Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Lovebird termasuk dalam satu spesies dari genus Agapornis. Di Indonesia, burung ini lebih dikenal sebagai Lovebird.
ANIMAL BIRD
0

Lovebird termasuk dalam satu spesies dari genus Agapornis. Di Indonesia, burung ini lebih dikenal sebagai Lovebird. Julukan Lovebird dapat dilihat dari perilaku yang dilakukan oleh burung yang cocok dengan cinta mereka satu sama lain. Sifat pasangan lovebird di alam liar adalah monogami.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana unggas lovebird dengan cepat bertelur, kita akan membahasnya secara rinci dalam artikel ini. Dalam memulai budidaya lovebird, ada sejumlah faktor yang harus dipertimbangkan dengan cermat.

1. Sarana dan Prasas yang Memadai

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur yaitu dimulai dari fasilitas dan infrastruktur, salah satu syarat utama bagaimana sapi lovebird bertelur dengan cepat adalah untuk menyelesaikan:

Dalam budidaya lovebird, kita harus memenuhi semua sarana dan prasarana yang telah kami sebutkan di atas.

2. Pakan Lovebird

Salah satu cara bagi hewan lovebird untuk bertelur dengan cepat adalah dengan menjelaskan pemberian makanan yang tepat. Pakan Lovebird umumnya dibagi dua, yaitu pakan lovebird untuk induk dan anakan.

Memberi makan induk Lovebird harus dipertimbangkan karena setelah menetas, orangtua Lovebird akan memberi makan / melanjutkan makanan yang mereka konsumsi untuk anak-anak mereka. Umumnya, jenis pakan untuk induk betina adalah milet / lifur, beras, biji kenari, biji bunga matahari, millet, biji kenari, biji sesawi, kacang hijau, kacang merah, jagung muda, kedelai, kecambah, dll.

3. Memberikan Minum untuk Lovebird

Memberikan air minum untuk hewan peliharaan sangat penting. Jangan biarkan kita memiliki hewan peliharaan, tetapi jangan memberi makan dan minum. Apalagi spesies lovebird secara alami adalah jenis burung yang suka air.

Air minum untuk lovebird harus bersih, bukan air bekas yang mengandung bahan berbahaya yang bisa menyebabkan sakit pencernaan. Disarankan bahwa lebih baik memberikan suplemen tambahan sehingga sistem kekebalan lovebird menjadi lebih tinggi.

4. Proses Pencocokan Lovebird

Cara bagi ternak lovebird untuk cepat bertelur adalah dengan mencocokkan lovebird. Setelah kita memiliki lovebird yang siap diatur, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses perjodohan dalam membudidayakan lovebird. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk proses perjodohan lovebird.

Cara menjodohkan Lovebird biasanya dilakukan ketika kita beli lovebird merenung di tempat terpisah. Metode perjodohan adalah dengan selalu memegang dua sejoli di kandang yang berbeda sampai dua burung betina menunjukkan minat.

5. Proses Pengeringan dalam Budidaya Lovebird

Proses inkubasi adalah proses yang sangat penting dalam upaya menumbuhkan lovebird. Proses inkubasi ini terjadi di kandang lovebird. Jenis Lovebird, yang pertama kali bertelur dan berinkubasi, sering gagal untuk mengerami semua telur atau membesarkannya karena mereka masih belum memiliki pengalaman.

Waktu inkubasi Lovebird adalah 21-25 hari, tetapi ada juga yang menetas lebih dari 25 hari karena telur terakhir keluar setelah telur pertama menetas. Burung cinta rata-rata menghasilkan 8 telur.

6. Hangatkan Kandang Lovebird

Kandang lovebird yang hangat dapat membuat lovebird bisa bertelur dengan cepat. Kandang yang dibutuhkan untuk budidaya lovebird disesuaikan dengan jumlah burung yang dipelihara. Sementara jumlah kandangnya kecil (keluarga kecil), umumnya kandangnya juga kecil. Misalnya, kandangnya 20 cm x 20 cm x 25 cm.

Demi menjaga kehangatan kandang lovebird, kita perlu menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Bahan yang biasa digunakan untuk menjaga kehangatan kandang secara alami meliputi serutan kayu, ranting kecil, dan daun kering di sekitar kandang. Masukkan saja ke dalam sangkar, nanti lovebird akan menghiasi sarangnya sendiri.

Login and hide ads.