Ingin Bebas Masalah Finansial? Ini Kunci Jawabannya!

semua orang bisa kok, asal punya keberanian untuk memulai
saham investasi finansial finance
4
πŸ’Ž @yaudasihya
πŸ’°Belajar InvestasiπŸ’° A thread. Gitu kan ya mainnya?
πŸ’Ž @yaudasihya
Aku gamau thread ini sia-sia. Gak apa2 yang baca sedikit asal beneran bermanfaat. Meskipun yang baca 1 orang juga gak apa2. Jadi setelah baca thread ini, silakan mulai belajar investasi ya,jgn hanya dibaca selewat abis itu dilupakan.
πŸ’Ž @yaudasihya
Target pembaca aku adalah anak2 muda yang baru mulai belajar investasi. Jadi aku akan cari bahasa yg semudah mungkin supaya mudah dipahami. Yang udah pro boleh nambahin atau koreksi. Boleh diskusi,pokoknya all about cuanπŸ’Έ
πŸ’Ž @yaudasihya
Aku mau jelasin secara singkat dulu, kenapa sih kita perlu investasi?
πŸ’Ž @yaudasihya
1. Pasti banyak di antara kalian yang ingin ongkang2 kaki tapi dapet duit. Let the money work for you. Bisa emang? Bisa! Tapi tidak semudah itu,ya. Semua orang suka uang tapi uang ga datang gitu aja,tetep perlu usahaπŸ˜‰ minimal usaha berfikir supaya cuan.
πŸ’Ž @yaudasihya
2. Nabung di bank itu sangat boleh. Tapi tau nggak, kalau uang kita hanya diam di bank, akan tergerus inflasi? Belum lagi potongan biaya administrasi Belum kagi khilaf dipake jajan atau beli skincare Cepat habis, zheyeng.
πŸ’Ž @yaudasihya
3. Ketika kalian tua, kalian tidak akan nyusahin orang lain secara finansial karena sudah punya investasi sejak muda.
πŸ’Ž @yaudasihya
4. Pokoknya biar banyak duit dan mencapai kestabilan finansial. Betapa enaknya hidup mandiri tanpa nyusahin orang lain. Aku sudah mandiri secara finansial sejak umur 19 tahun, udah ga nyusahin ortu, malah gantian ngasih ke ortu~ alhamdulillah ya sesuatu.
πŸ’Ž @yaudasihya
Segitu dulu. Sisanya boleh lho dicari2 di google, Alasan kenapa kita perlu investasi. Im not good at word,hehe.
πŸ’Ž @yaudasihya
Nah sekarang masuk ke intinya. Sebenernya investasi ada apa aja? Banyak! Mungkin dibahas di lain waktu. Karena di rep2 nya tubi banyak yg reply "gimana sih cara beli saham" jd aku fokus di ngajarin cara beli saham ya.
πŸ’Ž @yaudasihya
SAHAM ITU APA SIH? Let me simplify it for you. Saham itu kepemilikan perusahaan. Contoh, kamu beli saham Indofood, berarti kamu turut memiliki perusahaan indofood. Meskipun hanya 0,0000...sekian%😁
πŸ’Ž @yaudasihya
Saham itu satuannya lembar,ya. Di Indonesia minimal pembelian saham itu 1 Lot. 1 Lot=100 Lembar saham. Dengan kata lain, sekali beli itu 100 lembar.
πŸ’Ž @yaudasihya
SAHAM KAN MAHAL? Fyi, harga minimal saham di Indonesia itu Rp.50 saja. Ingat tweet barusan,minimal pembelian saham di indonesia itu 1 lot (100lbr). Sehingga harga saham paling minimal adalah 100 lembar x Rp.50 = Rp 5000. Yak! 5000 saja kita sudah bisa beli perusahaan!πŸ˜†
πŸ’Ž @yaudasihya
APAKAH DENGAN MEMBELI SAHAM KITA PASTI UNTUNG? Tergantung,beb. Logikanya,kita kan punya perusahaan. Kalau perusahaan untung,kita untung. Kalau rugi,ikut rugi dong. Itulah kenapa kita perlu analisis dulu sebelum membeli saham. Perlu tau dulu perusahaan mana sih yang bagus..
πŸ’Ž @yaudasihya
KEUNTUNGANNYA DARI MANA? 1. Capital gain. Yaitu selisih harga ketika saham kamu dijual lagi. MISALNYA, kamu beli saham A seharga 1000/lembar,lalu 5 bulan kemudian sahamnya naik jadi 1500/lembar. Berarti tadinya kamu keluar modal 100rb,pas dijual jadi 150rb. Paham kan ya?
πŸ’Ž @yaudasihya
2. Deviden Apa sih deviden? Simpelnya,BAGI HASIL. Keuntungan si perusahaan A, dibagi2 ke semua pemegang saham, termasuk kamu. Meskipun sahammu cuma 1 lot. Semua pemegang saham kebagianπŸ€—πŸ’Έ
πŸ’Ž @yaudasihya
Misalnya PT. A yang kamu beli tadi akan membagian deviden Rp 100/lembar. Jika sahammu ada 1 lot (100lbr) berarti kamu dikasih deviden Rp 10.000. Itu baru 1 lot. Kalo punya 100lot? 1juta dong. Bayangkan,lewat invest,duitnya berkembang. Perusahaan senang,kamu senang. Semua senang.
πŸ’Ž @yaudasihya
SAHAM ITU KAN HARGANYA NAIK TURUN. GIMANA DONG? Pasti. Saham apapun PASTI ada turunnya. Gak usah panik. Kalo kinerja perusahaanmu bagus, akan naik kok. Yang perlu diperhatikan itu, grafik jangka panjangnya naik ga? Apa turun? Nah kalo turun baru waspada. Kalo jangka pendek gpp.
πŸ’Ž @yaudasihya
Oh iya aku lupa nyebutin. Membeli saham dan bermain di dunia saham itu ada 2 jenisnya. -TRADING -INVESTING
πŸ’Ž @yaudasihya
TRADING Jual-beli saham dengan waktu yang cukup singkat. Jadi, keuntungannya lewat CAPITAL GAIN. Yaitu selisih harga jual sahamnya tadi. Bisa trading perhari,perminggu,perbulan.
πŸ’Ž @yaudasihya
Jadi TRADER (pelaku TRADING) akan beli saham pada harga murah, dan ketika harganya naik akan langsung ia jual. Cuan seketika. Sahamnya tidak ditahan dalam waktu lama.
πŸ’Ž @yaudasihya
INVESTING yaitu menabung saham dan menyimpannya dalam jangka panjang. Jadi keuntungannya lewat DEVIDEN dan bisa lewat CAPITAL GAIN ketika dijual lagi dalam waktu lama. Misal kamu beli saham A 1000 rutin tiap bulan, 5 tahun kemudian saham A harganya 5000. Waw untung banyak kan?
πŸ’Ž @yaudasihya
Jadi INVESTOR (pelaku INVESTING) akan membeli rutin (seperti menabung tiap bulan,tapi di saham) sampai sahamnya ada banyak, dijual saat dibutuhkan saja.
πŸ’Ž @yaudasihya
Jadi kamu jadi TRADER atau INVESTOR? silakan sesuaikan dengan preferensi pribadi. Bebas!πŸ€—
Load Remaining (32)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.