3
#MemaafkanDiriSendiri @AdjieSanPutro
Menyembuhkan Pikiran Berlebihan (Overthinking) Beberapa hari yang lalu, saya kewalahan sendiri dengan banyaknya pikiran di kepala. Dan karenanya, tingkat stres saya tiba-tiba naik tak terkendali. Thread #EmotionalHealingBarengAdjie pic.twitter.com/m78qd9Ap0U
 Expand pic
#MemaafkanDiriSendiri @AdjieSanPutro
Lalu saya sadar, di saat diri ini overthinking, adalah kesempatan yang indah untuk berlatih menyembuhkannya. Saya mengalami stres, kewalahan dengan pikiran sendiri, saya bisa aja terus terpenjara dalam keadaan itu dan membiarkannya melumat kebahagiaan saya. Atau ...
#MemaafkanDiriSendiri @AdjieSanPutro
Atau saya memilih menggunakan momen overthinking itu untuk berlatih menyembuhkannya. Belajar darinya dan berdamai dengannya. Berikut beberapa langkah rahasia yang saya lakukan untuk menyembuhkan overthinking yang saya alami:
#MemaafkanDiriSendiri @AdjieSanPutro
1. Mengenali Tanda Ketika saya merasa stres, ada 2 hal yang terjadi: A. Banjir hormon stres di tubuh saya. B. Saya serba tergesa, ingin segera menyelesaikan 1 hal dan berpindah melakukan lainnya. Ini adalah tanda saya overthinking dan stres. Langkah pertama: Kenali dan sadari.
#MemaafkanDiriSendiri @AdjieSanPutro
2. Berhenti & Sadari Saya berhenti, duduk diam hening. Menengok ke dalam diri. Menyadari gejolak yang terjadi. Saat overthinking, tubuh bereaksi. Nah hanya sadari sensasi tubuh, sadari betapa tergesa2nya saya, sadari betapa saya merasa hidup ini sangatlah menyebalkan. Sadari aja
#MemaafkanDiriSendiri @AdjieSanPutro
3. Sadari Keinginan untuk Mengendalikan Semua yang Terjadi Saya overthinking karena saya pingin mengendalikan semua yang terjadi biar sesuai dengan harapan saya. Asumsi saya, kalau semuanya bisa saya kendalikan, maka saya bahagia Bisa mengendalikan semuanya adalah sebatas ilusi
#MemaafkanDiriSendiri @AdjieSanPutro
Manusia, termasuk saya, enggak akan bisa sepenuhnya mengendalikan semua yang terjadi di hidup ini. Sehebat apapun usaha saya mengendalikannya, tetap aja akan bertemu hal-hal yang berantakan. Jadi, sadari keinginan untuk mengendalikan hidup ini. Dan tak perlu bereaksi. Amati aja.
#MemaafkanDiriSendiri @AdjieSanPutro
4. Hadiahi Cinta kepada Diri Sendiri Caranya, sesederhana saya letakkan satu telapak tangan di dada, lalu diikuti dengan telapak tangan satunya di atasnya. Perlahan ini membuat saya berangsur tenang. Seperti seorang ibu yang menghibur, memeluk anaknya yang sedang bersedih ❀️
#MemaafkanDiriSendiri @AdjieSanPutro
5. Kurangi Apa yang Ingin Saya Lakukan Saya enggak bisa mengendalikan yang terjadi, & enggak bisa melakukan semuanya dalam 1 kali waktu. Menyadari keterbatasan yang saya punya. Karenanya, saya menuliskan yang ingin saya lakukan, lalu saya pilih beberapa aja yang benar2 penting.
