0
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Gak terasa ya bentar lagi udah mau tahun ajaran baru aja. Saya sih alhamdulillah tahun ini gak ikutan pusing nentuin sekolah anak². #AbangFadly masih kelas 5 menuju kelas 6, masih aman.... #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Inget zaman saya sekolah, sistim zonasi juga sempat dilakukan. Eh dulu mah disebutnya rayon ya... Ada yang senasip? Ketauan anak lama #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Kenapa sih perlu ada jalur zonasi? Ya salah satunya agar jarak tempuh sekolah dengan rumah lebih dekat. Jadi siswa gak terburu² berangkat, tau sendiri kan jalanan Jakarta #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Dulu nih pas lulus SD, saya pindah rayon donk. Zaman itu SMP di sekitar rumah dianggap kurang oke dari segi prestasi. Jadi oom dan almarhumah nenek memasukkan saya ke SMPN 49 Jakarta, salah satu SMP favorit hingga saat ini. #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Oiya, NEM sih cukup, tapi efeknya bangun jadi jauh lebih pagi biar gak terlambat ke sekolah. Teman² saya malah banyak yang lebih jauh dan lebih pagi berangkat... Sistim zonasi eh rayon saat itu hanya mengacu ke NEM saja. #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Untungnya di tahun ajaran nanti, siatim zonasi mulai diberlakukan saat PPDB di jenjang SMP dan SMA. Hal ini ternyata sudah termuat dalam Nawa Cita #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/ePsJer9vbV
 Expand pic
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Sekolah yang diselenggarakan oleh Pemda, wajib menerima calon peserta didik berdomisili radius zona terdekat dari sekolah dengan kuota setidaknya 90% dari total jumlah keseluruhan calon peserta didik yang diterima #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Nah untuk SD gimana? Pengalaman Fadly dan Fara, sistem zonasi jadi pertimbangan tahap kedua setelah faktor minimum usia sekolah terpenuhi. Saat PPDB Fadly Fara kemarin, saya juga mengalami #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Sistem zonasi yang nantinya reami diterapkan dalam PPDB tahun 2019 mengacu pada Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018. #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Domisili untuk peserta didik yang termasuk dalam zonasi sekolah berdasarkan pada alamat di KK, yang diterbitkan paling lambat 6 bulan sebelum pelaksanaan PPDB. Jadi orang tua yang berniat memasukkan anaknya di satu sskolah, jangan dulu update KK #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Pernah kejadian di salah satu teman TK Fadly. Saat PPDB SD, zonasi dan usia sudah oke, sayang karena baru punya adik bayi, sang ayah menambahkan nama si adik pada KK, ternyata hal ini membuat si kakak gak bisa masuk SD. KKnya mengalami perubahan #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Alasan² berikut lah mengapa perlu ada zonasi sekolah #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/BTkxtZ5svJ
 Expand pic
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Mendikbud, bapak Muhadjir Effendy juga bilang kalau penerapan sistim zonasi dilakukan untuk pemeratan pendidikan yang berkualitas, sehingga diharapkan bisa mengatasi ketimpangan² yg ada di masyarakat #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Selain itu, zonasi sekolah diharapkan dapat mendekatkan lingkungan sekolah dengan peserta didik, tetapi juga mencegah penumpukan guru berkualitas di satu sekolah, sehingga bisa menghilangkan ekslusivitas #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Guru akan dirotasi menurut zonasi masing². Jadi gak ada tub satu guru yang mengajar dan pensiun di tempat yang sama, sejak pwrtama kali ia mengajar. #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Ini zonasi untuk guru. InsyaAllah bapak ibu guru berangkat ngajarnya gak pagi² banget deh...kan sudah ada zonasinya... #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/psRe8jz5eE
 Expand pic
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Selain itu kenapa diadakan zonasi sekolah dan guru, agar tidak ada istilah sekolah favorit. Sekolah kan fasilitas negara, jadi gak ada tuh yg namanya rivalitas, ekslusif dan diakriminatif. #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Dengan adanya zonasi, sekolah² favorit dipaksa menerima siswa dengan prestasi rendah, untuk mengurangi beban biaya transport dan menciptakan keadilan serta pemerataan bagi pendidikan... #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Mudah²an hal ini juga menjadi langkah strategis dalam penerapan pendidikan karakter pada anak #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Tahin depan insuaAllah giliran Fadly masuk SMP. Kalau maunya saya sih dia sekolah di SMP saya, SMPN 49 yang berlokasi di Hex, Kramat Jati. Tapi dengan sistem zonasi ini, kecil kemungkinannya... #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Selain NEM, zona lokasi rumah dan sekolah juga menentukan. Biarpun masih sama² di Jakarta Timur, tapi dengan volume kendaraan sekarang, Fadly harus berangkat jam 5.30 - 5.45 wib dari rumah. Itupun menggunakan kendaraan roda dua #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Kalau jam segitu berangkat, jam berapa bangunnya? Kalah deh tukang sayur 😂😂😂 Jadi saya dan pak suami meminta Fadly memilih SMP dekat rumah saja. InsyaAllah soal prestasi SMP yang dituju juga gak kalah bersaing #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Saat PPDB untuk SD, biasanya ada 3 tahap. Lokal, umum dan umum (luar kota). Kalau untuk SMP, sepertinya sama... Nanti dipelajari lagi deh... #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Tahap lokal biasanya diikuti oleh peserta didik yang domisilinya sama satu kelurahan (SD) atau satu kecamatan (SMP/SMA) dengan sekolah tujuan. Tahap umum sesama Jakarta, bisa mendaftar. Untuk luar DKI ada kuota sebesar 5% di tiap jenjang #ManfaatZonasiSekolah
Sally O. Fauzi @sallyfauzi
Doakan ya semoga Fadly nanti bisa masuk sekolah yang ia inginkan, gak jauh dari rumah, namun tetap bisa berprestasi bagi lingkungan #ManfaatZonasiSekolah
Load Remaining (6)
Login and hide ads.