasca bencana untuk penataan ruang. pic.twitter.com/JvFIrBF95u
 Expand pic
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: tahun 2019 kita sdg melakukan kegiatan untuk wilayah Jakarta karena para ahli mengatakan kalau Jakarta sudah tidak aman dan terancam. Kami sudah memilih 5 kota yg rentan dgn metode kajian geologi rinci.
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: tahun I sebanyak 13 lokasi, Tahun II sebanyak 13 lokasi, Tahun III sebanyak 10 lokasi dan sampai Tahun V
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: Kajian geologi terpadu daerah jabodetabekpunjur & cekungan Bandung (2019) pic.twitter.com/4wyd9afXB4
 Expand pic
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: dgn BIG sudah melakukan kerja sama. Kita sdh bersepakat tentang informasi dasar yg disediakan oleh BIG. Badan Geologi sebagai wali data dgn tanggung jawab 10 peta tematik
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi, KemenESDM: Terkait dngan sinergi dengan BIG dan stakeholder. dengan BIG sudah melakukan kerjasama tentang informasi dasar. Dan badan geologi sebagai wali data sesuai dengan peraturan presiden No 9 tahun 2016; kebijakan satu peta.
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: BIG dan Kemendikbud sedang menyusun Atlas Indonesia dan Dunia untuk siswa SMA, Badan Geologi meripakan kontributor untuk tema kebumian, dan Badan Geologi mengusulkan 10 peta tematik dan kegiatan KSP
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi, KemenESDM: Sinergi badan geologi dengan BIG pada kejadian longsor di Sukabumi, wilayah mana yang masih terancam dan dimana harus adanya relokasi dari wilayah yang masih terancam.
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Kepala Badan Geologi KemenESDM: Sinergi Badan Geologi dan BIG di longsor Cisolok; pic.twitter.com/it8X05ZzFG
 Expand pic
WikiDPR 2 @WikiDPR2
#kom7 Badan Informasi Geospasial (BIG): Setiap peta baik itu Peta Dasar atau Peta Tematik perlu ketinggian 0. Data ini juga bisa untuk digunakan oleh TNI Laut.
Load Remaining (126)
Login and hide ads.