Diteriaki dengan Kata-kata Kasar: Video dan Kronologis Jurnalis RTV Dapat Persekusi dan Intimidasi Saat Meliput Kerusuhan 22 Mei

Dua jurnalis media RTV menjadi korban persekusi oleh massa saat meliput kericuhan yang terjadi di jembatan Jati baru, Jakarta pusat.
flyover intimidasi Video Viral persekusi rtv viralnow Jatibaru jurnalis
0

Dua Jurnalis RTV mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari massa perusuh saat meliput di kawasan Tanah Abang, Rabu (22/5/2019)

Putri Yhudistira @PYhudistira
#jokowi2periode #01indonesiamaju #WinterIsComing : RT feyzheng: Ini hanya salah satu dari beberapa jurnalis yg mengalami persekusi saat liputan Aksi 22 Mei. Lokasi: Jembatan Jati Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat Jurnalis RTV: Reporter iBedisa Video Jouโ€ฆ pic.twitter.com/1FoDE3U0VS
Anang A F @AnangAF5
@PYhudistira Dikiranya metro tv karna sama-sama biru. Gobloknya itu tulisan RTV ndak dibaca tapi langsung nyolot. Maklumlah, SALTO. Salah taruh otak.
emi_yunia @emiyunia22
@PYhudistira Mrk tdk tau bhw apapun demo nya, kode etiknya adalah tdk boleh mengganggu media yg sdg melaporkan dan meliput, mobil ambulan dan tim medis ..
Ratih @auliacantik1
@PYhudistira Siapa suruh ada ditengah2 situ... Kena deh ente mb... Aneh... Biar tenar y mb
Yonatan Purba ๐ŸŽน @yonpurba
@chriztn @pgribuankristo @auliacantik1 @PYhudistira Wkwk namanya wartawan liput ya ketengah. Dimana2 demo ya supaya dilihat ya ajak wartawan live bukan disuruh ke pinggir ๐Ÿ˜…
Yunarto Wijaya @yunartowijaya
Kalian bukan sedang gunakan hak dlm demokrasi, kalian pembuat onar, kalian perusuh, kalian harus ditangkap! twitter.com/PYhudistira/stโ€ฆ
Froosch @Froosch
@yunartowijaya Beraninya rame2 ngeroyok 1 jurnalis cewek. Giliran berhadapan sama aparat langsung keok. Orang2 model ini ya yang kerandanya diangkat @aniesbaswedan dan biaya pengobatannya ditanggung pakai anggaran DKI dari PAJAK warga jakarta yg kotanya dirusak??
Jack Saragih @SaragihJack
@yunartowijaya RTV harus membawa hal ini keranah Hukum utk pembelajaran bagi jenis manusia yg tdk punya tata krama yg baik.
lulu @for__0701
@yunartowijaya Mereka ga tau kalo jurnalis dilindungi oleh UU Pers. RTV, bawa aja ke jalur hukum lah
generasi 4.0 @bewantoro
@tsuroiya Kalo boleh tau ...sebabnya apa ya jurnalis rtv mendapat perlakuan seperti ini?
ienas Tsuroiya @tsuroiya
@bewantoro Ya harus ditanyakan pada pendemo, dong.. Mana saya tahu๐Ÿค”
T i t y @tiedictator
@feyzheng @iBedisa @mutiarafnoya @innesudjono Kalo metro tv gw masih ngerti. Tapi kok bisa RTV diginiin juga?
Faris Azkash Shidqy @farisazkshdqy
@tiedictator @feyzheng @iBedisa @mutiarafnoya @innesudjono Mungkin karena warna seragamnya yang sama2 biru jadinya disangka jurnalis MetroTV... Padahal itu kan seragamnya RTV ๐Ÿ˜‘

Rajawali Televisi (RTV) mengeluarkan kronologi resmi persekusi yang dialami dua wartawan mereka ketika meliput kerusuhan di Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/5).

dalam keterangan resmi RTV dijelaskan bahwa keduanya ditugaskan untuk meliput aksi massa yang terjadi di sekitar Jalan Jatibaru, Tanah Abang Jakarta Pusat, pada hari itu.

Intan dan Rahajeng tiba di jalan layang Jatibaru sekitar pukul 10.30 WIB saat sedang terjadi kerusuhan. Kerusuhan di Jalan Jatibaru mereda sekitar pukul 11.00 WIB, setelah massa terpecah menjadi dua bagian.

Setelah massa menyusut, Intan melakukan Live On Tape (LOT) sekitar pukul 11.20 WIB. Saat sedang melakukan LOT, tiba-tiba belasan orang yang awalnya hanya menonton di pinggir jalan, merengsek masuk dan melakukan persekusi sekaligus intimidasi terhadap mereka.

Massa terus bertambah hingga berjumlah lebih dari 20 orang. Melihat situasi ini, petugas TNI AD yang sedang bertugas di sekitar lokasi langsung menyelamatkan Intan dan Rahajeng. Keduanya dibawa ke sebuah jalan kecil di sekitar lokasi yang dijaga oleh TNI AD.

Intan dan Rahajeng berada di lokasi evakuasi tersebut selama kurang lebih 1 jam. Mereka berhasil dijemput oleh driver yang bertugas bersama mereka, kembali ke kantor RTV dan tiba sekitar pukul 15.00 WIB.

Login and hide ads.