0

Jaket kulit adalah salah satu outer yang paling digemari banyak pria, karena efeknya yang membuat tampilan lebih mewah dan maskulin.
Salah satu jenis kulit terbaik dalam pembuatan jaket adalah kulit domba. Diantara yang lainnya, kulit domba lebih lembut dan terlihat lebih premium dibanding kulit sapi.

Meskipun lebih mahal daripada jaket kulit sapi, jaket kulit domba memiliki kelas yang dibagi dengan beberapa klasifikasi seperti premium grade dan original grade. Karena harganya yang tinggi, jangan sampai kamu tertipu dengan jaket kulit domba palsu, ya. Bisa-bisa kamu rugi banyak uang. Untuk mengetahuinya, berikut lima cara mengenali jaket kulit domba asli.

1. Cium aroma jaket kulit domba

Yang paling utama kamu lakukan untuk mengenali jaket kulit domba asli adalah mencium aroma jaket kulit. Jaket dengan bahan kulit domba asli akan tercium bau krom atau nabati. Artinya, dalam pembuatan jaket kulit domba, kulit tersebut melalui proses kimiawi.

Aroma ini bukan bau kulit hewan seperit yang dikira kebanyakan pria, tetapi berasal dari bahan yang dipakai si penyamak. Jika menggukanan krom, maka jaket akan berbau krom. Sedangkan jika menggunakan samak nabati, maka jaket akan berbau bahan nabati. Tidak seperti jaket kulit domba imitasi yang berbau karet atau kimia polimer.

2. Rasakan berat jaket kulit domba

Jaket kulit domba asli akan lebih berat jika dibandingkan jaket kulit domba imitasi. Di Indonesia, banyak produk lokal yang menggukanan full grain leather, yaitu bahan kulit utuh yang belum mengalamai proses sanded, buffed, dan split. Perlu diketahui, tiap kulit domba asli memiliki berbagai jenis tipe. Beberapa produk impor biasanya sengaja menipiskan atau membelah kulit domba, jadi jaket akan terasa enteng. Proses tersebut disebut dengan split. Karena itu, beratnya tidak tampak antara kulit asli dan imitasi.

3. Periksa ketebalan jaket kulit domba

Untuk cara yang ketiga, kamu bisa cek ketebalan jaket kulit domba. Tebal jaket kulit domba asli berkisar antara 0,6-0,7 mm untuk jaket kulit biasa. Jika kamu membeli blazer atau coat kulit domba, ketebalan berkisar 1 mm. Ketebalan jaket dipengaruhi oleh proses penempaan untuk memperoleh ketebalan kulit yang sama rata dan juga halus. Sedangkan bahan kulit imitasi biasanya tidak memiliki ketebalan seperti kisaran di atas.

4. Perhatikan pola tekstur jaket kulit domba

Perhatikan pola tekstur yang tidak beraturan pada jaket kulit domba. Jaket kulit domba asli akan memiliki pola atau tekstur tak beraturan dan tidak homogen secara alami. Lihat jaket incaran kamu dengan teliti, jika terlihat pori-pori hewan pada jaket kulit, maka jaket tersebut asli. Kamu bisa gunakan kaca pembesar jika sangat penasara untuk mendapatkan gambaran yang jelas. Jaket kulit sintetis akan memiliki permukaan dan terkstur yang rata dan rapi. Hal itu disebabkan karena pabrik memiliki cetakan yang sama.

5. Lakukan tes api pada jaket kulit domba

Cara terakhir adalah dengan melakukan tes api pada jaket kulit domba. Jaket kulit yang palsu tidak akan tahan terhadap panas. Kamu bisa nyalaan korek api dan arahkan pada permukaan jaket beberapa detik. Jika mengelupas, bahan tersebut palsu. Sebaliknya, jika tidak ada yang berubah dan hanya panas pada permukaan bahan maka jaket tersebut asli.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.