4
#TakeOver# @GheMaX
Perseteruan Kelompok Benny Moerdani vs Prabowo yang Belum Berakhir Sejak 1990
#TakeOver# @GheMaX
Pada era tahun 90’an, tentara Indonesia yang pada saat itu bernama ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) digolongkan menjadi 2 kelompok, yaitu ABRI Merah Putih dan ABRI Hijau.
#TakeOver# @GheMaX
ABRI Merah-Putih adalah tentara yang seolah-olah dianggap nasionalis dan tidak membawa bendera agama.
#TakeOver# @GheMaX
Sementara yang disebut ABRI Hijau adalah tentara yang berasal dari subkultur Islam, dan dekat dengan tokoh-tokoh Islam seperti ulama, kyai dan pemimpin ormas Islam.
#TakeOver# @GheMaX
Istilah ABRI Hijau ini sebenarnya dipakai sebagai cara untuk menyudutkan tentara yang dekat dengan kalangan Islam, dan diberi label sebagai tentara yang tidak Merah Putih.
#TakeOver# @GheMaX
ABRI Merah-Putih dicitrakan identik dengan sosok Jenderal Leonardus Benjamin Moerdani alias Benny Moerdani, Panglima ABRI era 1983-1988 yang terkenal angker bagi orang-orang Islam di Indonesia.
#TakeOver# @GheMaX
Banyak pejabat ABRI yang dianggap dekat dengan tokoh Islam disingkirkan dari jabatan struktural dan jabatan penting di tubuh ABRI.
#TakeOver# @GheMaX
Istilah ABRI Merah Putih & ABRI Hijau mulai dimunculkan pada saat Presiden Soeharto merestui lahirnya Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) yg dipimpin BJ Habibie di Malang 7 Desember 1990, sebagai ungkapan syukur umat Islam yg mampu melahirkan banyak sarjana & cendekiawan.
#TakeOver# @GheMaX
Kalangan petinggi ABRI yang mendukung berdirinya ICMI, antara lain adalah Achmad Tirtosudiro, Faisal Tanjung, dan R. Hartono.
#TakeOver# @GheMaX
Dikotomi ABRI Merah Putih dengan ABRI Hijau mencapai puncaknya ketika Feisal Tanjung menjabat Panglima ABRI, dan R. Hartono menjabat KSAD.
#TakeOver# @GheMaX
Feisal Tanjung dan R. Hartono dicap sebagai ABRI Hijau, dan banyak mendapatkan kritik dari koleganya yang ABRI Merah Putih.
#TakeOver# @GheMaX
Benny Moerdani, Try Sutrisno, Edi Sudradjat, Wismoyo Arismunandar, Wiranto, dan Hendropriyono menempatkan diri sebagai ABRI Merah Putih.
#TakeOver# @GheMaX
Hendropriyono bersama Agum Gumelar dan Luhut Binsar Panjaitan adalah para jenderal yang menjadi anak didik andalan Benny Moerdani.
#TakeOver# @GheMaX
ABRI Hijau yang paling menjadi sorotan adalah Prabowo, karena sejak muda semasa aktif di militer, Prabowo sudah dikenal dekat dengan tokoh-tokoh Islam.
#TakeOver# @GheMaX
Perseteruan antara ABRI Merah Putih dan ABRI Hijau masih tetap berlanjut hingga saat ini. Namun kali ini melalui peran dan panggung yang berbeda
#TakeOver# @GheMaX
Kita masih ingat, sejak pilpres 2014 Hendropiyono, Agum Gumelar dan Luhut Panjaitan bersatu menjegal Prabowo untuk jadi presiden.
#TakeOver# @GheMaX
Belum lama ini Hendropriyono kembali menunjukan sifat aslinya yang anti islam dengan menebar ancaman kepada WNI etnis Arab yang dianggapnya sebagai provokator. news.detik.com/berita/4539142…
URL detiknews 43595 Hendropriyono: Rizieq dan Keturunan Arab Jangan Memprovokasi Revolusi! Eks Kepala BIN AM Hendropriyono mengingatkan sejumlah WNI keturunan Arab tidak menjadi provokator. H
#TakeOver# @GheMaX
Prabowo sebagai tokoh yang dekat dengan ulama langsung mengecam secara terbuka bahwa pernyataan Hendropriyono kepada para ulama keturunan Arab adalah rasis, berpotensi mengadu domba dan memecah belah anak bangsa.
#TakeOver# @GheMaX
Situasi politik saat ini sangat jelas yaitu petahana vs umat Islam. Pernyataan Hendropriyono adalah ungkapan kepanikan, karena jika melihat latar-belakangnya sebagai salah satu jenderal yang piawai melakukan pembantaian, kebangkitan umat Islam akan dianggap sebagai ancaman.
#TakeOver# @GheMaX
Pernyataan Hendropriyono jelas-jelas sangat berbahaya karena akan menjadi pembenar politik identitas yang sebelumnya sudah marak. Dan karena hendropriyono adalah kalangan ring-1 pendukung jkw, m ka pernyataannya bisa dianggap sebagai cerminan sikap penguasa.
#TakeOver# @GheMaX
Jika Hendropriyono boleh mendiskreditkan keturunan Arab, bukan mustahil akan muncul tokoh lain yang mendiskreditkan kaum lainya, mengaitkan identitas seperti WNI keturunan Tionghoa, India, dan seterusnya.
#TakeOver# @GheMaX
Hendropriyono dan Binsar Panjaitan sudah menyusun skema untuk bisa berkuasa kelak melalui persilangan politik menantu yang kini sudah mendapat posisi strategis di institusi TNI
#TakeOver# @GheMaX
Menggagalkan Prabowo menjadi Presiden, tidak hanya upaya mencegah kebangkitan ABRI Hijau tapi lebih dari itu mereka sedang menyusun strategi untuk melanggengkan pengaruh kekuasaannya.
Load Remaining (6)

Comment

Login and hide ads.