1
Bitte langsam, Awe! @awemany
Menuduh adanya kecurangan dalam pemilu itu udah basic banget. Tapi mendorong-dorong agar terjadi demonstrasi yg berujung chaos adalah level yg berbeda. Orang yg waras tahu bedanya. Dan tahu bagaimana harus menghadapinya.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Entah bodoh atau memang niatnya ngga bener, kubu 01 ini justru terlihat mengundang adanya demo besar tadi. Dengan tidak hentinya menaburkan garam pada luka. Menetapkan tersangka. Bikin petisi bubarkan FPI. Ngga ada yg membuat jadi adem.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Mulailah dengan memisahkan antara pertarungan identitas/ideologis dan kontestasi pemilu. Karena pertarungan identitas/ideologis adalah bibit dari konflik horizontal. Sementara kontestasi pemilu bisa dikasih koridor sebagai pertarungan para elit.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Kubu 02 akan mencoba untuk membuatnya sebagai pertarungan identitas. Kalau dilayani ya bisa rusak negara ini. Harus ada keinginan dari kubu 01 (kubu yg merasa menang) untuk menghindar. Ngga usah nyinyir soal identitas. Ngapain ngomong soal orang Minang atau Arab dst. Stop.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Opini kecurangan pilpres yg ditiupkan oleh kubu 02 ya harus dijawab dengan baik. Bukan dialihkan. Situng KPU yg jadi titik serangan itu dijelaskan lagi fungsinya. Ngapain takut akan ada audit IT KPU? Wong perhitungan resminya diputuskan secara berjenjang.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Soal banyaknya petugas KPPS yg meninggal juga harus diletakkan pada porsinya. Apa yg salah dengan pembentukan Pansus pencarian fakta? Lha kalau ditentang kan bisa jadi amunisi untuk bikin kecurigaan. Padahal kita juga musti tahu sebabnya apa. Agar ngga berulang.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Sayang sekali kontestasi politik sebesar dan sepenting ini harus diwasiti oleh komisioner" KPU yg ngga kompeten. Tapi orang bodo itu ngga bisa juga dituduh jahat. Dan ngga usah juga dibela kebodohannya. Sama" kita kritisi KPU.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Pada akhirnya kita mengadakan pemilu ini sebagai metode membangun negeri. Jangan pernah lupakan ini. Elit politik mah kalau terkait kepentingan ngga akan segan bakar" emosi. Kita yg waras harus bisa menahan godaan. Ngga perlu ikut nambahin minyak. Tahan diri. Okay?

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.