4

Eks Kepala BIN AM Hendropriyono mengingatkan sejumlah WNI keturunan Arab tidak menjadi provokator. Hendropriyono tak mau seruan makar itu meluas.

detikcom @detikcom
"Saya peringatkan Rizieq, Yusuf Martak, dan orang-orang yang meneriakkan revolusi kan sudah banyak. Itu inkonstitusional, merusak disiplin dan tata tertib sosial, jangan seperti itu," kata Hendropriyono. #Pilpres2019 #HabibRizieq news.detik.com/berita/d-45391…

"Saya peringatkan Rizieq, Yusuf Martak, dan orang-orang yang meneriakkan revolusi kan sudah banyak. Itu inkonstitusional, merusak disiplin dan tata tertib sosial, jangan seperti itu," kata Hendropriyono kepada wartawan, Selasa (7/5/2019).

Hendropriyono memandang banyak warga keturunan Arab yang sangat dihormati di masyarakat. Karena itu dia merasa perlu memperingatkan sebagian warga keturunan Arab untuk tidak memprovokasi revolusi sampai turun ke jalan.

"Kalau kenyataan di masyarakat kita itu sangat menghormati orang-orang Arab, mereka kan juga warga negara Indonesia. Kalau di kampung-kampung kita masih bisa lihat orang Arab datang ke kampung-kampung pada cium tangan. Berarti posisinya mereka kan berada pada tempat yang dimuliakan, mereka kemudian langsung atau tidak langsung terakui sebagai pemimpin informal, informal leader," kata Hendropriyono.

Dengan posisi yang mulia seperti itu, Hendro mengimbau agar para warga keturunan Arab supaya mengayomi masyarakat. "Jangan malah memprovokasi revolusi, memprovokasi untuk turun melakukan gerakan politik jalanan. itu inkonstitusional," ingatnya lagi.

Hendropriyono menyebut keturunan Arab juga berjuang untuk Republik Indonesia, demikian juga warga keturunan China. Ia menegaskan peringatan ini tidak ada tendensi SARA.

"Nenek moyang saya juga ada Arabnya juga. Saya nasionalis, saya tidak membenci mereka. Tidak ada urusan SARA, saya justru mengingatkan mereka itu punya peran penting di masyarakat," kata Hendropriyono.

Ia lantas mengapresiasi sejumlah tokoh keturunan Arab yang dihormati dan sangat berperan di Indonesia. Menurutnya lebih banyak warga keturunan Arab yang mengabdi di tengah masyarakat.

"Saya mengimbau agar para jamaah, begitu kaum Arab WNI menyebut diri mereka, bergabung dalam paguyuban Hadromi yang dipimpin Bapak Moh Alkatiri. Dibawah naungan organisasi tersebut jiwa nasionalisme dapat tertempa, sehingga jauh dari sifat provokasi," kata Hendropriyono.

Joan β€ŽβŽŠ Saga @eggggsie
@detikcom Menyebut nama secara spesifik, ini lebih bener dibanding generalisasi kelompok etnis tertentu, krn itu berarti jelas rasisme. Omongan pak Hendro ini bisaa jd aspirasi banyak org Indonesia yg udh muak oleh provokasi2 yg dibalut jubah religi.
PatriotNKRI @NKRIndonesia79
@detikcom Yang memprovokasi adalah kecurangan dan ketidakadilan. Ulama "terprovokasi" dengan kecurangan yang begitu banyak dan terbuka. Tak ada asap bila tak ada api. Asapnya dibasmi, tapi apinya terus dibiarkan menyala, maka sia-sia.
Bingung @Shrd___
@detikcom Walaupun begitu harusnya jgn bilang keturunan arabnya lah! Bikin makin panas aja! Langsung ke personalnya masing2 lah biar jelas siapa yg dituju!!!!
Bagus AbeL Bagus @BagusAbeL
@NKRIndonesia79 @detikcom Ulama yg mana? Sugik nur? Maheer attuwabi? Bahr smith? Rizieq? Jgn meng generalisir bung. Ulama kami ada di Multaqo Ulama kemarin menyerukan perdamaian setelah pemilu. Demi kemashlahatan bangsa. Kalian?
@Roskafe @Roskafe1
@eggggsie @detikcom Rakyat indonesia itu sudah mual dan muntah dengan kebohongan jaenudin cs.
benedictus fajar @benedict_fajar
@Shrd___ @detikcom Itu Kan sudah di sebut orang2nya siapa, contoh si martak, sumber bencana lapindo, sudah numpang enak di tanah air kita , sudah merusak jawa timur dengan lapindo nya, masih juga mau merusak kedamaian Indonesia ,wajar kalau pak @amhendropriyono memperingatkan mereka
Bingung @Shrd___
@benedict_fajar @detikcom @amhendropriyono Iyaa😭 tp emg jadi sensitif kalo bawa bawa keturunan gitu:(
benedictus fajar @benedict_fajar
@Shrd___ @detikcom @amhendropriyono Kan sudah specific apa yg Pak hendro katakan, menyebut nama orang2 nya Dan ada kata2 "keturunan Arab yg memprovokasi" artinya kalau tidak "memprovokasi" ya berarti keturunan Arab itu tidak termasuk didalamnya .baca baik2 sebelum berkomentar.
JOXER @joxeres
@detikcom Mantap dh mulai melawan. Gt donk ga usah takut ma mereka, mereka cm berlindung dibalik agama aja. HTI sdh bubar tinggal basmi curut2nya aja lg..
Dedo Pratama Putra @dedopratama
@BagusAbeL @NKRIndonesia79 @detikcom meminta kpu berhenti melakukan perhitungan, 02 dilantik presiden berapapun suaranya πŸ˜‚
Kelvin Jien @JienSatria
@detikcom Sikat aja Jenderal 😁 Siapa saja Arab-arab WNI yg Menjadi Provokator yg ingin memecah belah Anak bangsa ini.

Thread pejuang kemerdekaan dan tokoh pembangunan keturunan Arab

Helda Shahab πŸ’ @ShahabHelda
Sjk Ratusan thn, benturan habaib&peranakan arab dgn penjajah Jiwa nasionalis peranakan arab dlm kemerdekaan tdk bs dipungkiri, darah pemberontak melihat kezaliman tdk bs dihapus dr tinta sejarah bangsa Sbgian kecil sy tuliskan #DarahKamiDarahPejuang Mereka yg dilupakan a thread pic.twitter.com/QKaVs9Hs8N
 Expand pic
Helda Shahab πŸ’ @ShahabHelda
Ibrahim Madiokusumo (1790-1850) anak dr hasan almunadi alwi Ba'abud & sampar wadi. Madiokusumo adlh gelar dr kakek pihak ibu, sjk kecil diasuh permaisuri hamengkubuwono I & tumbuh brsm pangeran diponegoro. Sahabat terbaik beliau, bahkan ketika perang, diberi julukan pekih ibrahim pic.twitter.com/ZB9FmDwvzX
 Expand pic
Load Remaining (19)
Login and hide ads.