Jinping Kecam Pejabat Tinggi AS yang Bersikap Rasialis

Kendati sedang perang dagang dengan Amerika Serikat (AS), Tiongkok menilai situasi itu tidak memicu benturan peradaban. Bahkan pemerintah Tiongkok mengecam munculnya hal-hal yang terkait dengan rasialisme dan menyebutnya sebagai hal bodoh.
civilizations us Huawei china XiJinping AsianCivilizations TRUMP beijing
0
Nisa Kurnia @NisaKurnia20
Jinping Kecam Pejabat Tinggi AS yang Bersikap Rasialis bit.ly/2JJ2DEX pic.twitter.com/zvmlKwmYmJ
 Expand pic

Koran Sulindo – Kendati sedang perang dagang dengan Amerika Serikat (AS), Tiongkok menilai situasi itu tidak memicu benturan peradaban. Bahkan pemerintah Tiongkok mengecam munculnya hal-hal yang terkait dengan rasialisme dan menyebutnya sebagai hal bodoh.

Presiden Xi Jinping sebagaimana yang dilaporkan Channel News Asia pada Rabu (15/5) menyinggung hal itu di tengah kekhawatiran akan meningkatnya kekuatan Tiongkok di dunia global dan ketegangan dengan AS. Ditambah lagi seorang pejabat tinggi AS pada bulan lalu menggambarkan, persaingan Tiongkok dan AS sebagai pertarungan peradaban dan ideologi yang berbeda.

Pejabat Kementerian Luar Negeri AS, Kiron Skinner dalam sebuah kesempatan menyebut persaingan negaranya dan Tiongkok menempatkannya dalam persepsi rasialis. Dalam forum keamanan, ia menyebut, Tiongkok adalah pesaing utama AS yang justru bukan “Kaukasia”.

“Menganggap ras dan budaya seseorang lebih unggul dan berkeras mengubah atau mengganti peradaban lain adalah bodoh secara makna dan malapetaka dalam praktik,” kata Jinping ketika membuka Konferensi Dialog Peradaban Asia di Beijing.

Baca Selengkapnya : https://bit.ly/2JJ2DEX

Login and hide ads.