Biar Ga Gagal Paham Soal VPN! Thread Edukatif Mengenai VPN dan Pemblokiran Medsos.

Banyak yang pake VPN buat menembus pemblokiran media sosial. Banyak juga isu yang beredar kalau VPN bikin data2 sensitif kita bocor. Benarkah?
sosmed DNS Internet vpn blokir
4
Megan @ganmegan
[A THREAD] Berhubung lagi rame-rame soal VPN, mari kita berbicara tentang serba-serbi VPN. pic.twitter.com/ajb4ik1z45
 Expand pic
Megan @ganmegan
Jadi, kita mulai dari definisi. Apa sih VPN itu??... VPN adalah kependekan dari Virtual Private Network. Artinya, kita mengakses internet bukan hanya lewat provider internet kita (kayak Telkom, Biznet, dll) tapi juga ditambah satu lapisan jaringan lagi, yaitu VPN itu tadi.
Megan @ganmegan
Kegunaan VPN bermacam-macam... Ada yang dipake buat nembus blokiran dari pemerintah/regulator, ada yang dipake dengan tujuan nyembunyiin asal negara kita dari website yang mungkin nge-track dan ada yang dipake biar ga ada yang nyadap koneksi kita.
Megan @ganmegan
Analogi sederhananya begini, A ingin ngirim surat ke C. Tapi kata Pak Pos, A dilarang ngirim dan menerima surat dari C, karena C itu orang yang ga baik (sok suci bet Pak Pos).
Megan @ganmegan
Akhirnya, A ngirim surat ke si B, yang mana si B ini ngasih jasa buat ngirimin surat ke/dari pihak yang Pak Pos ga mau ngelayanin, yaitu si C.
Megan @ganmegan
Nah, si A adalah kita (user), Pak Pos adalah ISP yang terikat dengan regulasi pemerintah (Telkom, Biznet, dll), B adalah VPN, dan C adalah website yang menurut regulator adalah "kurang baik".
Megan @ganmegan
Pertanyaan yang sering dibahas soal VPN: "VPN bikin lelet ga?" Jawabannya: lelet adalah relatif. tapi memperlambat koneksi, iya! Karena, walaupun Pak Posnya ngebut nganterin surat seperti biasa, tapi tetap ada step tambahan.
Megan @ganmegan
Jadi lambat/tidaknya koneksi tergantung kecepatan si B (VPN) mengakses C (website yang diblokir) dan Pak Pos (provider internet).
Megan @ganmegan
Ini yang paling penting... "VPN aman ga sih?" Jawabannya: relatif. Yang jelas, menggunakan VPN bisa membuat kita aman dari pihak ketiga yang ingin menyadap traffic internet kita.
Megan @ganmegan
Karena ketika kita menggunakan VPN, trafik internet kita akan terenkripsi, jadi hampir ga mungkin disadap oleh pihak ketiga. Namun bukan berarti kebal dan aman 100%, masih ada pihak yang berisiko untuk menyadap kita: VPN itu sendiri.
Megan @ganmegan
Ada beberapa layanan VPN gratisan yang menyimpan secuil data dari traffic kita, seperti cookies, dan history browsing, yang nanti dijual kembali ke pihak lain (seperti pengiklan, dll).
Megan @ganmegan
Karena ngasih layanan VPN tetap ada biaya operasionalnya dan kalau kita benar-benar ga bayar sedikitpun, pasti mereka ngambil duit lewat cara lain, salah satunya ya jualan data
Megan @ganmegan
Trus, gimana dong pilih VPN yang ga jual data kita?... Yaaaaa kalau mau yang pasti secure sih, cari aja VPN yang premium(bayar), karena mereka dapet duit dari usernya, jadi ga perlu jualan data user. Yang recommended seperti NordVPN, ExpressVPN, Private Internet Access, dll pic.twitter.com/JjzNYx9rGM
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
Megan @ganmegan
"Yah kak, aku kaya tapi pelit. ada VPN gratisan yang secure ga?" Well, first, I definitely judge you. Second, tentunya ada. Tipsnya, cari VPN yang premium, tapi juga punya paket gratisan.
Megan @ganmegan
Jadi kita bisa menikmati VPN yg aman (karena perusahaannya udah punya sumber duit dari package yg premium & biaya operasional untuk yg free ini adlh dari subsidi paket premium) tapi ya risikonya paling koneksinya ga secepet yg paket premiumnya.
Megan @ganmegan
Salah satu penyedianya yg lumayan oke adalah ProtonVPN... pic.twitter.com/y3DZrONv12
 Expand pic
Megan @ganmegan
"Kak, aku ga mau bayar, ga mau lelet, ga perlu secure. yang penting bisa ngebuka blokir sosmed." Tenaaaang.... Jangan risau jangan panik, semua ada solusinya...
Megan @ganmegan
Kalau cuma utk akses sosmed yg diblokir itu kamu ga butuh VPN, cukup pakai DNS ter-enkripsi aja (bahasa kerennya; secure DNS, encrypted DNS, DNS over HTTPS, DNS over TLS). Silakan download aplikasi "Intra" di Android, atau aplikasi "1.1.1.1" di Android dan iOS. pic.twitter.com/Asgf2D6fLf
 Expand pic
 Expand pic
Megan @ganmegan
So, gimana??? Udah pada pahamkan tentang VPN . Oiyaa...satu lagi, pake VPN ga akan ngaruh ke banking karena sistem online banking juga punya enkripsinya sendiri.. jadi hampir ga mungkin dihack kalau banking... . Semoga thread ini bisa bermanfaat yaa buat kalian semua 😊😊
Login and hide ads.