#MemaafkanDiriSendiri @AdjieSanPutro
6. Fokus Hanya 1 Hal (Single Tasking) Saya pingin melakukan banyak hal, tapi yang bisa saya kerjakan hanyalah 1 hal. Jadi, saya hanya pilih 1 hal, yang lainnya saya ikhlaskan, dan hanya fokus sepenuhnya di 1 hal itu Iya, pikiran tetap ramai. Enggak pa-pa. Sadari aja pikiran itu
#MemaafkanDiriSendiri @AdjieSanPutro
7. Istirahat pada Momen di Sini-Kini Pikiran saya bisa aja tetap gaduh. Jadi, saya pelan-pelan mengajak diri untuk istirahat pada momen di sini-kini. Menerima yang terjadi, ketimbang melawannya. Menyadari bhw meski seolah berantakan, selalu ada keindahan yang pantas disyukuri
#MemaafkanDiriSendiri @AdjieSanPutro
Langkah-langkah itu pun saya terapkan ketika saya menulis thread ini. Semoga saya bisa terus melakukannya saat overthinking melanda. Saya bagikan ini dengan niat semoga kamu pun perlahan bisa menyembuhkan overthinkingmu. Tetap benderang, tetap tangguh πŸ™
A.H.I @rikhaanggra
Ada banyak hal yg tidak bisa dikendalikan, jadi terima saja, jangan dilawan, jangan dipaksakan. Baik. *inhale-exhale twitter.com/AdjieSanPutro/…
Sek. @sekarmpranita
@AdjieSanPutro Matur suksma, Mas. Beberapa hari yang lalu sudah berhasil meredakan setelah satu bulan terlalu overthinking. Hari ini dapat lagi dari Mas Adjie untuk tetap tangguh ketika overthinking menghampiriπŸ™πŸ» pic.twitter.com/aqouRtst8X
 Expand pic
Sinta Widyaputri @Swidyaputri
Berdamai dgn diri sendiri, lalu mulai mengambil keputusan. Karna saat amarah belum mereda dan hati sedang tdk baik baik saja, hanya emosi yg keluar. Bukan solusi :)) twitter.com/AdjieSanPutro/…
Deni @D_man_fish
@AdjieSanPutro Kalo buat muslim, kuncinya sembuhkan overthinking itu dengan sholat. Coba deh, waktu sedang hectic2nya kerja, waktu sholat masuk, kita segera break dan sholat; semua mumet dan hectic kita berangsur2 hilang, apalagi ketika kita bersujud. Sehabis sholat, pikiran jadi lebih fresh.
Siti Hardianti @Hardianti93Siti
@AdjieSanPutro terima kasib mas, aku udah 3 hari ini overthingking dan pinginnya segala hal maunya sesuai dengan yg aku mau, ujung2nya aku kesel dan kualahan sendiri, sekali lagi terima kasoh mas adjie πŸ™
dir @ddirrrr_
Dulu pernah ada dimasa ngebuang baju selemari karena gak kepake2 jadinya kotor dan berakhir kebuang doang.. dua rak di lemari gue buang πŸ™ƒ sekarang lebih kalo udah gakmau pake kasih ke sodara atau sumbangin twitter.com/adjiesanputro/…
Jilvia Indyarti @jilvia
Kalau scroll twitter dan nemu ocehan berkualitasnya bang @AdjieSanPutro berasa langsung adem. Hidupku yang begitu tergesa2 seolah terjeda. Sejenak. Namun bermakna. Makasih bang Adjie. Walau gak kenal langsung, banyak banget pelajaran yg saya dapat.
Straw Bee Ry 🐈 @efelesqwerty
Baru saya alami kemarin. Dan memang kita butuh berbagi. Memang masalah harus diselesaikan sendiri. Tapi bukan dengan kungkungan pemikiran kita sendiri. Berbagi bisa jadi kunci untuk kesehatan pikiran kita. Positif thinking berlebih bisa lebih menyakitkan daripada yang dikira. twitter.com/adjiesanputro/…
abraham junior @abraham_jr14
@AdjieSanPutro Terimakasih atas trit yg sangat bermanfaat ini. Jika boleh saya rangkum menjadi lebih ringkas, inti dari trit ini adalah IKHLAS dan TAWAKKAL dalam menjalani hidup. IKHLAS dg melepaskan berbagai keinginan yg berlebihan. Dan TAWAKKAL dg satu tujuan yg ingin diraih.
Mas-Mas @ramusnavri
Selain itu, mencari tempat untuk mengeluarkan isi pikiran perlu dilakukan, entah itu ke manusia, peliharaan, alam, maupun berdoa kepadaNya. Terkadang kita hanya ingin mengeluarkan apa yang tidak perlu disimpan sih twitter.com/AdjieSanPutro/…
Dimas Ade Pangestu @Dimasadepea
@AdjieSanPutro Terimakasih mas, ini yang berulang datang. Setidaknya kalau tidak bisa menghilangkan kebiasaan ini, setidaknya mengurangi dan jadi orang yang lebih tenang dalam pikiran.πŸ™
Login and hide ads.