1
Galuh Pandu Larasati @galuhpandu
Kenapa sih orang-orang benci dan rasis banget sama orang “China”? - Utas - pic.twitter.com/bQW2STzJxO
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Galuh Pandu Larasati @galuhpandu
Tidak ada orang Indonesia yang Pribumi pic.twitter.com/VPjHWfwNY0
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Galuh Pandu Larasati @galuhpandu
Ada orang Indonesia yang bermata biru juga ~ pic.twitter.com/lvldzN4wi0
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Galuh Pandu Larasati @galuhpandu
Jadi kita ini Warga Negara Indonesia, dari berbagai etnis pic.twitter.com/JKuw6Fz6yU
Expand pic
Expand pic
Galuh Pandu Larasati @galuhpandu
Coba cek mereka keturunan dari mana aja.. sangat beragam. Walaupun lahir dan hidup di Indonesia, tapi gen kita bisa didapat dari mana aja. Jadi buat apa sebenernya rasis? Hidup damai berdampingan enak kan :) pic.twitter.com/K1B69L40lT
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Elfinda 🌜 @elfindataufik
@galuhpandu Mungkin ada benarnya thread ini, saya sendiri punya teman dekat orang keturunan Cina, tapi sayangnya masih ada dari mereka yang keluarganya melarang untuk berteman dengan orang selain Cina, kalo itu gimana? Berarti rasisme nggak datang dari keturunan asli Indonesia aja kan.
Galuh Pandu Larasati @galuhpandu
@elfindataufik Kebalik berarti nih ya.. kalo boleh tau kenapa mereka melarang?
Jeremy Ernst @jerryernst
@galuhpandu @elfindataufik Bantu jawab ya. Hasil dari rasisme dan eksploitasi finansial serta intimidasi kepada etnis Tionghoa, pada akhirnya menimbulkan prasangka balik. Narasi yang sering muncul itu, "jangan berteman dengan yang beda ras, nanti dimanfaatin uangnya aja."
Nyoto @akaryajagad
@galuhpandu Dulu waktu kuliah satu kelas 42 orang dan 41 orang tionghoa selain saya yg pribumi sendiri, kadang malah nyesek mereka jga rasis kok ke saya waktu itu, menganggap kasta mereka lebih tinggi sepertinya, walaupun ada jga yg baik tapi rata2 masih rasis jga haha
Kanya @kanyaprasetyo
@Tvrcyo @galuhpandu Ya intinya rasisme ini 2 arah juga. Selama kita belum bisa merangkul dan mengakui etnis Tionghoa sebagai bagian dari warga negara Indonesia, selama itu pula kebencian dan rasisme ada.
Galuh Pandu Larasati @galuhpandu
@kanyaprasetyo @Tvrcyo Hasil dari pemisahan identitas pada masa kolonial dan menimbulkan kebencian turun temurun pada masyarakat Tionghoa akhirnya menimbulkan prasangka balik. Yuk skg kita sama2 menyadari dan merangkul semua etnis bahwa kita semua bagian dari Indonesia❤️

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.