CARA EFEKTIF CEGAH BAU MULUT SAAT PUASA

Ketika puasa, kita pasti sering mengalami yang namanya bau mulut. Ini wajar, karena selama berpuasa, kita tidak mengonsumsi makanan dan minuman apapun selama kurang lebih 13-14 jam. Perut yang kosong dan mulut yang kering tentunya bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.
viralnow jenggot pria SCANDAL National Folti baffi foltibafficlub
0

Folti Baffi - Ketika puasa, kita pasti sering mengalami yang namanya bau mulut. Ini wajar, karena selama berpuasa, kita tidak mengonsumsi makanan dan minuman apapun selama kurang lebih 13-14 jam. Perut yang kosong dan mulut yang kering tentunya bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Kita pasti nggak pede bener nggak bro kalo kita bau mulut? Kita jadi ragu-ragu ketika ngobrol sama orang lain, dan bahkan jadi nggak nyaman sama diri sendiri.

Tapi jangan khawatir, Gw punya cara efektif untuk mencegahnya bro yang Gw dapat dari detikHealth. Yuk simak penjelasannya dibawah ya!

Berikut Cara Mudah Mengghilangkan bau mulut di Waktu Puasa
1. JANGAN MAKAN MAKANAN YANG BAU KETIKA SAHUR

Hindari makanan yang berbau tajam seperti petai, jengkol, dan durian karena makanan tersebut bisa memperburuk masalah bau mulut. Sebagai gantinya, menurut Prof DR drg Melanie S.Sjamil, MBiomed dari Fakultas Gigi Universitas Trisakti, kita bisa mengonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air.

2. BANYAK MINUM AIR PUTIH

Bau mulut bukan hanya melulu soal makanan yang berbau tajam, tetapi juga soal seberapa banyak Lo mendapatkan asupan air, terutama saat sahur dan malam hari. Dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwita Surapsari, MGizi, SpGK mengatakan bahwa kita harus mencukupi kebutuhan air selama menjalankan ibadah puasa.

3. GOSOK GIGI DAN LIDAH

Salah satu cara yang bisa Lo lakukan untuk mencegah bau mulut adalah dengan menjaga kesehatan kebersihan rongga mulut, baik gigi maupun lidah. Dokter gigi drg Nada Ismah, SpOrt, dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, mengatakan bahwa sikat gigi sesudah sahur sangat penting karena sisa makanan setelah sahur yang tidak dibersihkan bisa tertinggal di gigi dan menjadi plak. Nah, bau mulut itu penyebabnya adalah karena ada sisa makanan yang membusuk, lalu menjadi plak. Kalo lama didiamkan maka itu bisa menyebabkan gigi berlubang, gusi bengkak, yang menambah aroma tidak sedap di mulut.

Sementara itu, drg G.A.P Langgeng Sari dari RS mayapada Jakarta mengatakan penting untuk menyikat gigi dan menggosok lidah untuk membersihkan bakteri yang bisa menimbulkan bau mulut. Membersihkan lidah adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Lidah merupakan tempat dimana berkumpulnya bakteri. Apabila kita menyikat gigi tanpa membersihkan lidah, maka bakteri di gigi bisa berpindah ke lidah.

4. KUMUR DENGAN OBAT KUMUR

Setelah Lo menggosok gigi dan lidah, akan lebih baik kalo selanjutnya Lo berkumur dengan menggunakan obat kumur antiseptik. Dr Mery Sulastri, Trainer Mundipharma Indonesia mengatakan bahwa berkumur dengan obat kumur bisa membantu dalam mengendalikan flora di mulut.

5. STOP MEROKOK

Udah banyak banget sepertinya kerugian yang bisa kita dapatkan ketika merokok, dan satu lagi adalah menimbulkan bau mulut terlebih ketika berpuasa. Untuk itu bro, sebaiknya hindari aktivitas merokok ketika bulan Ramadan. Akan lebih baik lagi sih kalo Lo berhenti.

Nah, itu dia bro 5 cara efektif yang bisa Lo lakukan untuk mecegah bau mulut saat puasa. Semoga artikel ini bermanfaat ya, thanks and have a nice day!

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.