1
Yogyakarta - Sebelum terjun ke dunia politik, Amien Rais adalah salah satu pengajar di Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dia bahkan mencapai puncak karir seorang akademisi sebagai guru besar atau profesor. Namun UGM menyebut gelar itu kini telah hilang.

Ketua Dewan Guru Besar UGM, Koentjoro, mengakui memang banyak pertanyaan yang diajukan kepadanya berkaitan dengan tanggung jawab Amien Rais kepada masyarakat sebagai seorang profesor.

"Saya selaku Ketua Dewan Guru Besar Universitas Gadjah Mada barangkali banyak yang menanyakan, kan beliau (Amien Rais) profesor, lalu bagaimana tanggung jawabnya?" ungkapnya kepada wartawan di kampus UGM, Jumat (24/5/2019).

"Memang di Gadjah Mada guru besar itu memiliki tiga komisi, satu komisi tentang pendidikan, yang kedua komisi tentang nilai-nilai ke-UGM-an, yang ketiga adalah wawasan kebangsaan," lanjutnya.

Perihal aspek kebangsaan, kata Koentjoro, pihak UGM menjunjung tinggi kebebasan akademik setiap civitas akademikanya. Namun ia menolak berkomentar mengenai Amien, karena yang bersangkutan sudah pensiun dari UGM.

"Beliau sudah pensiun. Guru besar atau profesor itu adalah jabatan akademik, sehingga ketika beliau itu pensiun maka jabatan akademik sebagai guru besar itu pun sebetulnya juga harusnya hilang," pungkas Koentjoro.

Sementara itu Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Panut Mulyono, menegaskan apa yang dilakukan politisi senior mien Rais bukan tanggung jawab institusinya. Sebab Amien Rais sudah pensiun dari kampus.

"Profesor Amien Rais itu sudah purna, sudah pensiun dari Universitas Gadjah Mada, sehingga secara institusi (UGM) sudah tidak ada ikatan secara struktural ya dengan Profesor Amien Rais," kata Panut.

"Sehingga apa yang beliau (Amien Rais) lakukan itu bukan tanggung jawab Universitas Gadjah Mada, tentu menjadi tanggung jawab pribadi beliau. Saya kira demikian," lanjutnya.

sumber: news.detik.com

Dumdum @yusuf_dumdum
PENGUMUMAN! Dewan Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyebut gelar guru besar atau profesor untuk Amien Rais kini telah hilang. ๐Ÿ™ news.detik.com/berita-jawa-teโ€ฆ
darie @alterdarie
@yusuf_dumdum Alhamdulillah almamater saya bebas dari sengkuni
Jokowi2Periode @KampretTolol02
@yusuf_dumdum Gelar Guru Besar Provokator Indonesia Sebagai Pengganti Gelar Profesor. ๐Ÿ˜ˆ
hen @henlim83
@yusuf_dumdum Gak apa Kami akan tetap panggil PROV koq Dari Prof,downgrade ke Prov Dari Bapak Bangsa,downgrade ke Provokator Bangsa Indah nya hidup anda mbah
Nurdin Mr @masterjejeng
@yusuf_dumdum Ingat kata2 Gus Dur, selamanya Amien Rais akan jadi GELANDANGAN POLITIK
Mukhtar PM @mchtarpm
@yusuf_dumdum Makanya sya lebih suka menyebutnya si mbah Peot Arsitek Provokasi bukan lagi menyebutnya sbg profesor (Prof.) tapi menyebutnya sebagai Provokator (Prov)
jhon arta wan @ArtawanJon
@masterjejeng @yusuf_dumdum Sampah yg sudah tidak berguna lagi. Tinggal kapan waktunya itu sampah akan dibungkus dan di buang ke tong sampah.
Kang Petruk @tongtong_sot
@RendroPrayogo @yusuf_dumdum Pencabutan gelar "Prof" sekaligus pengukuhan gelar "PROV"
Jasmine @anyelirbiru70
@yusuf_dumdum Semakin kesini pak Amien Rais semakin ngawur, dulu saat 98 kami mengagumi pak Amien, yg bersama2 dg aktivis 98 gencar menentang orba dan komplotannya, tapi kenapa sekarang pak Amin malah bergabung dg bagian Orba. Pak Amien tak punya pendirian
Lanange Jagad @BPribas
@alterdarie @yusuf_dumdum Hahahaha awalnya almamatermu pencetak sengkuni ya ? ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
darie @alterdarie
@BPribas @yusuf_dumdum dulu sih katanya bapak bangsa, sekarang sengkuni bangsa, untung dah hengkang
henny fatimah @henny_fatimah
@henlim83 @yusuf_dumdum prof jadi prov๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Lanange Jagad @BPribas
@alterdarie @yusuf_dumdum era reformasi amin rais sempat diuntungkan dg sebutan bpk reformasi padahal aslinya hanya numpang pd gerakan itu.
Gendhonlin @guhendulenlove
@anyelirbiru70 @yusuf_dumdum Itu demi kardus dan kekuasaan. Makanya smua anaknya nyaleg dmana mana biar bs berkuasa d dpr
BiLLRaY @BiLLRaY_
Universitas Gadjah Mada (UGM) mencabut gelar profesor dari Amien Rais. Gelar profesor untuk Amien Rais tidak lagi digunakan karena ia sudah pensiun sebagai pengajar. #TangkapMustofaNahra pic.twitter.com/3xAq0fpcKY
Load Remaining (16)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.